Kompleks Kampus STPMD "APMD" Yogyakarta, 23 - 25 Februari 2012
  • 5 Bikin Bahasa Daerahmu Jadi Bahasa Komputer
    Workshop ini mengajak peserta untuk membuat bahasa antarmuka (GUI) sistem operasi komputer (BlankOn Linux) dalam bahasa daerah. Proyek alihbahasa dan pengembangan Blankon Linux dalam bahasa daerah sudah dilakukan oleh Komunitas BlankOn Banyumas (Bahasa Banyumas) dan Priangan Timur (Bahasa Sunda). Lewat antarmuka bahasa daerah, para pengguna komputer yang tidak memiliki kemampuan bahasa Inggris bisa mengakses teknologi itu secara lebih mudah.
  • 5 Mengawal Revisi Undang-Undang Penyiaran
    Sampai kini, masih berlangsung proses perubahan Undang-Undang No 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran. Ada banyak poin yang merugikan penyiaran komunitas. Banyak perubahan yang justur menguntungkan penyiaran swasta atau pengusaha. Poin-poin mana saja yang merugikan penyiaran komunitas? Dan bagaimana langkah selanjutnya yang akan ditempuh oleh media komunitas? Dialog ini akan merancangnya.
  • 5 Konsolidasi Buruh Migran di Dunia Maya
    Di sini peserta akan berdialog dan berbagi pengalaman pemanfaatan TIK untuk memantau migrasi tenaga kerja Indonesia di sejumlah negara. Dari persiapan migrasi, saat migrasi, dan sesudah migrasi. Pusat Sumber Daya Buruh Migran akan berbagi tentang pengalamannya mendampingi para buruh migran untuk saling berkonsolidasi melakukan advokasi kasus, menyelamatkan kawan, dan memengaruhi kebijakan pemerintah di sektor buruh migran.
  • 5 Mengkritisi Kebijakan Telematika di Indonesia
    Pemerintah dan DPR saat ini sedang membahas RUU Konvergensi Telematika. Regulasi ini rencananya akan mengatur bidang penyiaran, telekomunikasi, dan informatika dalam satu undang-undang. Alasan dibalik pemberlakukan UU Konvergensi ini adalah untuk mengintegrasikan regulasi di bidang telematika yang saat ini diatur secara terpisah. Namun jika proses pembahasannya tidak diawasi dengan baik, regulasi ini berpotensi menjadi alat kontrol pemerintah terutama terhadap media penyiaran dan online.
  • 5 "Komunikasi Bencana"
    Indonesia merupakan negara yang menghadapi ancaman bencana cukup besar. Dalam penanggulangan bencana, komunikasi menjadi salah satu faktor penting yang akan mempengaruhi kemampuan mengantisipasi dan merespon ancaman bencana. Bagaimana ilmu komunikasi memberi sumbangan terhadap penanggulangan bencana, merupakan salah satu pertanyaan yang akan dijawab dalam bedah buku "Komunikasi Bencana" ini.

Panduan Mengisi Acara JMR 2012

BERKAS PENYERTA (2)
  • Proposal Kegiatan JMR 2012 [versi fakir bandwtih].download file
  • Contoh Formulir Mengisi Acara JMR2012.pdfdownload file

Bagi individu, komunitas, atau lembaga yang berminat menjadi bagian dari Jagongan Media Rakyat dengan mengisi salah satu pilihan acara (workshop, dialog, seminar, pelatihan, pameran, pementasan seni) dapat menghubungi panitia divisi koordinator acara di surel anasir[at]combine.or.id. 

Guna menghindari menyesuaikan jumlah pengisi acara dengan tempat dan waktu yang tersedia kami akan menyeleksi terlebih dahulu sesuai dengan kriteria yang tertera di bawah ini.

Kriteria Pengisi Pameran

  1. Kelompok usaha mikro kecil menengah
  2. Kelompok media komunitas
  3. Kelompok kreatif yang bergerak dalam bidang peningkatan kapasitas masyarakat
  4. Industri penerbitan yang punya perhatian terhadap gerakan masyarakat akar rumput
  5. Lembaga Swadaya Masyarakat yang bergerak dalam bidang literasi media
  6. Lembaga Swadaya Masyarakat yang bergerak dengan menggunakan pemanfaatan media dan TIK

Kriteria Pengisi Dialog dan lain-lain: 

Setiap komunitas dan lembaga bebas untuk mengadakan acara dengan mengusung tema-tema di bawah ini:

  1. Kebebasan berekspresi
  2. Kemandirian Komunitas
  3. Ekonomi Berkeadilan
  4. Penanggulangan Bencana
  5. IT tepat guna
  6. Literasi Media & TIK

Contoh lembar kesediaan mengisi acara dan proposal JMR 2012 dapat diunduh di berkas penyerta. 

Agenda per hari
Februari 2012

Masuk Situs

Pendukung

  • UII Net PT Global Prima Utama
  • Pengelola Domain .ID

Media Partner

Media Partner: Kedaulatan Rakyat
Media Partner: Koran Tempo

Penyelenggara