Kompleks Kampus STPMD "APMD" Yogyakarta, 23 - 25 Februari 2012

Suara Komunitas

Menyuarakan yang tak bersuara

Suara Komunitas
Suara Komunitas (www.suarakomunitas.net) adalah website yang dikelola oleh media-media komunitas yang tersebar di seluruh Indonesia. Media komunitas yang tergabung sebagian besar adalah radio komunitas, media cetak komunitas, telecenter, dan kontributor individual. Suara Komunitas adalah kantor berita terbuka untuk semua pihak, khususnya masyarakat akar rumput, untuk bersuara dan membentuk opini publik. Suara Komunitas terbuka bagi siapa saja untuk ikut bergabung, sepanjang memiliki visi yang sama yaitu pembangunan untuk masyarakat.

Pentingnya Suara Komunitas?
Suara Komunitas hadir sebagai sarana untuk menyuarakan suara-suara masyarakat, khsususnya akar rumput. Suara komunitas melihat bahwa selama ini terjadi pengacuhan terhadap kondisi nyata di masyarakat. Para elit politik dan ekonomi sibuk dengan dirinya sendiri dan tidak melihat secara mendalam tentang kondisi nyata di masyarakat. Di sisi lain, masyarakat sebenarnya memiliki potensi kekuatan yang besar untuk menentukan arah perubahan yang terjadi.

Berdasarkan potensi kekuatan inilah, Suara Komunitas memimpikan terjadinya komunikasi dua arah antara pihak-pihak yang berwenang dengan masyarakat di akar rumput. Dan juga, Suara Komunitas memimpikan suara-suara dari masyarakat memiliki kekuatan tawar di hadapan pihak-pihak yang berwenang sehingga ikut dan mampu menentukan arah kemajuan bangsa. Masyarakat tidak lagi diam, melainkan harus lantang bersuara. Tindakan masyarakat untuk bersuara atau memroduksi berita seperti Suara Komunitas ini disebut sebagai Jurnalisme Warga.


Informasi apa yang bisa disampaikan di www.suarakomunitas.net?
Suara Komunitas terbuka dengan berbagai topik dan karya dari komunitas atau masyarakat luas sepanjang tidak menimbulkan konflik terlebih yang berkaitan dengan SARA. Suara Komunitas lebih mengharapkan informasi-informasi lokal yang selama ini jarang terliput oleh media-media besar. Kejadian-kejadian di sekitar kita, misalnya meruginya salah seorang tetangga kita, adanya tetangga yang sakit dan tidak bisa berobat, potensi yang ada di desa, dan lainnya adalah hal-hal penting yang selama ini luput dari pandangan kita.

Kita bukan lagi sebagai pembaca atau penonton saja, namun sudah saatnya kita juga ikut memroduksi berita yang penting dari diri kita sendiri dan lingkungan di sekitar. Selain itu, hal yang utama adalah berita dibuat berdasarkan FAKTA bukan gosip, rumor, desas-desus, dll. Namun, Suara komunitas juga terbuka untuk artikel atau karya yang berupa opini asal dapat dipertanggungjawabkan.

Yang terpenting adalah dengan memperhatikan makna dari kata "komunitas" itu sendiri. Komunitas merupakan gabungan sekelompok orang. Kelompok ini menjadi komunitasnya sendiri. Maka, menulis di media komunitas diwajibkan agar mengirim berita yang berhubungan dengan komunitas saja, tidak termasuk berita umum yang dapat ditemui dalam berita-berita lainnya.

Informasi apa saja yang bisa dimasukkan ke Suara Komunitas?
Informasi dapat berupa tulisan, foto, video, dan audio. Suara Komunitas menerima segala bentuk informasi tersebut yang akan tampil dalam tempat-tempat yang sudah ditentukan. Cara mengunggah informasi ke Suara Komunitas dijelaskan pada bagian teknik menggunggah.

Kemana arah informasi yang sudah saya buat?
Informasi yang sudah dibuat oleh pegiat-pegiat media komunitas ditampilkan di website Suara Komunitas dengan harapan khalayak umum menjadi tahu dan bersikap terhadap isi informasi yang disampaikan. Hal ini merupakan tindakan yang pasif, yaitu menunggu pihak lain untuk memberikan tanggapan atas informasi yang dibuat. Namun, Suara Komunitas juga mengupayakan tindakan yang aktif.

Tindakan aktif di Suara Komunitas adalah menyebarluaskan informasi-informasi yang dibuat para pegiat media komunitas kepada para pihak-pihak yang berwenang. Kasus korupsi di suatu desa yang ditulis oleh pegiat media komunitas, kemudian akan dipublikasikan di website Suara Komunitas. Selanjutnya, Suara Komunitas berkewajiban untuk menyebarluaskannya agar kasus korupsi tersebut mendapat tanggapan dari pihak berwenang, dan harapannya menjadi tuntas.


Apakah saya berhak ikut menyebarluaskan informasi dari Suara Komunitas?
Pegiat-pegiat media komunitas didorong untuk menyebarluaskan informasi ke dalam komunitasnya sendiri. Dengan demikian terjadi pembagian peran yaitu Suara Komunitas menyebarluaskan ke arah luar atau ke masyarakat luas, dan pegiat-pegiat media komunitas fokus menyebarkan informasi ke dalam masyarakatnya sendiri. Sehingga informasi yang dibuat memiliki gaung yang lebih besar.

