Kompleks Kampus STPMD "APMD" Yogyakarta, 23 - 25 Februari 2012
  • 5 Mengembangkan Software untuk Sistem Informasi Desa (SID)
    Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) adalah Free and Open Source Software. Bagaimana saya bisa mempelajari arsitektur sistem dan source code aplikasi SID? Bagaimana tahap-tahap pengembangan aplikasi SID selama ini dilakukan? Apakah saya bisa ikut serta mengembangkan software SID? Dan sejauh mana aplikasi SID akan dikembangkan bersama komunitas teknologi informasi?
  • 5 Mengkritisi Kebijakan Telematika di Indonesia
    Pemerintah dan DPR saat ini sedang membahas RUU Konvergensi Telematika. Regulasi ini rencananya akan mengatur bidang penyiaran, telekomunikasi, dan informatika dalam satu undang-undang. Alasan dibalik pemberlakukan UU Konvergensi ini adalah untuk mengintegrasikan regulasi di bidang telematika yang saat ini diatur secara terpisah. Namun jika proses pembahasannya tidak diawasi dengan baik, regulasi ini berpotensi menjadi alat kontrol pemerintah terutama terhadap media penyiaran dan online.
  • 5 Ngeblog dari A-Z
    Weblog (biasa disingkat blog) tumbuh bak jamur di musim hujan. Banyak blogger yang mengelola dengan asal-asalan. Namun tak sedikit blog yang dikelola dengan serius sehingga tak hanya menhasilkan muatan yang bermanfaat namun juga bisa menjadi pendulang uang bagi pemiliknya. Bagaimana mengelola blog dengan baik? Bagaimana agar blog tak hanya bermanfaat bagi pengunjung, namun juga memberi kontribusi penting dalam membangun reputasi dan financial bagi pemiliknya? Lokakarya ini akan mengupas tuntas dunia blogging.
  • 5 Budaya Bebas
    Buku "Budaya Bebas" yang ditulis oleh Lawrence Lessig ini untuk pertama kalinya diluncurkan ke publik Indonesia. Lawrence menguraikan bahwa di luar kenyataan tentang teknologi baru yang selalu mendorong lahirnya produk hukum baru, kini para pelaku monopoli media justru memanfaatkan ketakutan terhadap teknologi baru ini, terutama internet, untuk membatasi gerak gagasan di ranah publik.
  • 5 Pengantar Jurnalisme Investigasi
    Jurnalisme investigasi itu sulit karena ia harus mengungkap sesuatu yang tersembunyi atau disembunyikan. Oleh karena itu, jurnalisme butuh kerja ekstra yaitu kompilasi antara pemakaian dokumen, informan, dan rekaman. Tidak hanya mengumpulkan, tapi menguak informasi dan data dari segala sumber apakah dapat dipercaya atau sekadar bohong.

Media Komunitas Angkringan

MK-160 : Media Komunitas 160 Karakter

Media Komunitas Angkringan
MK-160 : Media Komunitas 160 Karakter

Kegiatan yang akan diampu:

Cipta Media Bersama

Bersama dengan:

Perkumpulan 6211 (Perkumpulan 6211), 1000 Guru Kediri (1000 Guru Kediri), Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Banda Aceh (Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Banda Aceh), Muhamad Iqbal Tawakal (Next Generation – Media Watch & Literacy), Aliansi Demokrasi Untuk Papua (ALDP) (Aliansi Demokrasi Untuk Papua (ALDP)), AKUMASSA (AKUMASSA), Ucu Agustin (Ucu Agustin), Forum Buruh Lintas Pabrik (Forum Buruh Lintas Pabrik), Jaringan Radio Komunitas Lampung (JRKL) (Jaringan Radio Komunitas Lampung (JRKL)), RESPECTA Streetartgallery (RESPECTA Streetartgallery), Borneo Blogger Community (Borneo Blogger Community), Indonesia Media Defense Litigation Network (IMDLN) (Indonesia Media Defense Litigation Network (IMDLN)), Yayasan Pantau (Yayasan Pantau), Lembaga Bhinneka (Lembaga Bhinneka), Sekolah Fundraising PIRAC (Sekolah Fundraising PIRAC), KKI Warsi (KKI Warsi), Maluku Satu Media (Maluku Satu Media), Perkumpulan Lentera Timur (Perkumpulan Lentera Timur), Kartunet Community Indonesia (Kartunet Community Indonesia),
24 Feb 2012 15:00 - 17:00 WIB

Agenda per hari
Februari 2012

Profil Partisipan

Yanuar Nugroho Ph. D

Yanuar Nugroho Ph. D
Center for Innovation, Policy & Governance/Pengajar di Manchester University, Inggris

Kegiatan yg diampu:

Masuk Situs

Pendukung

  • UII Net PT Global Prima Utama
  • Pengelola Domain .ID

Media Partner

Media Partner: Kedaulatan Rakyat
Media Partner: Koran Tempo

Penyelenggara