Kompleks Kampus STPMD "APMD" Yogyakarta, 23 - 25 Februari 2012
  • 5 OpenBTS: Seperti Apa Benih Telekomunikasi Swadaya?
    OpenBTS adalah sebuah teknologi yang memungkinkan komunitas untuk mengembangkan penelitian hingga penyediaan sarana telekomunikasi GSM secara mandiri. OpenBTS dapat dirakit sendiri dan dioperasikan menggunakan teknologi open source. Apakah mau selamanya dijajah vendor? Tapi bagaimana mengoperasikannya? Ikutilah lokakarya ini.
  • 5 Ngeblog dari A-Z
    Weblog (biasa disingkat blog) tumbuh bak jamur di musim hujan. Banyak blogger yang mengelola dengan asal-asalan. Namun tak sedikit blog yang dikelola dengan serius sehingga tak hanya menhasilkan muatan yang bermanfaat namun juga bisa menjadi pendulang uang bagi pemiliknya. Bagaimana mengelola blog dengan baik? Bagaimana agar blog tak hanya bermanfaat bagi pengunjung, namun juga memberi kontribusi penting dalam membangun reputasi dan financial bagi pemiliknya? Lokakarya ini akan mengupas tuntas dunia blogging.
  • 5 Wikisaster Management: Pengalaman JALIN Merapi Mengelola Informasi Bencana
    Apa jadinya kalau bencana dikelola? Tentu saja akan memperkecil kerugian. Dengan mengelola bencana (alam atau buatan manusia), kerusakan fisik bisa ditekan. Kehilangan nyawa mampu diperkecil jumlahnya. Dan proses pemulihan bisa dilakukan lebih cepat dan tepat.
  • 5 Bangun Desa dengan Data
    Sebenarnya, berbagai indikator dasar dan penentu definisi kemiskinan dengan mudah dapat diketahui tanpa survei sosial dan tabel-tabel statistik. Seorang disebut miskin jika ia tidak mampu makan dua kali sehari (2100 kalori/hari), tidak memiliki akses terhadap sandang dan papan, serta tidak mampu mengupayakan layanan kesehatan bagi keluarga mereka.
  • 5 Menjadi Fasilitator Sistem Informasi Desa (SID)
    Sistem Informasi Desa (SID) adalah platform pengelolaan sumber daya komunitas di tingkat desa. SID membuka peluang bagi komunitas desa untuk mampu mengelola sumber daya secara mandiri. Dengan dukungan teknologi informasi, SID dibangun sebagai sebuah sistem multimedia. Jika desa saya ingin memiliki SID, apa saja yang harus dilakukan? Siapa yang harus berperan untuk membangun dan mengelola SID di desa? Apa saja syarat teknis dan non-teknis yang harus disiapkan oleh desa? Dengan siapa kami harus bekerja sama? Bagaimana SID bisa dikelola dan dimanfaatkan untuk kepentingan desa?

Azwar Anas

Azwar Anas

Tulisan Azwar Anas:

Sabtu, 25 Februari 2012 | 17:07 WIB

Waspadai Dampak Negatif Internet!

“Jangan sembarangan mengunggah foto di facebook, bisa jadi disalahgunakan orang tidak dikenal,” tegas Arif mengawali lokakarya “Menangkal Dampak Negatif Internet Terhadap Anak dan Murid,” Sabtu, 25 Februari. Hal ini dirasa sangat perlu karena dampak negatif internet paling krusial adalah soal privacy lalu security baru setelah itu pornografi.
Sabtu, 25 Februari 2012 | 11:38 WIB

Terkait Revisi UU Penyiaran, JRKI Mau Ajak DPR Ke Radio Komunitas

Menyoal revisi Undang-Undang Penyiaran No. 32 Tahun 2002, pagi pukul 09.00 di ruang A7 STPMD "APMD", Jaringan Radio Komunitas Indonesia (JRKI) unjuk suara dalam serangkaian acara JMR  2012. JRKI menganggap sangat perlu adanya pendampingan untuk merevisi undang-undang penyiaran agar tidak merugikan (lagi) radio-radio komunitas di Indonesia. Bahkan kalau perlu pembuat undang-undang itu berkunjung dahulu ke radio komunitas agar paham situasi.
Jumat, 24 Februari 2012 | 22:27 WIB

