Kompleks Kampus STPMD "APMD" Yogyakarta, 23 - 25 Februari 2012
  • 5 Peta Penguasaan Industri Media di Indonesia
    Keluar mulut penguasa, masuk mulut pengusaha! Demikianlah nasib media di Indonesia saat ini. Bagaimana peta penguasaan industri media? Siapa saja penguasa media? Bagaimana cara kerja mereka? Bagaimana pegiat media komunitas menyikapi situasi ini?
  • 5 Ngeblog dari A-Z
    Weblog (biasa disingkat blog) tumbuh bak jamur di musim hujan. Banyak blogger yang mengelola dengan asal-asalan. Namun tak sedikit blog yang dikelola dengan serius sehingga tak hanya menhasilkan muatan yang bermanfaat namun juga bisa menjadi pendulang uang bagi pemiliknya. Bagaimana mengelola blog dengan baik? Bagaimana agar blog tak hanya bermanfaat bagi pengunjung, namun juga memberi kontribusi penting dalam membangun reputasi dan financial bagi pemiliknya? Lokakarya ini akan mengupas tuntas dunia blogging.
  • 5 Mengembangkan Software untuk Sistem Informasi Desa (SID)
    Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) adalah Free and Open Source Software. Bagaimana saya bisa mempelajari arsitektur sistem dan source code aplikasi SID? Bagaimana tahap-tahap pengembangan aplikasi SID selama ini dilakukan? Apakah saya bisa ikut serta mengembangkan software SID? Dan sejauh mana aplikasi SID akan dikembangkan bersama komunitas teknologi informasi?
  • 5 "Komunikasi Bencana"
    Indonesia merupakan negara yang menghadapi ancaman bencana cukup besar. Dalam penanggulangan bencana, komunikasi menjadi salah satu faktor penting yang akan mempengaruhi kemampuan mengantisipasi dan merespon ancaman bencana. Bagaimana ilmu komunikasi memberi sumbangan terhadap penanggulangan bencana, merupakan salah satu pertanyaan yang akan dijawab dalam bedah buku "Komunikasi Bencana" ini.
  • 5 Bikin Bahasa Daerahmu Jadi Bahasa Komputer
    Workshop ini mengajak peserta untuk membuat bahasa antarmuka (GUI) sistem operasi komputer (BlankOn Linux) dalam bahasa daerah. Proyek alihbahasa dan pengembangan Blankon Linux dalam bahasa daerah sudah dilakukan oleh Komunitas BlankOn Banyumas (Bahasa Banyumas) dan Priangan Timur (Bahasa Sunda). Lewat antarmuka bahasa daerah, para pengguna komputer yang tidak memiliki kemampuan bahasa Inggris bisa mengakses teknologi itu secara lebih mudah.

Panduan Mengisi Acara JMR 2012

BERKAS PENYERTA (2)
  • Proposal Kegiatan JMR 2012 [versi fakir bandwtih].download file
  • Contoh Formulir Mengisi Acara JMR2012.pdfdownload file

Bagi individu, komunitas, atau lembaga yang berminat menjadi bagian dari Jagongan Media Rakyat dengan mengisi salah satu pilihan acara (workshop, dialog, seminar, pelatihan, pameran, pementasan seni) dapat menghubungi panitia divisi koordinator acara di surel anasir[at]combine.or.id. 

Guna menghindari menyesuaikan jumlah pengisi acara dengan tempat dan waktu yang tersedia kami akan menyeleksi terlebih dahulu sesuai dengan kriteria yang tertera di bawah ini.

Kriteria Pengisi Pameran

  1. Kelompok usaha mikro kecil menengah
  2. Kelompok media komunitas
  3. Kelompok kreatif yang bergerak dalam bidang peningkatan kapasitas masyarakat
  4. Industri penerbitan yang punya perhatian terhadap gerakan masyarakat akar rumput
  5. Lembaga Swadaya Masyarakat yang bergerak dalam bidang literasi media
  6. Lembaga Swadaya Masyarakat yang bergerak dengan menggunakan pemanfaatan media dan TIK

Kriteria Pengisi Dialog dan lain-lain: 

Setiap komunitas dan lembaga bebas untuk mengadakan acara dengan mengusung tema-tema di bawah ini:

  1. Kebebasan berekspresi
  2. Kemandirian Komunitas
  3. Ekonomi Berkeadilan
  4. Penanggulangan Bencana
  5. IT tepat guna
  6. Literasi Media & TIK

Contoh lembar kesediaan mengisi acara dan proposal JMR 2012 dapat diunduh di berkas penyerta. 

Agenda per hari
Februari 2012

Profil Partisipan

Yayasan Pantau

Yayasan Pantau
Yayasan Pantau

Kegiatan yg diampu:

Masuk Situs

Pendukung

  • UII Net PT Global Prima Utama
  • Pengelola Domain .ID

Media Partner

Media Partner: Kedaulatan Rakyat
Media Partner: Koran Tempo

Penyelenggara