Kompleks Kampus STPMD "APMD" Yogyakarta, 23 - 25 Februari 2012
  • 5 Wikisaster Management: Pengalaman JALIN Merapi Mengelola Informasi Bencana
    Apa jadinya kalau bencana dikelola? Tentu saja akan memperkecil kerugian. Dengan mengelola bencana (alam atau buatan manusia), kerusakan fisik bisa ditekan. Kehilangan nyawa mampu diperkecil jumlahnya. Dan proses pemulihan bisa dilakukan lebih cepat dan tepat.
  • 5 Ketika TIK Merambah Desa-desa
    Ini ruang jagongan untuk berbagi cerita kampung-kampung yang sukses mendapat penghargaan tingkat Internasional. Mereka berada di lokasi yang sangat pelosok sehingga sulit diakses dari dunia luar (baca: kota). Tak ada infrastruktur informasi dan komunikasi di daerah mereka. Namun, mereka memilih mengelola website desa untuk menyebarkan informasi di daerahnya pada dunia.
  • 5 Sekolah Jurnalistik via Online
    Sekolah tidak perlu ruang kelas yang nyaman dengan AC dan meja yang meja-kursi yang bersih. Tidak pula butuh guru atau dosen yang memegang gelar mentereng nan banyak. Sekolah bisa diwujudkan cukup dengan jaringan interne.
  • 5 Pengarusutamaan Jender pada Media Komunitas
    Workshop ini membedah stategi pengarusutamaan gender di media komunitas, baik dalam struktur kelembagaan, isi siaran, maupun pengemasan materi siaran. Kegiatan ini penting diikuti bagi para pegiat media komunitas yang memiliki perhatian pada keadilan, termasuk keadilan jender.
  • 5 Akber Jogja: Click Activism, Kepedulian Alakadarnya?
    Click activism, alias gerakan yang dilakukan di ranah maya, dipercaya bisa mencetuskan berbagai aksi sosial di lapangan. Tetapi banyak juga yang skeptis memandang gerakan tersebut tersebut sebagai kepedulian alakadarnya tanpa punya peran dan makna penting. Selain lokakarya, forum ini juga menjadi ajang peluncuran e-book "10 Taktik Ubah Informasi Menjadi Aksi".

Penyelenggara Jagongan Media Rakyat 2012

Setelah pada 2010 sukses menyelenggarakan Jagongan Media Rakyat di Jogja National Museum (22-25 Juli 2010), tahun ini COMBINE Resource Institution bersama dengan Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa "APMD", Yayasan ICT Watch, Rumah Blogger Indonesia, Joglo Abang, dan Jogja Update kembali menghelat Jagongan Media Rakyat 2012 untuk kedua kalinya pada 23-25 Februari di kampus STPMD "APMD", Yogyakarta. 

Gelaran Jagongan Media Rakyat 2012 ini berupaya untuk mengumpulkan kelompok-kelompok dan organisasi yang memiliki dan mengelola medianya masing-masing. Setiap kelompok yang terlibat sebagai peserta dan pengisi acara di sini akan memiliki kesempatan untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam hal pengelolaan media. Masyarakat umum yang berkunjung dapat pula mengetahui ragam media rakyat yang ternyata banyak berkembang di ruang-ruang hidup warga sehari-hari.

Agenda per hari
Februari 2012

Profil Partisipan

IRCHAM HABIB ANGGARA, S.Si.

IRCHAM HABIB ANGGARA, S.Si.
Masuk Situs

Pendukung

  • UII Net PT Global Prima Utama
  • Pengelola Domain .ID

Media Partner

Media Partner: Kedaulatan Rakyat
Media Partner: Koran Tempo

Penyelenggara