Kompleks Kampus STPMD "APMD" Yogyakarta, 23 - 25 Februari 2012
  • 5 Menjadi Fasilitator Sistem Informasi Desa (SID)
    Sistem Informasi Desa (SID) adalah platform pengelolaan sumber daya komunitas di tingkat desa. SID membuka peluang bagi komunitas desa untuk mampu mengelola sumber daya secara mandiri. Dengan dukungan teknologi informasi, SID dibangun sebagai sebuah sistem multimedia. Jika desa saya ingin memiliki SID, apa saja yang harus dilakukan? Siapa yang harus berperan untuk membangun dan mengelola SID di desa? Apa saja syarat teknis dan non-teknis yang harus disiapkan oleh desa? Dengan siapa kami harus bekerja sama? Bagaimana SID bisa dikelola dan dimanfaatkan untuk kepentingan desa?
  • 5 Budaya Bebas
    Buku "Budaya Bebas" yang ditulis oleh Lawrence Lessig ini untuk pertama kalinya diluncurkan ke publik Indonesia. Lawrence menguraikan bahwa di luar kenyataan tentang teknologi baru yang selalu mendorong lahirnya produk hukum baru, kini para pelaku monopoli media justru memanfaatkan ketakutan terhadap teknologi baru ini, terutama internet, untuk membatasi gerak gagasan di ranah publik.
  • 5 ICT for Difable
    Kebanyakan pengguna teknologi informasi makin dimanjakan dengan fasilitas yang kian canggih seiring dengan berkembangnya teknologi informasi. Namun bagi kaum difabel, perkembangan teknologi informasi belum bisa mereka nikmati dengan mudah karena keterbatasan yang mereka alami. Karena itu perlu dukungan serius kepada kaum difabel agar mereka bisa ikut merasakan manfaat teknologi informasi.
  • 5 Wikisaster Management: Pengalaman JALIN Merapi Mengelola Informasi Bencana
    Apa jadinya kalau bencana dikelola? Tentu saja akan memperkecil kerugian. Dengan mengelola bencana (alam atau buatan manusia), kerusakan fisik bisa ditekan. Kehilangan nyawa mampu diperkecil jumlahnya. Dan proses pemulihan bisa dilakukan lebih cepat dan tepat.
  • 5 Media Komunitas 160 Karakter
    Ada sebuah fasilitas di telpon genggam yang belum banyak dimanfaatkan secara optimal. Teknologi pesan layanan pendek (SMS), umumnya hanya digunakan untuk komunikasi individual. Padahal dengan sedikit inovasi, informasi dalam 160 karakter itu bisa dikelola dan dimanfaatkan sebagai platform multifungsi. Dipadukan dengan piranti lunak khusus, teknologi SMS bisa digunakan sebagai media informasi yang sederhana, mudah, cepat dan murah. Karakter teknologi tersebut sangat cocok untuk dikembangkan dan diterapkan oleh media komunitas.

Liputan Foto Terbaru


Tulisan Terbaru:

Jumat, 24 Februari 2012 | 12:11 WIB Azwar Anas

Jumat Cerdas Bareng JMR

Hari kedua Jagongan Media Rakyat (JMR )24/02 di STPMD "APMD" bertabur seminar, diskusi, loka karya, dialog, dan bedah buku. Mulai pukul 09.00 - 21.30 Wib, Anda bisa memilih berbagai lokarya atau diskusi yang diminati. Berikut agendanya
Kamis, 23 Februari 2012 | 18:17 WIB Nisrina Muthahari

Semakin Sore, Semakin Ramai!

Kamis 23/02, sore ini kampus STPMD "APMD" terlihat semarak, serangkaian kegiatan Jagongan Media Rakyat dimeriahkan dengan penampilan sejumlah band mahasiswa baik dari APMD, Amikom, maupun UNY. Semakin sore semakin banyak pengunjung yang datang, berbagai macam pengunjung menikmati jalannya acara sore ini. Ada yang asyik berkeliling stan, menikmati band yang tampil, maupun menikmati makanan di stan makanan.
Kamis, 23 Februari 2012 | 18:05 WIB Swadesta Aria

Ngobrol Enak di Stan Kuliner

"Dari gado-gado sampai soto sapi ada di sini. Kalau mau ngopi sambil nonton pentas seni juga bisa di sini. Pokoknya strategis," ujar Haryati, salah satu pengisi stan kuliner di acara Jagongan Media Rakyat (JMR) 2012, kamis (23/2). Hal senada juga diungkapkan oleh Asih. Perempuan yang sehari-harinya bekerja sebagai karyawan STPMD "APMD" ini juga menyatakan bahwa stan kuliner sangat strategis bagi pengujung yang ingin menikmati pentas seni di JMR.
Kamis, 23 Februari 2012 | 17:17 WIB Azwar Anas

Kita bukan Komoditi Media, tapi Pelaku!

