Kompleks Kampus STPMD "APMD" Yogyakarta, 23 - 25 Februari 2012
  • 5 Pewarta warga
    Pewarta warga (citizen journalism) menjadi sangat populer seiring makin banyaknya media yang dikelola oleh suatu komunitas maupun individu. Keberadaan pewarta warga diyakini mampu menjadi penyeimbang atas kecenderungan media arus utama yang bersifat terpusat dan hegemonik. Sayangnya, belum banyak referensi yang bersifat panduan (how to) bagi pewarta warga untuk menjalankan aktivitasnya.
  • 5 Pengantar Jurnalisme Investigasi
    Jurnalisme investigasi itu sulit karena ia harus mengungkap sesuatu yang tersembunyi atau disembunyikan. Oleh karena itu, jurnalisme butuh kerja ekstra yaitu kompilasi antara pemakaian dokumen, informan, dan rekaman. Tidak hanya mengumpulkan, tapi menguak informasi dan data dari segala sumber apakah dapat dipercaya atau sekadar bohong.
  • 5 Menjadi Fasilitator Sistem Informasi Desa (SID)
    Sistem Informasi Desa (SID) adalah platform pengelolaan sumber daya komunitas di tingkat desa. SID membuka peluang bagi komunitas desa untuk mampu mengelola sumber daya secara mandiri. Dengan dukungan teknologi informasi, SID dibangun sebagai sebuah sistem multimedia. Jika desa saya ingin memiliki SID, apa saja yang harus dilakukan? Siapa yang harus berperan untuk membangun dan mengelola SID di desa? Apa saja syarat teknis dan non-teknis yang harus disiapkan oleh desa? Dengan siapa kami harus bekerja sama? Bagaimana SID bisa dikelola dan dimanfaatkan untuk kepentingan desa?
  • 5 Katakan dengan Fotomu
    Foto yang kuat tentu dihasilkan dari kamera yang hebat. Dengan harga jutaan rupiah yang mampu mengambil banyak warna dan objek secara tajam baik dari jarak jauh mupun dekat. Tetapi bagi seorang blogger semacam Pamantyo, anggapan tersebut tidak berlaku.
  • 5 Inovasi Akar Rumput
    "Bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat". Pasal yang termaktub dalam dokumen negara ini menjadi kontradiktif jika melihat kenyataan bahwa kini sektor-sektor strategis seperti air, pangan, energi, dan teknologi informasi-komunikasi telah menjadi komoditas yang hanya dikuasai segelintir orang.

Tema Acara

Literasi Media

Sabtu, 25 Februari 2012 | 13:00 WIB

Pengarusutamaan Jender pada Media Komunitas

Workshop ini membedah stategi pengarusutamaan gender di media komunitas, baik dalam struktur kelembagaan, isi siaran, maupun pengemasan materi siaran. Kegiatan ini penting diikuti bagi para pegiat media komunitas yang memiliki perhatian pada keadilan, termasuk keadilan jender.
Jumat, 24 Februari 2012 | 09:00 WIB

Ibu Rumah Tangga Melek TV

Televisi merupakan media massa yang paling banyak diakses masyarakat dengan tingkat penetrasi di atas 90 persen. Sayangnya kualitas tayangan program televisi sarat dengan muatan kekerasan dan sihir konsumsi.
Sabtu, 25 Februari 2012 | 09:00 WIB

Mengelola Taman Bacaan Masyarakat secara Mandiri

FTBM atau Forum Taman Bacaan Masyarakat adalah sebuah organisasi yang berusaha membangun jalinan kerjasama antar TBM (Taman Bacaan Masyarakat) seluruh Indonesia dalam rangka mewujudkan semangat mengembangkan kegiatan membaca.
Sabtu, 25 Februari 2012 | 09:00 WIB

Bagaimana Mendongeng?

Bagaimana kiat mendongeng agar menarik dan tidak membosankan. Ikuti workshop yang diperuntukkan bagi ibu rumah tangga ini.
Jumat, 24 Februari 2012 | 09:00 WIB

Merancang Logo

Logo adalah bagian penting untuk menampilkan identitas seseorang atau suatu lembaga. Logo yang baik akan menjadikan si pemilik mudah dikenal sekaligus menunjukkan citra yang hendak dibangun. Konon logo juga berpengaruh pada keberuntungan si pemilik.

Agenda per hari
Februari 2012

Anda atau lembaga anda punya ide untuk berbagi dan berkumpul dalam acara ini? Silakan klik tautan berikut ini.

Pendukung

  • UII Net PT Global Prima Utama
  • Pengelola Domain .ID

Media Partner

Media Partner: Kedaulatan Rakyat
Media Partner: Koran Tempo

Penyelenggara