Tak Sekadar Click tapi juga Act

"Biar tidak dikata kepedulian alakadarnya makanya jangan cuma clik tapi terjun ke lapangan kalau memang mampu," kritik Onno W. Purbo, dalam seminar "Click Activism, Kepedulian Alakadarnya". Seminar yang dikemas dengan sharing ringan nan santai ini, megupas tuntas persoalan sosial media. Click Activism, dalah konsep kontribusi pengguna internet sebagai bentuk respons dari seubah isu. Misal like dalam facebook atau retweet dalam twitter.
Jumat, 24 Februari 2012 | 18:14 WIB

Membahasa-daerahkan Bahasa Sistem Komputer

Jumat, 24 Februari 2012 | 13:57 WIB

BTS bukan Teknologi Haram

Ketika mendengar asumsi soal BTS adalah teknologi haram, seketika Onno W. Purbo pakar IT dari ICT Watch langsung terpingkal. Ia lalu diam, dan menjawab dengan santai dan bermain analogi "Apakah pisau itu juga haram?" Serentak, dijawab, "Tidak".
Jumat, 24 Februari 2012 | 12:11 WIB

Jumat Cerdas Bareng JMR

Hari kedua Jagongan Media Rakyat (JMR )24/02 di STPMD "APMD" bertabur seminar, diskusi, loka karya, dialog, dan bedah buku. Mulai pukul 09.00 - 21.30 Wib, Anda bisa memilih berbagai lokarya atau diskusi yang diminati. Berikut agendanya
Kamis, 23 Februari 2012 | 17:17 WIB

Kita bukan Komoditi Media, tapi Pelaku!

Dalam serangkaian acara JMR 2012 terdapat seminar yang cukup menarik dan relevan untuk diikuti. Seminar soal, Peta Penguasaan Industri Media di Indonesia. Kenapa relevan? Karena berdasarkan penelitian dari Center for Innovation, Policy & Governance (CIPG) masyarakat Indonesia telah dikendalikan media. Artinya menjadi komoditi media. Dan masyarakat sama sekali tidak punya wewenang untuk berdiri sebagai pelaku.
Kamis, 23 Februari 2012 | 12:33 WIB

Ada JARPUK di Stan JMR

JARPUK, Jaringan Perempuan Uaha Kecil di bawah naungan ASPUK, Asosiasi Perempuan Usaha Kecil memantapkan diri mendirikan stan di APMD turut meramaikan Jagongan Media Rakyat Kamis, JMR (23/02). Stan yang telah berisi beragam kerajinan dan bermacam jenis kue hasil olahan menandakan JARPUK telah dibuka dan siap melayani pengunjung stan.
Kamis, 23 Februari 2012 | 12:29 WIB

Difabel Turut Nge-JMR

UBF, Umi Barokah Fondation bekerja sama dengan Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) Nusantara membuka stan di JMR tahun ini. Lembaga sosial yang konsen memberdayakan komunitas penyandang cacat, keluarga msikin, dan termarginalkan (orang-orang yang belum mampu menjangkau alses pemerintah -red). Berangkat dari Muntilan, Magelang menuju Yogyakarta guna meramaikan acara JMR. "Apalagi kita belum banyak ditahu orang, jadi ikut acara semacam gini  sangat penting," ujar Umi selaku pendiri UBF.

Agenda per hari
Februari 2012

Masuk Situs

Pendukung

  • UII Net PT Global Prima Utama
  • Pengelola Domain .ID

Media Partner

Media Partner: Kedaulatan Rakyat
Media Partner: Koran Tempo

Penyelenggara