Kompleks Kampus STPMD "APMD" Yogyakarta, 23 - 25 Februari 2012
  • 5 Jurnalisme Kebencanaan
    Pewarta maupun awak media meanstream di Indonesia adalah pekerja yang tidak dibentuk atau disiapkan sebagai pewarta di wilayah bencana sehingga yang terjadi adalah atas proses yang tidak direncanakan dan kebanyakan adalah Shock reporting, tidak adanya panduan pewartaan yang telah di konvergensi dengan isu-isu kebencanaan.
  • 5 Menangkal Dampak Negatif Internet terhadap Anak dan Murid
    Internet adalah gudangnya informasi dan pengetahuan. Namun tanpa arahan yang jelas, anak atau murid kita bisa terjerumus ke hal yang dapat merugikan dirinya lantaran Internet. Untuk itu perlu ada strategi untuk mengenalkan Internet sejak dini di tengah keluarga.
  • 5 Pengarusutamaan Jender pada Media Komunitas
    Workshop ini membedah stategi pengarusutamaan gender di media komunitas, baik dalam struktur kelembagaan, isi siaran, maupun pengemasan materi siaran. Kegiatan ini penting diikuti bagi para pegiat media komunitas yang memiliki perhatian pada keadilan, termasuk keadilan jender.
  • 5 Sekolah Jurnalistik via Online
    Sekolah tidak perlu ruang kelas yang nyaman dengan AC dan meja yang meja-kursi yang bersih. Tidak pula butuh guru atau dosen yang memegang gelar mentereng nan banyak. Sekolah bisa diwujudkan cukup dengan jaringan interne.
  • 5 Konsolidasi Buruh Migran di Dunia Maya
    Di sini peserta akan berdialog dan berbagi pengalaman pemanfaatan TIK untuk memantau migrasi tenaga kerja Indonesia di sejumlah negara. Dari persiapan migrasi, saat migrasi, dan sesudah migrasi. Pusat Sumber Daya Buruh Migran akan berbagi tentang pengalamannya mendampingi para buruh migran untuk saling berkonsolidasi melakukan advokasi kasus, menyelamatkan kawan, dan memengaruhi kebijakan pemerintah di sektor buruh migran.

Yossy Suparyo

Pimred Suara Komunitas

Yossy Suparyo
Yossy Suparyo menekuni dunia pewartaan warga dan teknologi informasi berbasis open source. Menjabat sebagai Pemimpin Redaksi Suara Komunitas (http://suarakomunitas) pada 2011-2013, Pendiri Komunitas BlankOn Banyumas, dan Pelopor Gerakan Desa Membangun (http://desamembangun.or.id).

Kegiatan yang akan diampu:

Pewarta warga

Bersama dengan:

Bambang Muryanto (Peace and Conflict Journalism Network (PECOJON)), Akhmad Rovahan (Jaringan Radio Komunitas Indonesia), Sarwono (Suara Komunitas COMBINE Resource Institution),
24 Feb 2012 19:00 - 21:00 WIB

Tulisan Yossy Suparyo:

Jumat, 17 Februari 2012 | 13:39 WIB

Gotong-Royong TIK Perdesaan

 Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) berbasis sumber terbuka (open source) telah menembus dunia perdesaan. Keberadaan teknologi ini menjadi titik kebangkitan desa dalam dunia teknologi dan informasi. Sejumlah desa, seperti Desa Mandalamekar dan Desa Melung, secara terbuka mengibarkan gerakan migrasi ke open source.
Rabu, 15 Februari 2012 | 11:00 WIB

Bikin Bahasa Daerahmu Jadi Bahasa Komputer

Saat ini Komunitas BlankOn Banyumas tengah mengalihbahasakan bahasa GUI sistem operasi BlankOnLinux dalam bahasa daerah. Berikut contoh kerja yang mereka lakukan:
Kamis, 9 Februari 2012 | 19:13 WIB

Ketika "Open Source" Menembus Lereng Gunung Slamet

Perkembangan teknologi informasi saat ini memang tidak mengenal batas waktu dan wilayah sehingga masyarakat dapat mengakses internet kapan pun dan di mana saja mereka berada.
Kamis, 9 Februari 2012 | 19:08 WIB

Memandirikan Desa dengan Teknologi

SEBUAH telepon seluler (ponsel) milik seorang warga di Desa Melung, Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas, Jawa Tengah, berbunyi tanda SMS masuk. Isi pesan singkat (SMS) itu, 'Warga harap siaga karena sewaktu-waktu badai datang, cari tempat yang lapang dan jangan berada di dekat pohon. Jangan mudah terprovokasi (SMS Center Melung)'.

Agenda per hari
Februari 2012

Profil Partisipan

Arif Setiawan

Arif Setiawan
Masuk Situs

Pendukung

  • UII Net PT Global Prima Utama
  • Pengelola Domain .ID

Media Partner

Media Partner: Kedaulatan Rakyat
Media Partner: Koran Tempo

Penyelenggara