Kompleks Kampus STPMD "APMD" Yogyakarta, 23 - 25 Februari 2012
  • 5 Ngeblog dari A-Z
    Weblog (biasa disingkat blog) tumbuh bak jamur di musim hujan. Banyak blogger yang mengelola dengan asal-asalan. Namun tak sedikit blog yang dikelola dengan serius sehingga tak hanya menhasilkan muatan yang bermanfaat namun juga bisa menjadi pendulang uang bagi pemiliknya. Bagaimana mengelola blog dengan baik? Bagaimana agar blog tak hanya bermanfaat bagi pengunjung, namun juga memberi kontribusi penting dalam membangun reputasi dan financial bagi pemiliknya? Lokakarya ini akan mengupas tuntas dunia blogging.
  • 5 Mengawal Revisi Undang-Undang Penyiaran
    Sampai kini, masih berlangsung proses perubahan Undang-Undang No 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran. Ada banyak poin yang merugikan penyiaran komunitas. Banyak perubahan yang justur menguntungkan penyiaran swasta atau pengusaha. Poin-poin mana saja yang merugikan penyiaran komunitas? Dan bagaimana langkah selanjutnya yang akan ditempuh oleh media komunitas? Dialog ini akan merancangnya.
  • 5 Mengembangkan Aplikasi Android
    Aplikasi Android yang dikelola Google -teknologi berbasis open source- saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dengan jumlah pengguna yang kian besar, aplikasi Android memiliki prospek yang menjanjikan bagi pengembang. Selain itu, dengan makin banyaknya pengembang lokal, maka konten lokal yang berasal dari Indonesia -bahkan daerah- akan makin berkembang dan dikenal di dunia. Lalu bagaimana mengembangkan aplikasi ini? Lokakarya ini akan mengupasnya.
  • 5 Media Komunitas 160 Karakter
    Ada sebuah fasilitas di telpon genggam yang belum banyak dimanfaatkan secara optimal. Teknologi pesan layanan pendek (SMS), umumnya hanya digunakan untuk komunikasi individual. Padahal dengan sedikit inovasi, informasi dalam 160 karakter itu bisa dikelola dan dimanfaatkan sebagai platform multifungsi. Dipadukan dengan piranti lunak khusus, teknologi SMS bisa digunakan sebagai media informasi yang sederhana, mudah, cepat dan murah. Karakter teknologi tersebut sangat cocok untuk dikembangkan dan diterapkan oleh media komunitas.
  • 5 Online Media Research: Konten Laris Manis, Bagaimana?
    Membuat konten di media online ataupun media sosial tidaklah sulit. Tetapi tidak semua konten akan dapat menarik minat pembaca/pengakses. Perlu ada pemahaman tentang apa yang dibutuhkan dan/atau diminati pembaca dan bagaimana memenuhinya.
Berita,
  Jumat, 24 Februari 2012 | 22:51 WIB


Keliling Indonesia dalam 40 Menit!

Farid Gaban dan Ahmad Yunus bercerita tentang petualangannya mengelilingi Indonesia, perjalanan itu terekam dalam 40 menit film dokumenter. Mereka merekam seluruh perjalanan ke 80 pulau, hingga menghasilkan 10.000 frame foto dan 70 jam video.

Secara langsung Farid Gaban datang dalam acara diskusi film Ekspedisi Zamrud Khatulistiwa, Jumat malam (24/2) di Laboratorium Komunikasi Sekolah Tinggi Pemberdayaan Masyarakat Desa "APMD", dalam rangkaian Jagongan Media Rakyat (JMR) 2012.

Farid dicecar dengan berbagai pertanyaan seputar perjalanannya, salah satu diantaranya mengenai apa tujuan Farid dan Yunus melakukan Ekspedisi. “Melihat Indonesia dari sudut pandang yang berbeda karena setiap daerah mempunyai keunikan dibanding daerah lainnya,” ujar Farid.

Perjalanan itu tidak hanya memotret segala hal-hal indah saja, tapi juga melihat realitas sebenarnya. Farid berpendapat bahwa kebijakan publik seringkali tidak sesuai, karena kebanyakan masyarakat terlalu menyamaratakan kondisi Jawa dengan kondisi di luar Jawa, padahal jauh sekali perbedaannya.

Riset perjalanan Ekspedisi Zamrud Khatulistiwa dilakukan kurang lebih selama dua bulan, menentukan lokasi tujuan, cara mencapai, dan segala hal dipetakan lebih dahulu di awal. Meski tidak dapat dipungkiri lagi apa yang telah dipetakan kurang sesuai dengan apa yang di lapangan.

Farid menggambarkan bahwa kendala-kendala dapat diminimalisir dengan baik karena ada riset dan pemetaan sebelumnya. Hampir keseluruhan perjalan yang dilakukan bertema laut.

“Masa depan Indonesia berada di laut bukan di daratan,” ucap Farid menanggapi beberapa penanya.

Apa yang hendak dicapai?

Mengajak banyak teman untuk mengeksplorasi Indonesia dan menuliskannya di blog, web, ataupun facebook. Itulah misi utama Farid Gaban dan Ahmad Yunus. 


  • dibaca 1369x

Pendukung

  • UII Net PT Global Prima Utama
  • Pengelola Domain .ID

Media Partner

Media Partner: Kedaulatan Rakyat
Media Partner: Koran Tempo

Penyelenggara