Kompleks Kampus STPMD "APMD" Yogyakarta, 23 - 25 Februari 2012
  • 5 Kriminalisasi Pers Gaya Baru
    Nurhayati Kahar, biasa dipanggil Uni Yet merupakan seorang pewarta warga yang gigih. Dia telah lama mengembangkan pewartaan warga di Sumatra Barat dalam jaringan Suara Komunitas. Ia acapkali menulis dan mendokumentasikan peristiwa-peristiwa ketidakadilan di daeahnya, khususnya Padang Pariaman.
  • 5 Pengantar Jurnalisme Investigasi
    Jurnalisme investigasi itu sulit karena ia harus mengungkap sesuatu yang tersembunyi atau disembunyikan. Oleh karena itu, jurnalisme butuh kerja ekstra yaitu kompilasi antara pemakaian dokumen, informan, dan rekaman. Tidak hanya mengumpulkan, tapi menguak informasi dan data dari segala sumber apakah dapat dipercaya atau sekadar bohong.
  • 5 Membaca Tanda Alam lewat Burung
    Clive Walker, seorang petualang Inggris yang menghabiskan sebagian hidupnya di Bostwana, Afrika, dan berdekatan dengan hewan-hewan liar, percaya kalau mereka punya rasa yang amat tajam. Ia mengatakan, "Wildlife seem to be able to pick up certain phenomenon, especially birds ... there are many reports of birds detecting impending disasters (Satwa liar tampaknya mampu mengambil fenomena tertentu, terutama burung... ada banyak laporan yang mengatakan kalau burung mampu mendeteksi bencana yang akan datang)."
  • 5 Menjadi Fasilitator Sistem Informasi Desa (SID)
    Sistem Informasi Desa (SID) adalah platform pengelolaan sumber daya komunitas di tingkat desa. SID membuka peluang bagi komunitas desa untuk mampu mengelola sumber daya secara mandiri. Dengan dukungan teknologi informasi, SID dibangun sebagai sebuah sistem multimedia. Jika desa saya ingin memiliki SID, apa saja yang harus dilakukan? Siapa yang harus berperan untuk membangun dan mengelola SID di desa? Apa saja syarat teknis dan non-teknis yang harus disiapkan oleh desa? Dengan siapa kami harus bekerja sama? Bagaimana SID bisa dikelola dan dimanfaatkan untuk kepentingan desa?
  • 5 OpenBTS: Seperti Apa Benih Telekomunikasi Swadaya?
    OpenBTS adalah sebuah teknologi yang memungkinkan komunitas untuk mengembangkan penelitian hingga penyediaan sarana telekomunikasi GSM secara mandiri. OpenBTS dapat dirakit sendiri dan dioperasikan menggunakan teknologi open source. Apakah mau selamanya dijajah vendor? Tapi bagaimana mengoperasikannya? Ikutilah lokakarya ini.
Berita,
  Sabtu, 25 Februari 2012 | 17:55 WIB
oleh: Prima SW


Ramai-ramai Mencukil Kayu

Pembicara itu duduk tenang. Suaranya tak koar-koar, bicaranya halus. Beberap saat kemudian ia bicara sambil mengacung-acungkan sejenis pisau. Namun dia tak sedang mengancam. Orang itu adalah Windu, pembicara di demo “Cukil Kayu” dari komunitas Taring Padi, di hall STPMD "APMD" (25/2).

Cukil kayu adalah seni menggambar di permukaan kayu. Alat cukil kayu dijadikan sebagai "kuas". Bentuknya seperti pena, ujungnya logam berbentuk "U” atau “V” dengan lebar berbeda-beda. Windu memamerkan karya Cukil Kayu Taring Padi. Memang bagus-bagus. Makanya, setelah ia selesai bicara dan menyilakan peserta untuk praktik langsung, semua antusias.

Masing-masing memegang papan berukuran kira-kira 50 x 25 cm. Papan tersebut permukaannya hitam. Di atas papan, sketsa dibuat dengan pensil. Setelah selesai, dengan alat cukil, garis-garis gambar tersebut dicukil sampai membentuk gambar. Kalaupun ada sketsa yang salah, gambar masih bisa dikoreksi dengan penghapus.

Dua puluh menit setelah itu, sudah ada peserta yang rampung mencukil. Papan sudah siap dicetak Yunan, orang dari Taring Padi juga. Cat cetak offset dicurah ke atas papan kaca. Di atasnya, roller digerakkan di atas tinta sampai menempel. Roller lalu dipoles di atas papan cukil. Setelah cukup, papan baru ditempelkan di atas kertas poster atau pun kain, dibalik, dialasi koran di atasnya, lalu diinjak-injak. Kaki terus menekan sampai cat rasa-rasanya sudah menempel sempurna di kain atau kertas.

Salah satu peserta, Sareh, berasal dari Porong, Sidoarjo, Jawa Timur. Sebelumnya ia pernah melihat demo cukil kayu saat Taring Padi melakukan aksi di Porong, memeringati lima tahun Porong. Baru kali ini ia berkesempatan mencoba langsung. “Buat pengalaman. Sebelumnya aku juga nggak pernah mengambar,” ia berkata begitu sambil tertawa.


  • dibaca 4484x

Pendukung

  • UII Net PT Global Prima Utama
  • Pengelola Domain .ID

Media Partner

Media Partner: Kedaulatan Rakyat
Media Partner: Koran Tempo

Penyelenggara