Kompleks Kampus STPMD "APMD" Yogyakarta, 23 - 25 Februari 2012
Berita,
  Jumat, 24 Februari 2012 | 22:51 WIB


Keliling Indonesia dalam 40 Menit!

Farid Gaban dan Ahmad Yunus bercerita tentang petualangannya mengelilingi Indonesia, perjalanan itu terekam dalam 40 menit film dokumenter. Mereka merekam seluruh perjalanan ke 80 pulau, hingga menghasilkan 10.000 frame foto dan 70 jam video.

Secara langsung Farid Gaban datang dalam acara diskusi film Ekspedisi Zamrud Khatulistiwa, Jumat malam (24/2) di Laboratorium Komunikasi Sekolah Tinggi Pemberdayaan Masyarakat Desa "APMD", dalam rangkaian Jagongan Media Rakyat (JMR) 2012.

Farid dicecar dengan berbagai pertanyaan seputar perjalanannya, salah satu diantaranya mengenai apa tujuan Farid dan Yunus melakukan Ekspedisi. “Melihat Indonesia dari sudut pandang yang berbeda karena setiap daerah mempunyai keunikan dibanding daerah lainnya,” ujar Farid.

Perjalanan itu tidak hanya memotret segala hal-hal indah saja, tapi juga melihat realitas sebenarnya. Farid berpendapat bahwa kebijakan publik seringkali tidak sesuai, karena kebanyakan masyarakat terlalu menyamaratakan kondisi Jawa dengan kondisi di luar Jawa, padahal jauh sekali perbedaannya.

Riset perjalanan Ekspedisi Zamrud Khatulistiwa dilakukan kurang lebih selama dua bulan, menentukan lokasi tujuan, cara mencapai, dan segala hal dipetakan lebih dahulu di awal. Meski tidak dapat dipungkiri lagi apa yang telah dipetakan kurang sesuai dengan apa yang di lapangan.

Farid menggambarkan bahwa kendala-kendala dapat diminimalisir dengan baik karena ada riset dan pemetaan sebelumnya. Hampir keseluruhan perjalan yang dilakukan bertema laut.

“Masa depan Indonesia berada di laut bukan di daratan,” ucap Farid menanggapi beberapa penanya.

Apa yang hendak dicapai?

Mengajak banyak teman untuk mengeksplorasi Indonesia dan menuliskannya di blog, web, ataupun facebook. Itulah misi utama Farid Gaban dan Ahmad Yunus. 


  • dibaca 1173x

Pendukung

  • UII Net PT Global Prima Utama
  • Pengelola Domain .ID

Media Partner

Media Partner: Kedaulatan Rakyat
Media Partner: Koran Tempo

Penyelenggara