Kompleks Kampus STPMD "APMD" Yogyakarta, 23 - 25 Februari 2012
  • 5 Pewarta warga
    Pewarta warga (citizen journalism) menjadi sangat populer seiring makin banyaknya media yang dikelola oleh suatu komunitas maupun individu. Keberadaan pewarta warga diyakini mampu menjadi penyeimbang atas kecenderungan media arus utama yang bersifat terpusat dan hegemonik. Sayangnya, belum banyak referensi yang bersifat panduan (how to) bagi pewarta warga untuk menjalankan aktivitasnya.
  • 5 Membaca Tanda Alam lewat Burung
    Clive Walker, seorang petualang Inggris yang menghabiskan sebagian hidupnya di Bostwana, Afrika, dan berdekatan dengan hewan-hewan liar, percaya kalau mereka punya rasa yang amat tajam. Ia mengatakan, "Wildlife seem to be able to pick up certain phenomenon, especially birds ... there are many reports of birds detecting impending disasters (Satwa liar tampaknya mampu mengambil fenomena tertentu, terutama burung... ada banyak laporan yang mengatakan kalau burung mampu mendeteksi bencana yang akan datang)."
  • 5 Inovasi Akar Rumput
    "Bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat". Pasal yang termaktub dalam dokumen negara ini menjadi kontradiktif jika melihat kenyataan bahwa kini sektor-sektor strategis seperti air, pangan, energi, dan teknologi informasi-komunikasi telah menjadi komoditas yang hanya dikuasai segelintir orang.
  • 5 Akber Jogja: Click Activism, Kepedulian Alakadarnya?
    Click activism, alias gerakan yang dilakukan di ranah maya, dipercaya bisa mencetuskan berbagai aksi sosial di lapangan. Tetapi banyak juga yang skeptis memandang gerakan tersebut tersebut sebagai kepedulian alakadarnya tanpa punya peran dan makna penting. Selain lokakarya, forum ini juga menjadi ajang peluncuran e-book "10 Taktik Ubah Informasi Menjadi Aksi".
  • 5 Mengkritisi Kebijakan Telematika di Indonesia
    Pemerintah dan DPR saat ini sedang membahas RUU Konvergensi Telematika. Regulasi ini rencananya akan mengatur bidang penyiaran, telekomunikasi, dan informatika dalam satu undang-undang. Alasan dibalik pemberlakukan UU Konvergensi ini adalah untuk mengintegrasikan regulasi di bidang telematika yang saat ini diatur secara terpisah. Namun jika proses pembahasannya tidak diawasi dengan baik, regulasi ini berpotensi menjadi alat kontrol pemerintah terutama terhadap media penyiaran dan online.

Blontank Poer

Rumah Blogger Indonesia

Blontank Poer
Blogger, Wartawan, Budayawan

Kegiatan yang akan diampu:

Online Media Research: Konten Laris Manis, Bagaimana?

Bersama dengan:

ICT Watch Indonesia (Wise While Online - Think Before Posting), Yana Noviadi (Kepala Desa Mandalamekar), Pakdhe Senggol (Jogja Update), Fiona Suwana (Stikom LSPR Jakarta), Heru Tjatur (ICT Watch), Budi Putra (Blogger),
24 Feb 2012 09:00 - 12:00 WIB

Akber Jogja: Click Activism, Kepedulian Alakadarnya?

Bersama dengan:

Onno W. Purbo (An ordinary Indonesian. Rakyat Indonesia Biasa Saja.), ICT Watch Indonesia (Wise While Online - Think Before Posting), Indriyanto Banyumurti (Relawan TIK), Asmarie (Komunitas Blogger Semarang), NIco Wijaya (Akademi Berbagi Yogyakarta), Antok Suryaden (Joglo Abang),
24 Feb 2012 19:00 - 21:00 WIB

"Linimas(s)a"

Bersama dengan:

ICT Watch Indonesia (Wise While Online - Think Before Posting), Donny BU (), Akhmad Nasir (),
25 Feb 2012 15:00 - 17:00 WIB

E-Becak & Blontea: Meraup Rejeki Nyata Lewat Dunia Maya

Bersama dengan:

Harry Van Jogja (Harry Van Jogja),
25 Feb 2012 09:00 - 12:00 WIB

Agenda per hari
Februari 2012

Profil Partisipan

Asrul Zain Asy'ari

Asrul Zain Asy'ari
Masuk Situs

Pendukung

  • UII Net PT Global Prima Utama
  • Pengelola Domain .ID

Media Partner

Media Partner: Kedaulatan Rakyat
Media Partner: Koran Tempo

Penyelenggara