Kompleks Kampus STPMD "APMD" Yogyakarta, 23 - 25 Februari 2012
  • 5 Ngintip Proses Pengarsipan Indonesian Visual Art Archive (IVAA)
    Sejak 1995, IVAA (mulanya bernama Yayasan Seni Cemeti-YSC) fokus pada usaha pemberdayaan infrastruktur seni rupa. Mereka bekerja untuk menjadi pusat data, riset, dan dokumentasi seni rupa Indonesia, dan juga sebagai lembaga manajemen dan pengembangan infrastruktur seni rupa.
  • 5 OpenBTS: Seperti Apa Benih Telekomunikasi Swadaya?
    OpenBTS adalah sebuah teknologi yang memungkinkan komunitas untuk mengembangkan penelitian hingga penyediaan sarana telekomunikasi GSM secara mandiri. OpenBTS dapat dirakit sendiri dan dioperasikan menggunakan teknologi open source. Apakah mau selamanya dijajah vendor? Tapi bagaimana mengoperasikannya? Ikutilah lokakarya ini.
  • 5 Mengembangkan Software untuk Sistem Informasi Desa (SID)
    Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) adalah Free and Open Source Software. Bagaimana saya bisa mempelajari arsitektur sistem dan source code aplikasi SID? Bagaimana tahap-tahap pengembangan aplikasi SID selama ini dilakukan? Apakah saya bisa ikut serta mengembangkan software SID? Dan sejauh mana aplikasi SID akan dikembangkan bersama komunitas teknologi informasi?
  • 5 Inovasi Akar Rumput
    "Bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat". Pasal yang termaktub dalam dokumen negara ini menjadi kontradiktif jika melihat kenyataan bahwa kini sektor-sektor strategis seperti air, pangan, energi, dan teknologi informasi-komunikasi telah menjadi komoditas yang hanya dikuasai segelintir orang.
  • 5 Bangun Desa dengan Data
    Sebenarnya, berbagai indikator dasar dan penentu definisi kemiskinan dengan mudah dapat diketahui tanpa survei sosial dan tabel-tabel statistik. Seorang disebut miskin jika ia tidak mampu makan dua kali sehari (2100 kalori/hari), tidak memiliki akses terhadap sandang dan papan, serta tidak mampu mengupayakan layanan kesehatan bagi keluarga mereka.

Blog

Jumat, 24 Februari 2012 | 12:11 WIB Azwar Anas

Jumat Cerdas Bareng JMR

Hari kedua Jagongan Media Rakyat (JMR )24/02 di STPMD "APMD" bertabur seminar, diskusi, loka karya, dialog, dan bedah buku. Mulai pukul 09.00 - 21.30 Wib, Anda bisa memilih berbagai lokarya atau diskusi yang diminati. Berikut agendanya
Kamis, 23 Februari 2012 | 18:17 WIB Nisrina Muthahari

Semakin Sore, Semakin Ramai!

Kamis 23/02, sore ini kampus STPMD "APMD" terlihat semarak, serangkaian kegiatan Jagongan Media Rakyat dimeriahkan dengan penampilan sejumlah band mahasiswa baik dari APMD, Amikom, maupun UNY. Semakin sore semakin banyak pengunjung yang datang, berbagai macam pengunjung menikmati jalannya acara sore ini. Ada yang asyik berkeliling stan, menikmati band yang tampil, maupun menikmati makanan di stan makanan.
Kamis, 23 Februari 2012 | 18:05 WIB Swadesta Aria

Ngobrol Enak di Stan Kuliner

"Dari gado-gado sampai soto sapi ada di sini. Kalau mau ngopi sambil nonton pentas seni juga bisa di sini. Pokoknya strategis," ujar Haryati, salah satu pengisi stan kuliner di acara Jagongan Media Rakyat (JMR) 2012, kamis (23/2). Hal senada juga diungkapkan oleh Asih. Perempuan yang sehari-harinya bekerja sebagai karyawan STPMD "APMD" ini juga menyatakan bahwa stan kuliner sangat strategis bagi pengujung yang ingin menikmati pentas seni di JMR.
Kamis, 23 Februari 2012 | 17:17 WIB Azwar Anas

Kita bukan Komoditi Media, tapi Pelaku!

