Kompleks Kampus STPMD "APMD" Yogyakarta, 23 - 25 Februari 2012
  • 5 Ketika TIK Merambah Desa-desa
    Ini ruang jagongan untuk berbagi cerita kampung-kampung yang sukses mendapat penghargaan tingkat Internasional. Mereka berada di lokasi yang sangat pelosok sehingga sulit diakses dari dunia luar (baca: kota). Tak ada infrastruktur informasi dan komunikasi di daerah mereka. Namun, mereka memilih mengelola website desa untuk menyebarkan informasi di daerahnya pada dunia.
  • 5 Pewarta warga
    Pewarta warga (citizen journalism) menjadi sangat populer seiring makin banyaknya media yang dikelola oleh suatu komunitas maupun individu. Keberadaan pewarta warga diyakini mampu menjadi penyeimbang atas kecenderungan media arus utama yang bersifat terpusat dan hegemonik. Sayangnya, belum banyak referensi yang bersifat panduan (how to) bagi pewarta warga untuk menjalankan aktivitasnya.
  • 5 Budaya Bebas
    Buku "Budaya Bebas" yang ditulis oleh Lawrence Lessig ini untuk pertama kalinya diluncurkan ke publik Indonesia. Lawrence menguraikan bahwa di luar kenyataan tentang teknologi baru yang selalu mendorong lahirnya produk hukum baru, kini para pelaku monopoli media justru memanfaatkan ketakutan terhadap teknologi baru ini, terutama internet, untuk membatasi gerak gagasan di ranah publik.
  • 5 Menjadi Fasilitator Sistem Informasi Desa (SID)
    Sistem Informasi Desa (SID) adalah platform pengelolaan sumber daya komunitas di tingkat desa. SID membuka peluang bagi komunitas desa untuk mampu mengelola sumber daya secara mandiri. Dengan dukungan teknologi informasi, SID dibangun sebagai sebuah sistem multimedia. Jika desa saya ingin memiliki SID, apa saja yang harus dilakukan? Siapa yang harus berperan untuk membangun dan mengelola SID di desa? Apa saja syarat teknis dan non-teknis yang harus disiapkan oleh desa? Dengan siapa kami harus bekerja sama? Bagaimana SID bisa dikelola dan dimanfaatkan untuk kepentingan desa?
  • 5 Bangun Desa dengan Data
    Sebenarnya, berbagai indikator dasar dan penentu definisi kemiskinan dengan mudah dapat diketahui tanpa survei sosial dan tabel-tabel statistik. Seorang disebut miskin jika ia tidak mampu makan dua kali sehari (2100 kalori/hari), tidak memiliki akses terhadap sandang dan papan, serta tidak mampu mengupayakan layanan kesehatan bagi keluarga mereka.

Nisrina Muthahari

Nisrina Muthahari

Tulisan Nisrina Muthahari:

Sabtu, 25 Februari 2012 | 18:32 WIB

Gender dalam Media Komunitas

Lokakarya kali ini mengenai gender. Namun tidak melulu membahas aspek-aspek dalam gender semata. Ya, lokakarya yang diselenggarakan Jagongan Media Rakyat Sabtu siang ini 25/2 membahas pengarusutamaan gender dan hubungannya dengan media komunitas. Lokakarya di fasilitatori oleh Novi E. Haryani dari Mitra Wacana, pusat pemberdayaan perempuan Yogyakarta.
Sabtu, 25 Februari 2012 | 16:07 WIB

Trik Jitu Mengelola TBM

Gol A Gong atau nama pena dari Heri Hendrayana Harris, menjelaskan pada umunya pendirian Taman Bacaan Masyarakat karena tiga aspek. Aspek sosiologis, ideologis, dan politis. Tiga hal itu juga yang kemudian membuat dirinya mendirikan “Rumah Dunia” atau taman bacaan mandiri yang tidak tergantung dengan bantuan dana.
Sabtu, 25 Februari 2012 | 13:31 WIB

Taman Bacaan Masyarakat Harus Menyenangkan

Bertempat di Ruang Seminar STPMD "APMD", Sabtu (25/2) Ketua Forum Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Nasional Gol A Gong berbagi cerita mengenai pengalamannya mengurus "Rumah Dunia". Gol A Gong tidak ingin menyebut dirinya sebagai pengelola tapi pemilik "Rumah Dunia". Ia menilai bahwa TBM bukanlah bengkel mobil, lembaga kursus, ataupun rental CD.
Jumat, 24 Februari 2012 | 22:51 WIB

Keliling Indonesia dalam 40 Menit!

