Kompleks Kampus STPMD "APMD" Yogyakarta, 23 - 25 Februari 2012
  • 5 Wikisaster Management: Pengalaman JALIN Merapi Mengelola Informasi Bencana
    Apa jadinya kalau bencana dikelola? Tentu saja akan memperkecil kerugian. Dengan mengelola bencana (alam atau buatan manusia), kerusakan fisik bisa ditekan. Kehilangan nyawa mampu diperkecil jumlahnya. Dan proses pemulihan bisa dilakukan lebih cepat dan tepat.
  • 5 ICT for Woman: Memberdayakan atau Memperdaya?
    Sudah mulai banyak program sosialisasi untuk mengenalkan perempuan kepada information & communication technology (ICT). Tetapi sedikit yang ternyata memberikan manfaat apapun kepada perempuan. Kebutuhan perempuan bisa jadi memang unik.
  • 5 Online Media Research: Konten Laris Manis, Bagaimana?
    Membuat konten di media online ataupun media sosial tidaklah sulit. Tetapi tidak semua konten akan dapat menarik minat pembaca/pengakses. Perlu ada pemahaman tentang apa yang dibutuhkan dan/atau diminati pembaca dan bagaimana memenuhinya.
  • 5 Cipta Media Bersama
    Pada 7 November lalu, 20 ide besar dari dua puluh kelompok diumumkan sebagai penerima hibah Cipta Media Bersama. Program hibah terbuka ini menyokong dana sebesar 1 juta dollar AS bagi mereka untuk melaksanakan proyek yang merangsang gerakan publik dalam empat bidang: meretas batas-kebhiknekaan bermedia, keadilan dan kesetaraan akses terhadap media, kebebasan dan etika bermedia, dan pemantauan media.
  • 5 Inovasi Akar Rumput
    "Bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat". Pasal yang termaktub dalam dokumen negara ini menjadi kontradiktif jika melihat kenyataan bahwa kini sektor-sektor strategis seperti air, pangan, energi, dan teknologi informasi-komunikasi telah menjadi komoditas yang hanya dikuasai segelintir orang.
Berita,
  Sabtu, 25 Februari 2012 | 14:58 WIB


Siapapun Bisa Memiliki Blog

Arif Widarto, pengelola blog kombor.com dan arifwidarto.net mengatakan bahwa blog bisa dibuat oleh semua masyarakat. “Blog bisa dimiliki siapa saja. Bukan cuma orang-orang kelas menengah atau menengah ke atas saja yang bisa bikin blog. Seluruh masyarakat, khususnya masyarakat di pedesaan bisa memiliki blog,” ujarnya.

Pria yang akrab dipanggil Kombor dan sering memakai blangkon ini juga menyatakan bahwa dalam membuat blog, masyarakat memang harus melek teknologi. “Memang sih syarat ngeblog itu harus melek teknologi, oleh karena itu pemerintah bisa aktif memberikan penyuluhan atau pengajaran pada masyarakat desa di pedalaman agar dapat membuat blog. Supaya Indonesia lebih kaya konten,” harapnya.

Sejalan dengan Kombor, Muhammad Rifky, yang akrab dipanggil mas Toni juga berpendapat bahwa semua orang bisa memiliki blog. “Peluang untuk mengenalkan blog kepada masyarakat desa sangat besar. Yang penting pemerintah aktif dalam memberikan fasilitas yang menunjang masyarakat agar melek teknologi,“

Ditemui sehabis Lokakarya “Ngeblog Dari A-Z” kedua narasumber tersebut memberikan contoh beberapa instrumen yang bisa digunakan pemerintah. “Dalam memberikan pelayanan, pemerintah bisa make Program Pelayanan Informasi Kecamatan (PLIK) atau program-program yang sejenis. Jadi peluang agar masyarakat desa memiliki blog sangat besar,” kata Kombor.

Mengamini Kombor, mas Toni mengatakan bahwa pemerintah bisa memberikan program-program yang bisa dimanfaatkan masyarakat desa. “Pemberian domain gratis bisa jadi salah satu jalan. Juga harus ada orang-orang yang berinteraksi langsung pada masyarakat desa menyoal blog. Dan jangan lupa, selain pemerintah, komunitas-komunitas lain juga harus aktif menggalakkan program tersebut.


  • dibaca 1906x

Pendukung

  • UII Net PT Global Prima Utama
  • Pengelola Domain .ID

Media Partner

Media Partner: Kedaulatan Rakyat
Media Partner: Koran Tempo

Penyelenggara