Dalam serangkaian acara JMR 2012 terdapat seminar yang cukup menarik dan relevan untuk diikuti. Seminar soal, Peta Penguasaan Industri Media di Indonesia. Kenapa relevan? Karena berdasarkan penelitian dari Center for Innovation, Policy & Governance (CIPG) masyarakat Indonesia telah dikendalikan media. Artinya menjadi komoditi media. Dan masyarakat sama sekali tidak punya wewenang untuk berdiri sebagai pelaku.
Kamis, 23 Februari 2012 | 16:37 WIB Nisrina Muthahari

Orca untuk Tunanetra

Kamis 23/2 pukul 13.30 bertempat di ruang A8 gedung STPMD “APMD” digelar acara ICT untuk difable. Nanang Syaifudin dari Yayasan Air Putih mengungkapkan bahwa acara ini dirancang untuk mengenalkan aplikasi navigasi agar tunanetra mengenal teknologi informasi. “Tunanetra butuh bantuan navigasi, mereka butuh suara sehingga tidak ada batasan lagi semua bisa bekerja menggunakan komputer, “ ungkapnya.
Kamis, 23 Februari 2012 | 16:10 WIB Swadesta Aria

Lokakarya Inovasi Akar Rumput

Kamis, (23/02) pukul 13.00-15.00 wib di ruang A10 STPMD"APMD" Yogyakarta diselenggarakan lokakarya bertajuk "Inovasi Akar Rumput". Acara ini menghadirkan Yanuar Nugroho Ph.D, dosen University of Manchester sebagai narasumber dan dihadiri 25 peserta. 
Kamis, 23 Februari 2012 | 14:11 WIB Nisrina Muthahari

Seminar Nasional Membuka Rangkaian Jagongan Media Rakyat 2012

Seminar Nasional yang bertema “Basis Data Desa Sebagai Rujukan Rencana Pembangunan di Pedesaan” resmi menjadi acara pembuka Jagongan Media Rakyat 2012, di Ruang Seminar Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa "APMD", Kamis (23/2). Acara dibuka dengan sambutan dari Managing Director Combine Resource Institution (CRI) Ranggoaini Jahja selaku penyelenggara, dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Sekolah Tinggi Pemberdayaan Masyarakat Desa "APMD" Habib Muhsin.
Kamis, 23 Februari 2012 | 13:49 WIB Swadesta Aria

Topik Menarik, Pembicara Kurang Menarik

Salah satu peserta Seminar Nasional "Basis Data Desa Sebagai Rujukan Rencana Pembangunan di Pedesaan", Ir. Wahyudi Heru Santosa menyatakan kurang puas terhadap pembicara Seminar Nasional yang dilaksanakan di Ruang Seminar Sekolah Tinggi Pemberdayaan Masyarakat Desa "APMD", Kamis (29/2).
Kamis, 23 Februari 2012 | 13:24 WIB Swadesta Aria

Jagongan Media Rakyat 2012 Dimulai

Jagongan Media Rakyat (JMR) 2012 resmi dibuka hari ini, Kamis (23/02). Acara yang dipersembahkan COMBINE Resource Institution bersama Prodi Ilmu Komunikasi Sekolah Tinggi Pemberdayaan Masyarakat Desa "APMD", ICT Watch, @JogjaUpdate, Jogloabang, dan Rumah Blogger Indonesia (RBI) ini rencananya akan berlangsung hingga hari Sabtu (25/02) lusa.
Kamis, 23 Februari 2012 | 12:33 WIB Azwar Anas

Ada JARPUK di Stan JMR

JARPUK, Jaringan Perempuan Uaha Kecil di bawah naungan ASPUK, Asosiasi Perempuan Usaha Kecil memantapkan diri mendirikan stan di APMD turut meramaikan Jagongan Media Rakyat Kamis, JMR (23/02). Stan yang telah berisi beragam kerajinan dan bermacam jenis kue hasil olahan menandakan JARPUK telah dibuka dan siap melayani pengunjung stan.

Pendukung

  • UII Net PT Global Prima Utama
  • Pengelola Domain .ID

Media Partner

Media Partner: Kedaulatan Rakyat
Media Partner: Koran Tempo

Penyelenggara