Kompleks Kampus STPMD "APMD" Yogyakarta, 23 - 25 Februari 2012
  • 5 "Komunikasi Bencana"
    Indonesia merupakan negara yang menghadapi ancaman bencana cukup besar. Dalam penanggulangan bencana, komunikasi menjadi salah satu faktor penting yang akan mempengaruhi kemampuan mengantisipasi dan merespon ancaman bencana. Bagaimana ilmu komunikasi memberi sumbangan terhadap penanggulangan bencana, merupakan salah satu pertanyaan yang akan dijawab dalam bedah buku "Komunikasi Bencana" ini.
  • 5 Kriminalisasi Pers Gaya Baru
    Nurhayati Kahar, biasa dipanggil Uni Yet merupakan seorang pewarta warga yang gigih. Dia telah lama mengembangkan pewartaan warga di Sumatra Barat dalam jaringan Suara Komunitas. Ia acapkali menulis dan mendokumentasikan peristiwa-peristiwa ketidakadilan di daeahnya, khususnya Padang Pariaman.
  • 5 E-Becak & Blontea: Meraup Rejeki Nyata Lewat Dunia Maya
    Harry adalah tukang becak. Tapi Harry juga pengguna sosial media aktif macam Facebook dan Twitter. Oleh karena kegemarannya dengan online, ia berhasil menjaring pelanggan tetap terutama Belanda, bila mereka sedang berkunjung ke Jogja.
  • 5 "Ekspedisi Zamrud Khatulistiwa"
    Dua wartawan, satu senior, satu junior, berkeliling ke seantero Indonesia untuk mendokumentasikan kehidupan di 100 pulau dalam 40 gugus kepulauan hanya dengan dua motor Honda Win yang dimodifikasi jadi trail. Butuh waktu selama 8 bulan untuk menuntaskan perjalanan panjang itu (Mei-Desember 2009).
  • 5 Ngeblog dari A-Z
    Weblog (biasa disingkat blog) tumbuh bak jamur di musim hujan. Banyak blogger yang mengelola dengan asal-asalan. Namun tak sedikit blog yang dikelola dengan serius sehingga tak hanya menhasilkan muatan yang bermanfaat namun juga bisa menjadi pendulang uang bagi pemiliknya. Bagaimana mengelola blog dengan baik? Bagaimana agar blog tak hanya bermanfaat bagi pengunjung, namun juga memberi kontribusi penting dalam membangun reputasi dan financial bagi pemiliknya? Lokakarya ini akan mengupas tuntas dunia blogging.
Berita,
  Sabtu, 25 Februari 2012 | 14:58 WIB


Siapapun Bisa Memiliki Blog

Arif Widarto, pengelola blog kombor.com dan arifwidarto.net mengatakan bahwa blog bisa dibuat oleh semua masyarakat. “Blog bisa dimiliki siapa saja. Bukan cuma orang-orang kelas menengah atau menengah ke atas saja yang bisa bikin blog. Seluruh masyarakat, khususnya masyarakat di pedesaan bisa memiliki blog,” ujarnya.

Pria yang akrab dipanggil Kombor dan sering memakai blangkon ini juga menyatakan bahwa dalam membuat blog, masyarakat memang harus melek teknologi. “Memang sih syarat ngeblog itu harus melek teknologi, oleh karena itu pemerintah bisa aktif memberikan penyuluhan atau pengajaran pada masyarakat desa di pedalaman agar dapat membuat blog. Supaya Indonesia lebih kaya konten,” harapnya.

Sejalan dengan Kombor, Muhammad Rifky, yang akrab dipanggil mas Toni juga berpendapat bahwa semua orang bisa memiliki blog. “Peluang untuk mengenalkan blog kepada masyarakat desa sangat besar. Yang penting pemerintah aktif dalam memberikan fasilitas yang menunjang masyarakat agar melek teknologi,“

Ditemui sehabis Lokakarya “Ngeblog Dari A-Z” kedua narasumber tersebut memberikan contoh beberapa instrumen yang bisa digunakan pemerintah. “Dalam memberikan pelayanan, pemerintah bisa make Program Pelayanan Informasi Kecamatan (PLIK) atau program-program yang sejenis. Jadi peluang agar masyarakat desa memiliki blog sangat besar,” kata Kombor.

Mengamini Kombor, mas Toni mengatakan bahwa pemerintah bisa memberikan program-program yang bisa dimanfaatkan masyarakat desa. “Pemberian domain gratis bisa jadi salah satu jalan. Juga harus ada orang-orang yang berinteraksi langsung pada masyarakat desa menyoal blog. Dan jangan lupa, selain pemerintah, komunitas-komunitas lain juga harus aktif menggalakkan program tersebut.


  • dibaca 2088x

Pendukung

  • UII Net PT Global Prima Utama
  • Pengelola Domain .ID

Media Partner

Media Partner: Kedaulatan Rakyat
Media Partner: Koran Tempo

Penyelenggara