Kompleks Kampus STPMD "APMD" Yogyakarta, 23 - 25 Februari 2012
  • 5 "Linimas(s)a"
    Film "Linimas(s)a" menggambarkan kekuatan gerakan sosial offline maupun online yang saling beresonansi, bersinergi dan menguatkan secara signifikan. Diceritakan pula bagaimana pemanfaatan Internet dan media sosial oleh orang biasa untuk melakukan hal yang luar biasa!
  • 5 Pengantar Jurnalisme Investigasi
    Jurnalisme investigasi itu sulit karena ia harus mengungkap sesuatu yang tersembunyi atau disembunyikan. Oleh karena itu, jurnalisme butuh kerja ekstra yaitu kompilasi antara pemakaian dokumen, informan, dan rekaman. Tidak hanya mengumpulkan, tapi menguak informasi dan data dari segala sumber apakah dapat dipercaya atau sekadar bohong.
  • 5 Inovasi Akar Rumput
    "Bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat". Pasal yang termaktub dalam dokumen negara ini menjadi kontradiktif jika melihat kenyataan bahwa kini sektor-sektor strategis seperti air, pangan, energi, dan teknologi informasi-komunikasi telah menjadi komoditas yang hanya dikuasai segelintir orang.
  • 5 Pewarta warga
    Pewarta warga (citizen journalism) menjadi sangat populer seiring makin banyaknya media yang dikelola oleh suatu komunitas maupun individu. Keberadaan pewarta warga diyakini mampu menjadi penyeimbang atas kecenderungan media arus utama yang bersifat terpusat dan hegemonik. Sayangnya, belum banyak referensi yang bersifat panduan (how to) bagi pewarta warga untuk menjalankan aktivitasnya.
  • 5 Mengembangkan Aplikasi Android
    Aplikasi Android yang dikelola Google -teknologi berbasis open source- saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dengan jumlah pengguna yang kian besar, aplikasi Android memiliki prospek yang menjanjikan bagi pengembang. Selain itu, dengan makin banyaknya pengembang lokal, maka konten lokal yang berasal dari Indonesia -bahkan daerah- akan makin berkembang dan dikenal di dunia. Lalu bagaimana mengembangkan aplikasi ini? Lokakarya ini akan mengupasnya.
Berita,
  Sabtu, 25 Februari 2012 | 12:53 WIB


Ngeblog Itu Suka-suka

Membuat blog itu sangat mudah. Tinggal membuat email dan mendaftar situs blogspot.com atau wordpress saja. Membuat konten blog, tata letak, sampai hal teknis lainnya juga tergantung selera. Demikian pendapat Arif Widarto, narasumber Lokakarya "Ngebog Dari A-Z" Sabtu (25/2) dalam gelaran Jagongan Media Rakyat (JMR) 2012.

Dalam lokakarya ini ia juga mengajarkan kepada peserta bagaimana membuat blog melalui blogspot dan konten yang mendukung blog melalui video. Hal ini juga dilakukan oleh narasumber kedua, Muhammad Rifky Sutony, pengelola blog Mas.Tony.com. Pria yang akrab dipanggil Tony ini juga memberikan tips membuat blog. Berbeda dengan Arif, ia memberikan tips melalui wordpress.

"Kalau mau dapat duit dari blog, pakailah blogspot. Mudah diakses, gratis, dan bisa langsung nyambung dari gmail," saran Arif dalam lokakarya yang digelar di ruang A8 STPMD "APMD" ini. Tony juga tidak mau kalah. Menurutnya, ngeblog di Wordpress juga bisa menghasilkan uang. " Wordpress juga bisa menhasilkan uang. Asal mau belajar lebih saja."

Lokakarya ini diikuti lebih dari 20 peserta yang umumnya sudah tergabung dalam beberapa komunitas blog. Salah satu peserta asal Bekasi, Yuli, yang tergabung dalam blogerbekasi.com mengharapkan bahwa dengan adanya lokakarya ini, akan semakin banyak masyarakat yang membuat blog. "Gak perlu ngasilin duit dulu, yang penting bakal tambah banyak orang yang ngeblog. Tapi mesti diingat, dalam dunia blog ada beberapa etika yang harus diikutin," ujarnya.

Menutup dialog, Arif, yang akarab dipanggil Kombor ini menghimbau peserta agar mengikuti Lokakarya lanjutan yang rencananya akan dilangsungkan pada pukul 13.00 WIB. "Jangan kemana-mana. Diskusi soal blog ini masih panjang," himbaunya.Rencananya, lokakarya ini akan dilanjutkan pada pukul 13.00 WIB yang berfokus pada tips dan trik menghasilkan uang lewat blog.


  • dibaca 969x

Pendukung

  • UII Net PT Global Prima Utama
  • Pengelola Domain .ID

Media Partner

Media Partner: Kedaulatan Rakyat
Media Partner: Koran Tempo

Penyelenggara