Farid Gaban dan Ahmad Yunus bercerita tentang petualangannya mengelilingi Indonesia, perjalanan itu terekam dalam 40 menit film dokumenter. Mereka merekam seluruh perjalanan ke 80 pulau, hingga menghasilkan 10.000 frame foto dan 70 jam video.
Jumat, 24 Februari 2012 | 21:45 WIB

Ketika TIK Masuk Desa

Yana Noviadi, Kepala Desa Mandalamekar, Tasikmalaya dan Budi Prasetyo, Kepala Desa Melung, Banyumas curhat mengenai keberhasilan desanya menerapkan Sisitem Informasi Desa (SID). Mereka secara langsung datang ke Jagongan Media Rakyat 2012, Jumat sore (24/2) untuk memaparkan tentang pengembangan Sistem Informasi Desa (SID) di masing-masing desa mereka.
Jumat, 24 Februari 2012 | 18:43 WIB

Belajar Jurnalisitik via Online

Berawal dari kegelisahan kualitas jurnalis Indonesia, sekalipun itu telah bekerja di media besar para jurnalis tak lepas dari kelemahan-kelemahan. Juga pada kondisi media yang mengarahkan redaksinya pada opini-opini tertentu sehingga membuat media penuh kepentingan. Dua kondisi itulah yang membuat sekolah jurnalitik via online dibuat. Enam bulan lalu, Yayasan Satu Dunia meluncurkan sekolah jurnalistik via online, situs tersebut dapat diakses di www.jurnalistik.net.
Jumat, 24 Februari 2012 | 14:19 WIB

Jambore Media Literasi: Televisi itu Merampas Hidup

Jumat 24/2 pukul 09.30-11.30 Wib di Hall STMD "APMD" riuh dengan kehadiran peserta jambore dari dua kota, Yogyakarta dan Semarang. Jambore kali ini dipesertai oleh ibu-ibu rumah tangga yang peduli dengan media literasi. Jambore dihadiri kurang lebih 40-an, Masyarakat Peduli Media (MPM), Lembaga Studi Pers dan Informasi (LESPI) dan mahasiswa muda yang tergabung dalam Forum Indonesia Muda (FMI).
Kamis, 23 Februari 2012 | 18:17 WIB

Semakin Sore, Semakin Ramai!

Kamis 23/02, sore ini kampus STPMD "APMD" terlihat semarak, serangkaian kegiatan Jagongan Media Rakyat dimeriahkan dengan penampilan sejumlah band mahasiswa baik dari APMD, Amikom, maupun UNY. Semakin sore semakin banyak pengunjung yang datang, berbagai macam pengunjung menikmati jalannya acara sore ini. Ada yang asyik berkeliling stan, menikmati band yang tampil, maupun menikmati makanan di stan makanan.
Kamis, 23 Februari 2012 | 16:37 WIB

Orca untuk Tunanetra

Kamis 23/2 pukul 13.30 bertempat di ruang A8 gedung STPMD “APMD” digelar acara ICT untuk difable. Nanang Syaifudin dari Yayasan Air Putih mengungkapkan bahwa acara ini dirancang untuk mengenalkan aplikasi navigasi agar tunanetra mengenal teknologi informasi. “Tunanetra butuh bantuan navigasi, mereka butuh suara sehingga tidak ada batasan lagi semua bisa bekerja menggunakan komputer, “ ungkapnya.
Kamis, 23 Februari 2012 | 14:11 WIB

Seminar Nasional Membuka Rangkaian Jagongan Media Rakyat 2012

Seminar Nasional yang bertema “Basis Data Desa Sebagai Rujukan Rencana Pembangunan di Pedesaan” resmi menjadi acara pembuka Jagongan Media Rakyat 2012, di Ruang Seminar Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa "APMD", Kamis (23/2). Acara dibuka dengan sambutan dari Managing Director Combine Resource Institution (CRI) Ranggoaini Jahja selaku penyelenggara, dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Sekolah Tinggi Pemberdayaan Masyarakat Desa "APMD" Habib Muhsin.

Agenda per hari
Februari 2012

Profil Partisipan

Fiona Suwana

Fiona Suwana
Stikom LSPR Jakarta

Kegiatan yg diampu:

Masuk Situs

Pendukung

  • UII Net PT Global Prima Utama
  • Pengelola Domain .ID

Media Partner

Media Partner: Kedaulatan Rakyat
Media Partner: Koran Tempo

Penyelenggara