Kompleks Kampus STPMD "APMD" Yogyakarta, 23 - 25 Februari 2012
  • 5 Sekolah Jurnalistik via Online
    Sekolah tidak perlu ruang kelas yang nyaman dengan AC dan meja yang meja-kursi yang bersih. Tidak pula butuh guru atau dosen yang memegang gelar mentereng nan banyak. Sekolah bisa diwujudkan cukup dengan jaringan interne.
  • 5 Media Komunitas 160 Karakter
    Ada sebuah fasilitas di telpon genggam yang belum banyak dimanfaatkan secara optimal. Teknologi pesan layanan pendek (SMS), umumnya hanya digunakan untuk komunikasi individual. Padahal dengan sedikit inovasi, informasi dalam 160 karakter itu bisa dikelola dan dimanfaatkan sebagai platform multifungsi. Dipadukan dengan piranti lunak khusus, teknologi SMS bisa digunakan sebagai media informasi yang sederhana, mudah, cepat dan murah. Karakter teknologi tersebut sangat cocok untuk dikembangkan dan diterapkan oleh media komunitas.
  • 5 Jurnalisme Kebencanaan
    Pewarta maupun awak media meanstream di Indonesia adalah pekerja yang tidak dibentuk atau disiapkan sebagai pewarta di wilayah bencana sehingga yang terjadi adalah atas proses yang tidak direncanakan dan kebanyakan adalah Shock reporting, tidak adanya panduan pewartaan yang telah di konvergensi dengan isu-isu kebencanaan.
  • 5 Pewarta warga
    Pewarta warga (citizen journalism) menjadi sangat populer seiring makin banyaknya media yang dikelola oleh suatu komunitas maupun individu. Keberadaan pewarta warga diyakini mampu menjadi penyeimbang atas kecenderungan media arus utama yang bersifat terpusat dan hegemonik. Sayangnya, belum banyak referensi yang bersifat panduan (how to) bagi pewarta warga untuk menjalankan aktivitasnya.
  • 5 Cipta Media Bersama
    Pada 7 November lalu, 20 ide besar dari dua puluh kelompok diumumkan sebagai penerima hibah Cipta Media Bersama. Program hibah terbuka ini menyokong dana sebesar 1 juta dollar AS bagi mereka untuk melaksanakan proyek yang merangsang gerakan publik dalam empat bidang: meretas batas-kebhiknekaan bermedia, keadilan dan kesetaraan akses terhadap media, kebebasan dan etika bermedia, dan pemantauan media.

Panduan Mengisi Acara JMR 2012

BERKAS PENYERTA (2)
  • Proposal Kegiatan JMR 2012 [versi fakir bandwtih].download file
  • Contoh Formulir Mengisi Acara JMR2012.pdfdownload file

Bagi individu, komunitas, atau lembaga yang berminat menjadi bagian dari Jagongan Media Rakyat dengan mengisi salah satu pilihan acara (workshop, dialog, seminar, pelatihan, pameran, pementasan seni) dapat menghubungi panitia divisi koordinator acara di surel anasir[at]combine.or.id. 

Guna menghindari menyesuaikan jumlah pengisi acara dengan tempat dan waktu yang tersedia kami akan menyeleksi terlebih dahulu sesuai dengan kriteria yang tertera di bawah ini.

Kriteria Pengisi Pameran

  1. Kelompok usaha mikro kecil menengah
  2. Kelompok media komunitas
  3. Kelompok kreatif yang bergerak dalam bidang peningkatan kapasitas masyarakat
  4. Industri penerbitan yang punya perhatian terhadap gerakan masyarakat akar rumput
  5. Lembaga Swadaya Masyarakat yang bergerak dalam bidang literasi media
  6. Lembaga Swadaya Masyarakat yang bergerak dengan menggunakan pemanfaatan media dan TIK

Kriteria Pengisi Dialog dan lain-lain: 

Setiap komunitas dan lembaga bebas untuk mengadakan acara dengan mengusung tema-tema di bawah ini:

  1. Kebebasan berekspresi
  2. Kemandirian Komunitas
  3. Ekonomi Berkeadilan
  4. Penanggulangan Bencana
  5. IT tepat guna
  6. Literasi Media & TIK

Contoh lembar kesediaan mengisi acara dan proposal JMR 2012 dapat diunduh di berkas penyerta. 

Agenda per hari
Februari 2012

Profil Partisipan

Perkumpulan 6211

Perkumpulan 6211
Perkumpulan 6211

Kegiatan yg diampu:

Masuk Situs

Pendukung

  • UII Net PT Global Prima Utama
  • Pengelola Domain .ID

Media Partner

Media Partner: Kedaulatan Rakyat
Media Partner: Koran Tempo

Penyelenggara