Kompleks Kampus STPMD "APMD" Yogyakarta, 23 - 25 Februari 2012
  • 5 Mengembangkan Software untuk Sistem Informasi Desa (SID)
    Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) adalah Free and Open Source Software. Bagaimana saya bisa mempelajari arsitektur sistem dan source code aplikasi SID? Bagaimana tahap-tahap pengembangan aplikasi SID selama ini dilakukan? Apakah saya bisa ikut serta mengembangkan software SID? Dan sejauh mana aplikasi SID akan dikembangkan bersama komunitas teknologi informasi?
  • 5 OpenBTS: Seperti Apa Benih Telekomunikasi Swadaya?
    OpenBTS adalah sebuah teknologi yang memungkinkan komunitas untuk mengembangkan penelitian hingga penyediaan sarana telekomunikasi GSM secara mandiri. OpenBTS dapat dirakit sendiri dan dioperasikan menggunakan teknologi open source. Apakah mau selamanya dijajah vendor? Tapi bagaimana mengoperasikannya? Ikutilah lokakarya ini.
  • 5 Budaya Bebas
    Buku "Budaya Bebas" yang ditulis oleh Lawrence Lessig ini untuk pertama kalinya diluncurkan ke publik Indonesia. Lawrence menguraikan bahwa di luar kenyataan tentang teknologi baru yang selalu mendorong lahirnya produk hukum baru, kini para pelaku monopoli media justru memanfaatkan ketakutan terhadap teknologi baru ini, terutama internet, untuk membatasi gerak gagasan di ranah publik.
  • 5 Bangun Desa dengan Data
    Sebenarnya, berbagai indikator dasar dan penentu definisi kemiskinan dengan mudah dapat diketahui tanpa survei sosial dan tabel-tabel statistik. Seorang disebut miskin jika ia tidak mampu makan dua kali sehari (2100 kalori/hari), tidak memiliki akses terhadap sandang dan papan, serta tidak mampu mengupayakan layanan kesehatan bagi keluarga mereka.
  • 5 Membaca Tanda Alam lewat Burung
    Clive Walker, seorang petualang Inggris yang menghabiskan sebagian hidupnya di Bostwana, Afrika, dan berdekatan dengan hewan-hewan liar, percaya kalau mereka punya rasa yang amat tajam. Ia mengatakan, "Wildlife seem to be able to pick up certain phenomenon, especially birds ... there are many reports of birds detecting impending disasters (Satwa liar tampaknya mampu mengambil fenomena tertentu, terutama burung... ada banyak laporan yang mengatakan kalau burung mampu mendeteksi bencana yang akan datang)."

Panduan Mengisi Acara JMR 2012

BERKAS PENYERTA (2)
  • Proposal Kegiatan JMR 2012 [versi fakir bandwtih].download file
  • Contoh Formulir Mengisi Acara JMR2012.pdfdownload file

Bagi individu, komunitas, atau lembaga yang berminat menjadi bagian dari Jagongan Media Rakyat dengan mengisi salah satu pilihan acara (workshop, dialog, seminar, pelatihan, pameran, pementasan seni) dapat menghubungi panitia divisi koordinator acara di surel anasir[at]combine.or.id. 

Guna menghindari menyesuaikan jumlah pengisi acara dengan tempat dan waktu yang tersedia kami akan menyeleksi terlebih dahulu sesuai dengan kriteria yang tertera di bawah ini.

Kriteria Pengisi Pameran

  1. Kelompok usaha mikro kecil menengah
  2. Kelompok media komunitas
  3. Kelompok kreatif yang bergerak dalam bidang peningkatan kapasitas masyarakat
  4. Industri penerbitan yang punya perhatian terhadap gerakan masyarakat akar rumput
  5. Lembaga Swadaya Masyarakat yang bergerak dalam bidang literasi media
  6. Lembaga Swadaya Masyarakat yang bergerak dengan menggunakan pemanfaatan media dan TIK

Kriteria Pengisi Dialog dan lain-lain: 

Setiap komunitas dan lembaga bebas untuk mengadakan acara dengan mengusung tema-tema di bawah ini:

  1. Kebebasan berekspresi
  2. Kemandirian Komunitas
  3. Ekonomi Berkeadilan
  4. Penanggulangan Bencana
  5. IT tepat guna
  6. Literasi Media & TIK

Contoh lembar kesediaan mengisi acara dan proposal JMR 2012 dapat diunduh di berkas penyerta. 

Agenda per hari
Februari 2012

Profil Partisipan

Syarifuddin Said

Syarifuddin Said
Masuk Situs

Pendukung

  • UII Net PT Global Prima Utama
  • Pengelola Domain .ID

Media Partner

Media Partner: Kedaulatan Rakyat
Media Partner: Koran Tempo

Penyelenggara