Kompleks Kampus STPMD "APMD" Yogyakarta, 23 - 25 Februari 2012
Berita,
  Sabtu, 25 Februari 2012 | 13:31 WIB


Taman Bacaan Masyarakat Harus Menyenangkan

Bertempat di Ruang Seminar STPMD "APMD", Sabtu (25/2) Ketua Forum Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Nasional Gol A Gong berbagi cerita mengenai pengalamannya mengurus "Rumah Dunia". Gol A Gong tidak ingin menyebut dirinya sebagai pengelola tapi pemilik "Rumah Dunia". Ia menilai bahwa TBM bukanlah bengkel mobil, lembaga kursus, ataupun rental CD.

“Taman Bacaan Masyarakat itu di dalamnya ada banyak buku, masyarakat harus mendatanginya dan kita sebagai pengelola harus punya kapasitas dengan tahu buku,“ ujarnya.

Gol A Gong tidak ingin menjadikan taman bacaan seperti perpustakaan milik pemerintah pada umumnya, yang harus rapi dan terkatalogisasi dengan benar.

“Taman Bacaan Mandiri itu tempat untuk bersenang-senang, jangan sampai katalogisasi dijadikan sebagai sebuah keharusan dan tujuan utama," ujarnya.

Sementara itu, pada forum yang dipadati oleh 200-an peserta ini juga hadir Muhsin Kalida, Ketua Forum TBM Yogyakarta yang mendampingi Gol A Gong sebagai pembicara. Muhsin membagi penglamananya bagaimana teknis pendirian TBM dan pengelolaannya.

Purwono salah satu peserta seminar mengungkapkan pendapatnya bahwa selama ini yang terpikirkan tentang perpustakaan adalah model perpustakaan struktural, sehingga yang nggak sekolah kadang tidak mempunyai hak untuk belajar di sana.

"Dengan Taman Bacaan Masyarakat, menguntungkan saudara kita yang tidak bersekolah agar bisa membaca," katanya.


  • dibaca 1772x

Pendukung

  • UII Net PT Global Prima Utama
  • Pengelola Domain .ID

Media Partner

Media Partner: Kedaulatan Rakyat
Media Partner: Koran Tempo

Penyelenggara