Kompleks Kampus STPMD "APMD" Yogyakarta, 23 - 25 Februari 2012
Berita,
  Sabtu, 25 Februari 2012 | 12:53 WIB


Ngeblog Itu Suka-suka

Membuat blog itu sangat mudah. Tinggal membuat email dan mendaftar situs blogspot.com atau wordpress saja. Membuat konten blog, tata letak, sampai hal teknis lainnya juga tergantung selera. Demikian pendapat Arif Widarto, narasumber Lokakarya "Ngebog Dari A-Z" Sabtu (25/2) dalam gelaran Jagongan Media Rakyat (JMR) 2012.

Dalam lokakarya ini ia juga mengajarkan kepada peserta bagaimana membuat blog melalui blogspot dan konten yang mendukung blog melalui video. Hal ini juga dilakukan oleh narasumber kedua, Muhammad Rifky Sutony, pengelola blog Mas.Tony.com. Pria yang akrab dipanggil Tony ini juga memberikan tips membuat blog. Berbeda dengan Arif, ia memberikan tips melalui wordpress.

"Kalau mau dapat duit dari blog, pakailah blogspot. Mudah diakses, gratis, dan bisa langsung nyambung dari gmail," saran Arif dalam lokakarya yang digelar di ruang A8 STPMD "APMD" ini. Tony juga tidak mau kalah. Menurutnya, ngeblog di Wordpress juga bisa menghasilkan uang. " Wordpress juga bisa menhasilkan uang. Asal mau belajar lebih saja."

Lokakarya ini diikuti lebih dari 20 peserta yang umumnya sudah tergabung dalam beberapa komunitas blog. Salah satu peserta asal Bekasi, Yuli, yang tergabung dalam blogerbekasi.com mengharapkan bahwa dengan adanya lokakarya ini, akan semakin banyak masyarakat yang membuat blog. "Gak perlu ngasilin duit dulu, yang penting bakal tambah banyak orang yang ngeblog. Tapi mesti diingat, dalam dunia blog ada beberapa etika yang harus diikutin," ujarnya.

Menutup dialog, Arif, yang akarab dipanggil Kombor ini menghimbau peserta agar mengikuti Lokakarya lanjutan yang rencananya akan dilangsungkan pada pukul 13.00 WIB. "Jangan kemana-mana. Diskusi soal blog ini masih panjang," himbaunya.Rencananya, lokakarya ini akan dilanjutkan pada pukul 13.00 WIB yang berfokus pada tips dan trik menghasilkan uang lewat blog.


  • dibaca 855x

Pendukung

  • UII Net PT Global Prima Utama
  • Pengelola Domain .ID

Media Partner

Media Partner: Kedaulatan Rakyat
Media Partner: Koran Tempo

Penyelenggara