Kompleks Kampus STPMD "APMD" Yogyakarta, 23 - 25 Februari 2012
  • 5 Membaca Tanda Alam lewat Burung
    Clive Walker, seorang petualang Inggris yang menghabiskan sebagian hidupnya di Bostwana, Afrika, dan berdekatan dengan hewan-hewan liar, percaya kalau mereka punya rasa yang amat tajam. Ia mengatakan, "Wildlife seem to be able to pick up certain phenomenon, especially birds ... there are many reports of birds detecting impending disasters (Satwa liar tampaknya mampu mengambil fenomena tertentu, terutama burung... ada banyak laporan yang mengatakan kalau burung mampu mendeteksi bencana yang akan datang)."
  • 5 Pengarusutamaan Jender pada Media Komunitas
    Workshop ini membedah stategi pengarusutamaan gender di media komunitas, baik dalam struktur kelembagaan, isi siaran, maupun pengemasan materi siaran. Kegiatan ini penting diikuti bagi para pegiat media komunitas yang memiliki perhatian pada keadilan, termasuk keadilan jender.
  • 5 Mengembangkan Software untuk Sistem Informasi Desa (SID)
    Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) adalah Free and Open Source Software. Bagaimana saya bisa mempelajari arsitektur sistem dan source code aplikasi SID? Bagaimana tahap-tahap pengembangan aplikasi SID selama ini dilakukan? Apakah saya bisa ikut serta mengembangkan software SID? Dan sejauh mana aplikasi SID akan dikembangkan bersama komunitas teknologi informasi?
  • 5 Pengantar Jurnalisme Investigasi
    Jurnalisme investigasi itu sulit karena ia harus mengungkap sesuatu yang tersembunyi atau disembunyikan. Oleh karena itu, jurnalisme butuh kerja ekstra yaitu kompilasi antara pemakaian dokumen, informan, dan rekaman. Tidak hanya mengumpulkan, tapi menguak informasi dan data dari segala sumber apakah dapat dipercaya atau sekadar bohong.
  • 5 Mengawal Revisi Undang-Undang Penyiaran
    Sampai kini, masih berlangsung proses perubahan Undang-Undang No 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran. Ada banyak poin yang merugikan penyiaran komunitas. Banyak perubahan yang justur menguntungkan penyiaran swasta atau pengusaha. Poin-poin mana saja yang merugikan penyiaran komunitas? Dan bagaimana langkah selanjutnya yang akan ditempuh oleh media komunitas? Dialog ini akan merancangnya.

Yossy Suparyo

Pimred Suara Komunitas

Yossy Suparyo
Yossy Suparyo menekuni dunia pewartaan warga dan teknologi informasi berbasis open source. Menjabat sebagai Pemimpin Redaksi Suara Komunitas (http://suarakomunitas) pada 2011-2013, Pendiri Komunitas BlankOn Banyumas, dan Pelopor Gerakan Desa Membangun (http://desamembangun.or.id).

Kegiatan yang akan diampu:

Pewarta warga

Bersama dengan:

Bambang Muryanto (Peace and Conflict Journalism Network (PECOJON)), Akhmad Rovahan (Jaringan Radio Komunitas Indonesia), Sarwono (Suara Komunitas COMBINE Resource Institution),
24 Feb 2012 19:00 - 21:00 WIB

Tulisan Yossy Suparyo:

Jumat, 17 Februari 2012 | 13:39 WIB

Gotong-Royong TIK Perdesaan

 Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) berbasis sumber terbuka (open source) telah menembus dunia perdesaan. Keberadaan teknologi ini menjadi titik kebangkitan desa dalam dunia teknologi dan informasi. Sejumlah desa, seperti Desa Mandalamekar dan Desa Melung, secara terbuka mengibarkan gerakan migrasi ke open source.
Rabu, 15 Februari 2012 | 11:00 WIB

Bikin Bahasa Daerahmu Jadi Bahasa Komputer

Saat ini Komunitas BlankOn Banyumas tengah mengalihbahasakan bahasa GUI sistem operasi BlankOnLinux dalam bahasa daerah. Berikut contoh kerja yang mereka lakukan:
Kamis, 9 Februari 2012 | 19:13 WIB

Ketika "Open Source" Menembus Lereng Gunung Slamet

Perkembangan teknologi informasi saat ini memang tidak mengenal batas waktu dan wilayah sehingga masyarakat dapat mengakses internet kapan pun dan di mana saja mereka berada.
Kamis, 9 Februari 2012 | 19:08 WIB

Memandirikan Desa dengan Teknologi

SEBUAH telepon seluler (ponsel) milik seorang warga di Desa Melung, Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas, Jawa Tengah, berbunyi tanda SMS masuk. Isi pesan singkat (SMS) itu, 'Warga harap siaga karena sewaktu-waktu badai datang, cari tempat yang lapang dan jangan berada di dekat pohon. Jangan mudah terprovokasi (SMS Center Melung)'.

Agenda per hari
Februari 2012

Profil Partisipan

NIco Wijaya

NIco Wijaya
Akademi Berbagi Yogyakarta

Kegiatan yg diampu:

Masuk Situs

Pendukung

  • UII Net PT Global Prima Utama
  • Pengelola Domain .ID

Media Partner

Media Partner: Kedaulatan Rakyat
Media Partner: Koran Tempo

Penyelenggara