Namun yang perlu diingat, hak cipta pada semua jenis informasi di Suara Komunitas ada pada masing-masing kontributor, pegiat media komunitas yang memroduksi informasi tersebut. Diizinkan untuk melakukan penyalinan sebagian atau keseluruhan dokumen serta mendistribusikan seluruh berkas pada segala macam media, dengan ketentuan menyertakan sumber aslinya.


Apakah saya mendapat perlindungan dalam mencari informasi?
Setiap pegiat media komunitas yang tergabung dalam Suara Komunitas akan dibekali dengan kartu pers yang secara khusus dikeluarkan oleh Suara Komunitas. Kartu pers ini adalah jaminan bahwa pegiat media komunitas bebas untuk mencari informasi yang ada di sekitarnya untuk disampaikan ke khalayak umum. Hal ini diatur dalam pasal 4 ayat 3 UU no 40 Tahun 1999 Tentang Pers yang menyatakan bahwa “Untuk menjamin kemerdekaan pers, pers nasional mempunyai hak mencari, memperoleh, menyebarluaskan gagasan dan informasi”.

Pegiat media komunitas, khususnya yang telah memegang kartu pers, harus tunduk pada Kode Etik Wartawan Indonesia yaitu tidak menerima suap dan menyalahgunakan profesi. Jika kedapatan menyalahgunakan profesi atau menerima suap, maka kartu pers akan ditarik dan mendapat sanksi moral dan disingkirkan dari jaringan pegiat-pegiat media komunitas di seluruh Indonesia.


Apa itu “dari wilayah”?
“dari wilayah” adalah fitur yang disediakan di website Suara Komunitas secara khusus. Suara Komunitas memproyeksikan setiap wilayah yang ada di Indonesia mampu bersuara tentang keadaan di wilayahnya masing-masing. Sehingga, Suara Komunitas mampu menjadi acuan dalam melihat kondisi nyata masyarakat yang ada. Misalnya, isu kenaikan harga BBM menjadi kontroversi. Sebagian berpendapat bahwa kenaikan harga BBM yang disertai BLT membantu masyarakat, sedangkan ada pula yang berpendapat sebaliknya yaitu kenaikan BBM walaupun dengan BLT semakin menyengsarakan masyarakat. Perdebatan ini tidak pernah tuntas karena tidak ada yang memiliki data lengkap yang bisa menggambarkan keadaan utuh masyarakat Indonesia secara luas.

Jika setiap wilayah di Indonesia menuliskan keadaan-keadaan di sekitarnya tentang kenaikan harga BBM dan BLT, maka perdebatan seperti yang sekarang ini tidak perlu terjadi. Para penguasa tidak perlu lagi berdebat tanpa dasar, cukup buka Suara Komunitas dan lihatlah kenyataan-kenyataan yang ada dari masing-masing wilayah karena itulah keadaan masyarakat Indonesia sebenarnya.

Apakah informasi saya langsung dimuat di Suara Komunitas?
Setiap wilayah memiliki editor yang fungsinya untuk melakukan penyuntingan terhadap informasi yang dibuat oleh para kontributor di wilayahnya sendiri. Editor juga berhak memutuskan apakah informasi tersebut layak dimuat atau tidak, dengan memertimbangkan apakah informasi tersebut menimbulkan konflik yang merusak ataukah tidak. Sebaliknya, editor berkewajiban untuk mendampingi pada para kontibutor di wilayahnya dalam memroduksi informasi agar semakin berkualitas.

Apakah bisa memberdayakan potensi ekonomi lokal?
Suara Komunitas tidak hanya mendorong perubahan di bidang sosial, politik, dan budaya saja. Namun Suara Komunitas berupaya mendorong perkembangan ekonomi lokal dengan melakukan promosi-promosi dan menggunakan jaringan antar daerah yang ada di Suara Komunitas. Potensi daerah Lampung bisa bertukar potensi dengan daerah-daerah di Jawa, Sulawesi, atau Lombok. Semua peningkatan potensi ekonomi lokal ini dikelola khusus dalam Pasar-Komunitas yang tersedia di Suara Komunitas.

Setiap komunitas yang tergabung bebas untuk melakukan transaksi ekonomi dalam Pasar-Komunitas. Transaksi ekonomi di Pasar-Komunitas adalah ekonomi berkeadilan. Tranparansi, tanggung jawab, berkualitas, dan menguntungkan semua pihak adalah prinsip-prinsip berkeadilan yang dipegang Pasar-Komunitas.

Kalau kurang jelas tentang Suara Komunitas, ke mana saya harus bertanya?
Silakan kontak Sarwono di sarwono@combine.or.id, telepon ke 0274-411123 pada jam kantor, HP: 08122714555, atau melalui YM: sarwonojogja

Agenda per hari
Februari 2012

Masuk Situs

Pendukung

  • UII Net PT Global Prima Utama
  • Pengelola Domain .ID

Media Partner

Media Partner: Kedaulatan Rakyat
Media Partner: Koran Tempo

Penyelenggara