Kompleks Kampus STPMD "APMD" Yogyakarta, 23 - 25 Februari 2012
  • 5 "Ande-Ande Lumut"
    Syahdan, di tengah hutan, Pangeran Kusumayuda dari Banyuarum bertemu dengan Klenting Kuning. Tanpa berkenalan mereka saling mengingat. Pangeran Kusumayuda membatin, gadis itu merupakan calon permaisuri Kerajaan Banyuarum yang paling pas. Sayang, mereka tak pernah bersua lagi.
  • 5 E-Becak & Blontea: Meraup Rejeki Nyata Lewat Dunia Maya
    Harry adalah tukang becak. Tapi Harry juga pengguna sosial media aktif macam Facebook dan Twitter. Oleh karena kegemarannya dengan online, ia berhasil menjaring pelanggan tetap terutama Belanda, bila mereka sedang berkunjung ke Jogja.
  • 5 ICT for Difable
    Kebanyakan pengguna teknologi informasi makin dimanjakan dengan fasilitas yang kian canggih seiring dengan berkembangnya teknologi informasi. Namun bagi kaum difabel, perkembangan teknologi informasi belum bisa mereka nikmati dengan mudah karena keterbatasan yang mereka alami. Karena itu perlu dukungan serius kepada kaum difabel agar mereka bisa ikut merasakan manfaat teknologi informasi.
  • 5 OpenBTS: Seperti Apa Benih Telekomunikasi Swadaya?
    OpenBTS adalah sebuah teknologi yang memungkinkan komunitas untuk mengembangkan penelitian hingga penyediaan sarana telekomunikasi GSM secara mandiri. OpenBTS dapat dirakit sendiri dan dioperasikan menggunakan teknologi open source. Apakah mau selamanya dijajah vendor? Tapi bagaimana mengoperasikannya? Ikutilah lokakarya ini.
  • 5 Jurnalisme Kebencanaan II
    Lanjutan dari lokakarya "Jurnalisme Kebencanaan". Pada hari kedua ini lokakarya akan memusatkan perhatian pada bagaimana sebuah peliputan bencana memakai perspektif kemanusiaan. Materi akan dilanjutkan dengan diskusi kelompok.

Yossy Suparyo

Pimred Suara Komunitas

Yossy Suparyo
Yossy Suparyo menekuni dunia pewartaan warga dan teknologi informasi berbasis open source. Menjabat sebagai Pemimpin Redaksi Suara Komunitas (http://suarakomunitas) pada 2011-2013, Pendiri Komunitas BlankOn Banyumas, dan Pelopor Gerakan Desa Membangun (http://desamembangun.or.id).

Kegiatan yang akan diampu:

Pewarta warga

Bersama dengan:

Bambang Muryanto (Peace and Conflict Journalism Network (PECOJON)), Akhmad Rovahan (Jaringan Radio Komunitas Indonesia), Sarwono (Suara Komunitas COMBINE Resource Institution),
24 Feb 2012 19:00 - 21:00 WIB

Tulisan Yossy Suparyo:

Jumat, 17 Februari 2012 | 13:39 WIB

Gotong-Royong TIK Perdesaan

 Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) berbasis sumber terbuka (open source) telah menembus dunia perdesaan. Keberadaan teknologi ini menjadi titik kebangkitan desa dalam dunia teknologi dan informasi. Sejumlah desa, seperti Desa Mandalamekar dan Desa Melung, secara terbuka mengibarkan gerakan migrasi ke open source.
Rabu, 15 Februari 2012 | 11:00 WIB

Bikin Bahasa Daerahmu Jadi Bahasa Komputer

Saat ini Komunitas BlankOn Banyumas tengah mengalihbahasakan bahasa GUI sistem operasi BlankOnLinux dalam bahasa daerah. Berikut contoh kerja yang mereka lakukan:
Kamis, 9 Februari 2012 | 19:13 WIB

Ketika "Open Source" Menembus Lereng Gunung Slamet

Perkembangan teknologi informasi saat ini memang tidak mengenal batas waktu dan wilayah sehingga masyarakat dapat mengakses internet kapan pun dan di mana saja mereka berada.
Kamis, 9 Februari 2012 | 19:08 WIB

Memandirikan Desa dengan Teknologi

SEBUAH telepon seluler (ponsel) milik seorang warga di Desa Melung, Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas, Jawa Tengah, berbunyi tanda SMS masuk. Isi pesan singkat (SMS) itu, 'Warga harap siaga karena sewaktu-waktu badai datang, cari tempat yang lapang dan jangan berada di dekat pohon. Jangan mudah terprovokasi (SMS Center Melung)'.

Agenda per hari
Februari 2012

Profil Partisipan

Media Komunitas Angkringan

Media Komunitas Angkringan
MK-160 : Media Komunitas 160 Karakter

Kegiatan yg diampu:

Masuk Situs

Pendukung

  • UII Net PT Global Prima Utama
  • Pengelola Domain .ID

Media Partner

Media Partner: Kedaulatan Rakyat
Media Partner: Koran Tempo

Penyelenggara