Kompleks Kampus STPMD "APMD" Yogyakarta, 23 - 25 Februari 2012
  • 5 ICT for Woman: Memberdayakan atau Memperdaya?
    Sudah mulai banyak program sosialisasi untuk mengenalkan perempuan kepada information & communication technology (ICT). Tetapi sedikit yang ternyata memberikan manfaat apapun kepada perempuan. Kebutuhan perempuan bisa jadi memang unik.
  • 5 Media Komunitas 160 Karakter
    Ada sebuah fasilitas di telpon genggam yang belum banyak dimanfaatkan secara optimal. Teknologi pesan layanan pendek (SMS), umumnya hanya digunakan untuk komunikasi individual. Padahal dengan sedikit inovasi, informasi dalam 160 karakter itu bisa dikelola dan dimanfaatkan sebagai platform multifungsi. Dipadukan dengan piranti lunak khusus, teknologi SMS bisa digunakan sebagai media informasi yang sederhana, mudah, cepat dan murah. Karakter teknologi tersebut sangat cocok untuk dikembangkan dan diterapkan oleh media komunitas.
  • 5 Katakan dengan Fotomu
    Foto yang kuat tentu dihasilkan dari kamera yang hebat. Dengan harga jutaan rupiah yang mampu mengambil banyak warna dan objek secara tajam baik dari jarak jauh mupun dekat. Tetapi bagi seorang blogger semacam Pamantyo, anggapan tersebut tidak berlaku.
  • 5 "Ekspedisi Zamrud Khatulistiwa"
    Dua wartawan, satu senior, satu junior, berkeliling ke seantero Indonesia untuk mendokumentasikan kehidupan di 100 pulau dalam 40 gugus kepulauan hanya dengan dua motor Honda Win yang dimodifikasi jadi trail. Butuh waktu selama 8 bulan untuk menuntaskan perjalanan panjang itu (Mei-Desember 2009).
  • 5 Mengembangkan Software untuk Sistem Informasi Desa (SID)
    Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) adalah Free and Open Source Software. Bagaimana saya bisa mempelajari arsitektur sistem dan source code aplikasi SID? Bagaimana tahap-tahap pengembangan aplikasi SID selama ini dilakukan? Apakah saya bisa ikut serta mengembangkan software SID? Dan sejauh mana aplikasi SID akan dikembangkan bersama komunitas teknologi informasi?

Pusat Sumber Daya Buruh Migran

Pusat Sumber Daya Buruh Migran

Pusat Sumber Daya Buruh Migran
Pusat Sumber Daya Buruh Migran (Migrant Worker Resource Centre) merupakan layanan atau dukungan untuk pengarusutamaan isu buruh migran melalui pengelolaan informasi dan pengetahuan. Lewat dukungan ini, para pegiat buruh migran saling berkomunikasi dan bertukar informasi dengan sesama buruh migran, keluarga, perkumpulan buruh migran, organisasi nonpemerintah (ornop), dan lembaga-lembaga pemerintah.

Untuk keperluan di atas, Pusat Sumber Daya Buruh Migran mengembangkan sejumlah aplikasi berbasis web, untuk bertukar informasi, ruang berdiskusi, kodifikasi pengetahuan, pengelolaan kerja, dan pengembangan ekonomi. Dukungan ini memungkinkan jaringan kerja buruh migran memengaruhi kebijakan-kebijakan publik yang berpihak pada buruh migran, membangun solidaritas antardaerah, dan mengembangkan kegiatan ekonomi produktif,

Pusat Sumber Daya Buruh Migran dibentuk oleh jaringan kerja Pusat Teknologi Komunitas (PTK) Mahnettik yang diinisiasi oleh Yayasan TIFA Jakarta, Perkumpulan Panca Karsa Nusa Tenggara Barat, Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Nahdlatul Ulama (LAKPESDAM NU) Cilacap, I-Work Yogyakarta, Dian Mutiara Women Crisis Center (DM WCC) Malang, Pusat Pemberdayaan Sumberdaya Wanita (PPSW) Pasoendan, Perkumpulan Peduli Buruh Migran dan Perempuan Seruni Banyumas, dan Infest Yogyakarta.

Kegiatan yang akan diampu:

Konsolidasi Buruh Migran di Dunia Maya

23 Feb 2012 13:00 - 15:00 WIB

Agenda per hari
Februari 2012

Profil Partisipan

WkgCWmWBcoBa

WkgCWmWBcoBa
Masuk Situs

Pendukung

  • UII Net PT Global Prima Utama
  • Pengelola Domain .ID

Media Partner

Media Partner: Kedaulatan Rakyat
Media Partner: Koran Tempo

Penyelenggara