Dalam serangkaian acara JMR 2012 terdapat seminar yang cukup menarik dan relevan untuk diikuti. Seminar soal, Peta Penguasaan Industri Media di Indonesia. Kenapa relevan? Karena berdasarkan penelitian dari Center for Innovation, Policy & Governance (CIPG) masyarakat Indonesia telah dikendalikan media. Artinya menjadi komoditi media. Dan masyarakat sama sekali tidak punya wewenang untuk berdiri sebagai pelaku.
Kamis, 23 Februari 2012 | 16:37 WIB Nisrina Muthahari

Orca untuk Tunanetra

Kamis 23/2 pukul 13.30 bertempat di ruang A8 gedung STPMD “APMD” digelar acara ICT untuk difable. Nanang Syaifudin dari Yayasan Air Putih mengungkapkan bahwa acara ini dirancang untuk mengenalkan aplikasi navigasi agar tunanetra mengenal teknologi informasi. “Tunanetra butuh bantuan navigasi, mereka butuh suara sehingga tidak ada batasan lagi semua bisa bekerja menggunakan komputer, “ ungkapnya.
Kamis, 23 Februari 2012 | 16:10 WIB Swadesta Aria

Lokakarya Inovasi Akar Rumput

Kamis, (23/02) pukul 13.00-15.00 wib di ruang A10 STPMD"APMD" Yogyakarta diselenggarakan lokakarya bertajuk "Inovasi Akar Rumput". Acara ini menghadirkan Yanuar Nugroho Ph.D, dosen University of Manchester sebagai narasumber dan dihadiri 25 peserta. 
Kamis, 23 Februari 2012 | 14:11 WIB Nisrina Muthahari

Seminar Nasional Membuka Rangkaian Jagongan Media Rakyat 2012

Seminar Nasional yang bertema “Basis Data Desa Sebagai Rujukan Rencana Pembangunan di Pedesaan” resmi menjadi acara pembuka Jagongan Media Rakyat 2012, di Ruang Seminar Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa "APMD", Kamis (23/2). Acara dibuka dengan sambutan dari Managing Director Combine Resource Institution (CRI) Ranggoaini Jahja selaku penyelenggara, dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Sekolah Tinggi Pemberdayaan Masyarakat Desa "APMD" Habib Muhsin.
Kamis, 23 Februari 2012 | 13:49 WIB Swadesta Aria

Topik Menarik, Pembicara Kurang Menarik

Salah satu peserta Seminar Nasional "Basis Data Desa Sebagai Rujukan Rencana Pembangunan di Pedesaan", Ir. Wahyudi Heru Santosa menyatakan kurang puas terhadap pembicara Seminar Nasional yang dilaksanakan di Ruang Seminar Sekolah Tinggi Pemberdayaan Masyarakat Desa "APMD", Kamis (29/2).
Kamis, 23 Februari 2012 | 13:24 WIB Swadesta Aria

Jagongan Media Rakyat 2012 Dimulai

Jagongan Media Rakyat (JMR) 2012 resmi dibuka hari ini, Kamis (23/02). Acara yang dipersembahkan COMBINE Resource Institution bersama Prodi Ilmu Komunikasi Sekolah Tinggi Pemberdayaan Masyarakat Desa "APMD", ICT Watch, @JogjaUpdate, Jogloabang, dan Rumah Blogger Indonesia (RBI) ini rencananya akan berlangsung hingga hari Sabtu (25/02) lusa.
Kamis, 23 Februari 2012 | 12:33 WIB Azwar Anas

Ada JARPUK di Stan JMR

JARPUK, Jaringan Perempuan Uaha Kecil di bawah naungan ASPUK, Asosiasi Perempuan Usaha Kecil memantapkan diri mendirikan stan di APMD turut meramaikan Jagongan Media Rakyat Kamis, JMR (23/02). Stan yang telah berisi beragam kerajinan dan bermacam jenis kue hasil olahan menandakan JARPUK telah dibuka dan siap melayani pengunjung stan.

Tentang Jagongan Media Rakyat

BERKUMPUL... BERBAGI... BERGERAK....

Sebuah gelaran kolaboratif antarkomunitas untuk memperkuat peran media sebagai medium ekspresi warga menuju Indonesia lebih baik.

 

Hari ini bermedia perlahan menjadi habit. Salah satu kegiatan bermedia yang kian massif ialah internet yang membuka ruang bagi masyarakat untuk mengekspresikan gagasannya. Apalagi kini teknologi telepon selular berbasis internet semakin gampang diakses di pelbagai pelosok daerah Indonesia. Bukan hal aneh lagi jika warga desa mulai ngeblog, ngetweet, dan facebook-an.
 

Untuk daerah yang tak terjangkau akses internet, baik secara kabel pun nirkabel, media seperti radio komunitas yang sudah lebih tumbuh di pelosok desa menjadi alternatif media yang lebih tenar. Sampai kini tersebar lebih dari 600 radio komunitas di seluruh Indonesia. komunitas pun berkembang begitu pesat dan ditandai dengan banyaknya lembaga film independen dan festival film. Keterlibatan warga ini telah melahirkan genre baru dalam media, yaitu jurnalisme warga.
 

selengkapnya

Agenda per hari
Februari 2012

Profil Partisipan

Harry Van Jogja

Harry Van Jogja
Harry Van Jogja

Kegiatan yg diampu:

Masuk Situs

Pendukung

  • UII Net PT Global Prima Utama
  • Pengelola Domain .ID

Media Partner

Media Partner: Kedaulatan Rakyat
Media Partner: Koran Tempo

Penyelenggara