Kompleks Kampus STPMD "APMD" Yogyakarta, 23 - 25 Februari 2012
  • 5 Memanfaatkan Teknologi Interactive Voice Respons (IVR)
    Interactive Voice Respons (IVR) adalah sistem telepon otomatis yang berinteraksi dengan pemanggil. Sistim IVR dapat merespon panggilan dengan menggunakan suara yang telah direkam terlebih dahulu, kepada pemanggil untuk pemrosesan berikutnya. Sistem IVR menerima kombinasi input suara dan pemilihan berdasarkan penekanan keypad telepon dan menghasilkan respons dalam bentuk suara, fax, callback, email atau media yang lain. Di lokakarya ini Anda akan dipandu secara ringkas bagaimana memanfaatkan IVR.
  • 5 "Linimas(s)a"
    Film "Linimas(s)a" menggambarkan kekuatan gerakan sosial offline maupun online yang saling beresonansi, bersinergi dan menguatkan secara signifikan. Diceritakan pula bagaimana pemanfaatan Internet dan media sosial oleh orang biasa untuk melakukan hal yang luar biasa!
  • 5 ICT for Woman: Memberdayakan atau Memperdaya?
    Sudah mulai banyak program sosialisasi untuk mengenalkan perempuan kepada information & communication technology (ICT). Tetapi sedikit yang ternyata memberikan manfaat apapun kepada perempuan. Kebutuhan perempuan bisa jadi memang unik.
  • 5 Media Komunitas 160 Karakter
    Ada sebuah fasilitas di telpon genggam yang belum banyak dimanfaatkan secara optimal. Teknologi pesan layanan pendek (SMS), umumnya hanya digunakan untuk komunikasi individual. Padahal dengan sedikit inovasi, informasi dalam 160 karakter itu bisa dikelola dan dimanfaatkan sebagai platform multifungsi. Dipadukan dengan piranti lunak khusus, teknologi SMS bisa digunakan sebagai media informasi yang sederhana, mudah, cepat dan murah. Karakter teknologi tersebut sangat cocok untuk dikembangkan dan diterapkan oleh media komunitas.
  • 5 Konsolidasi Buruh Migran di Dunia Maya
    Di sini peserta akan berdialog dan berbagi pengalaman pemanfaatan TIK untuk memantau migrasi tenaga kerja Indonesia di sejumlah negara. Dari persiapan migrasi, saat migrasi, dan sesudah migrasi. Pusat Sumber Daya Buruh Migran akan berbagi tentang pengalamannya mendampingi para buruh migran untuk saling berkonsolidasi melakukan advokasi kasus, menyelamatkan kawan, dan memengaruhi kebijakan pemerintah di sektor buruh migran.

Panduan Mengisi Acara JMR 2012

BERKAS PENYERTA (2)
  • Proposal Kegiatan JMR 2012 [versi fakir bandwtih].download file
  • Contoh Formulir Mengisi Acara JMR2012.pdfdownload file

Bagi individu, komunitas, atau lembaga yang berminat menjadi bagian dari Jagongan Media Rakyat dengan mengisi salah satu pilihan acara (workshop, dialog, seminar, pelatihan, pameran, pementasan seni) dapat menghubungi panitia divisi koordinator acara di surel anasir[at]combine.or.id. 

Guna menghindari menyesuaikan jumlah pengisi acara dengan tempat dan waktu yang tersedia kami akan menyeleksi terlebih dahulu sesuai dengan kriteria yang tertera di bawah ini.

Kriteria Pengisi Pameran

  1. Kelompok usaha mikro kecil menengah
  2. Kelompok media komunitas
  3. Kelompok kreatif yang bergerak dalam bidang peningkatan kapasitas masyarakat
  4. Industri penerbitan yang punya perhatian terhadap gerakan masyarakat akar rumput
  5. Lembaga Swadaya Masyarakat yang bergerak dalam bidang literasi media
  6. Lembaga Swadaya Masyarakat yang bergerak dengan menggunakan pemanfaatan media dan TIK

Kriteria Pengisi Dialog dan lain-lain: 

Setiap komunitas dan lembaga bebas untuk mengadakan acara dengan mengusung tema-tema di bawah ini:

  1. Kebebasan berekspresi
  2. Kemandirian Komunitas
  3. Ekonomi Berkeadilan
  4. Penanggulangan Bencana
  5. IT tepat guna
  6. Literasi Media & TIK

Contoh lembar kesediaan mengisi acara dan proposal JMR 2012 dapat diunduh di berkas penyerta. 

Agenda per hari
Februari 2012

Profil Partisipan

Yayasan Air Putih

Yayasan Air Putih
Yayasan Air Putih

Kegiatan yg diampu:

Masuk Situs

Pendukung

  • UII Net PT Global Prima Utama
  • Pengelola Domain .ID

Media Partner

Media Partner: Kedaulatan Rakyat
Media Partner: Koran Tempo

Penyelenggara