Kompleks Kampus STPMD "APMD" Yogyakarta, 23 - 25 Februari 2012
  • 5 ICT for Woman: Memberdayakan atau Memperdaya?
    Sudah mulai banyak program sosialisasi untuk mengenalkan perempuan kepada information & communication technology (ICT). Tetapi sedikit yang ternyata memberikan manfaat apapun kepada perempuan. Kebutuhan perempuan bisa jadi memang unik.
  • 5 Kriminalisasi Pers Gaya Baru
    Nurhayati Kahar, biasa dipanggil Uni Yet merupakan seorang pewarta warga yang gigih. Dia telah lama mengembangkan pewartaan warga di Sumatra Barat dalam jaringan Suara Komunitas. Ia acapkali menulis dan mendokumentasikan peristiwa-peristiwa ketidakadilan di daeahnya, khususnya Padang Pariaman.
  • 5 Pewarta warga
    Pewarta warga (citizen journalism) menjadi sangat populer seiring makin banyaknya media yang dikelola oleh suatu komunitas maupun individu. Keberadaan pewarta warga diyakini mampu menjadi penyeimbang atas kecenderungan media arus utama yang bersifat terpusat dan hegemonik. Sayangnya, belum banyak referensi yang bersifat panduan (how to) bagi pewarta warga untuk menjalankan aktivitasnya.
  • 5 Mengkritisi Kebijakan Telematika di Indonesia
    Pemerintah dan DPR saat ini sedang membahas RUU Konvergensi Telematika. Regulasi ini rencananya akan mengatur bidang penyiaran, telekomunikasi, dan informatika dalam satu undang-undang. Alasan dibalik pemberlakukan UU Konvergensi ini adalah untuk mengintegrasikan regulasi di bidang telematika yang saat ini diatur secara terpisah. Namun jika proses pembahasannya tidak diawasi dengan baik, regulasi ini berpotensi menjadi alat kontrol pemerintah terutama terhadap media penyiaran dan online.
  • 5 Inovasi Akar Rumput
    "Bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat". Pasal yang termaktub dalam dokumen negara ini menjadi kontradiktif jika melihat kenyataan bahwa kini sektor-sektor strategis seperti air, pangan, energi, dan teknologi informasi-komunikasi telah menjadi komoditas yang hanya dikuasai segelintir orang.

Ade Tanesia

COMBINE Resource Institution

Ade Tanesia
Koordinator Kominfo CRI

Tulisan Ade Tanesia:

Rabu, 22 Februari 2012 | 21:38 WIB

24 Jam Menyongsong Jagongan Media Rakyat 2012

Mendebarkan campur gembira ! Itulah suasana yang dirasakan dalam persiapan Jagongan Media Rakyat 2012 di Kampus STPMD “APMD” Yogyakarta. Sedari pagi stan-stan sudah siap dimasuki oleh para pengisi stan. Tim IT sibuk mempersiapkan lab komputer yang akan menjadi ajang workshop teknologi informasi tepat guna untuk masyarakat.
Sabtu, 18 Februari 2012 | 16:49 WIB

JMR 2012 Digelar di Yogya

YOGYA (KRjogja.com) - Jagongan Media Rakyat 2012 yang mempertemukan kalangan ahli dan pegiat media untuk berbagi pengetahuan sekaligus memperluas jaringan, dijadwalkan berlangsung di Yogyakarta, 23-25 Februari.
Kamis, 16 Februari 2012 | 16:22 WIB

Radio Komunitas Rama FM, Radio Multietnis

Hanya lima menit dari Tugu Khatulistiwa di Kota Pontianak, kita bisa menjumpai sebuah radio komunitas bernama Rama FM. Nama Rama merupakan singkatan dari Radio Masyarakat Adat. Dalam bahasa Dayak Kanayant, Rama artinya rindang atau teduh. Radio Komunitas Rama berharap bisa menjadi peneduh bagi penduduk dari berbagai etnis.
Selasa, 14 Februari 2012 | 18:14 WIB

Pewarta Warga: Perubahan Nyata dari Berita

Alhamdulilah, setelah berita sekolah saya tampil di suarakomunitas.net, berbagai program bantuan pun mengalir deras. Dan setiap saya mampir kantor pemerintah kabupaten atau provinsi, sering sekali ditanya. Sekolah bapak yang sering tampil di internet ya? Jelas, suarakomunitas.net bisa membawa perubahan bagi sekolah yang jauh dari pusat kota,”ungkap Hamdan, Kepala Mts. Maraqitta'limat Lenggorong Desa Sambik Elen, Kecamatan Bayan, Lombok Utara.
Selasa, 14 Februari 2012 | 09:09 WIB

Desa Terong: Sistem Informasi Desa Tingkatkan Pelayanan Publik

“Semua masyarakat ingin mendapatkan pelayanan yang cepat, benar, dan akurat. Jika saya memiliki sistem informasi desa yang benar, maka akan sangat mudah mengetahui file dari warga saya. Maka ketika warga datang untuk mencari surat-surat, tak perlu menanyakan KTPnya mana. Atau jika mereka ingin melakukan perubahan atas tanah, tidak perlu meminta akte tanah. Ini akan bisa mengeliminir/meminimalisir konflik.” (Sudirman Alfian, Kepala Desa Terong, Dlingo, Bantul, DIY)

Agenda per hari
Februari 2012

Masuk Situs

Pendukung

  • UII Net PT Global Prima Utama
  • Pengelola Domain .ID

Media Partner

Media Partner: Kedaulatan Rakyat
Media Partner: Koran Tempo

Penyelenggara