Kompleks Kampus STPMD "APMD" Yogyakarta, 23 - 25 Februari 2012
  • 5 Menangkal Dampak Negatif Internet terhadap Anak dan Murid
    Internet adalah gudangnya informasi dan pengetahuan. Namun tanpa arahan yang jelas, anak atau murid kita bisa terjerumus ke hal yang dapat merugikan dirinya lantaran Internet. Untuk itu perlu ada strategi untuk mengenalkan Internet sejak dini di tengah keluarga.
  • 5 "Komunikasi Bencana"
    Indonesia merupakan negara yang menghadapi ancaman bencana cukup besar. Dalam penanggulangan bencana, komunikasi menjadi salah satu faktor penting yang akan mempengaruhi kemampuan mengantisipasi dan merespon ancaman bencana. Bagaimana ilmu komunikasi memberi sumbangan terhadap penanggulangan bencana, merupakan salah satu pertanyaan yang akan dijawab dalam bedah buku "Komunikasi Bencana" ini.
  • 5 "Linimas(s)a"
    Film "Linimas(s)a" menggambarkan kekuatan gerakan sosial offline maupun online yang saling beresonansi, bersinergi dan menguatkan secara signifikan. Diceritakan pula bagaimana pemanfaatan Internet dan media sosial oleh orang biasa untuk melakukan hal yang luar biasa!
  • 5 Ngeblog dari A-Z
    Weblog (biasa disingkat blog) tumbuh bak jamur di musim hujan. Banyak blogger yang mengelola dengan asal-asalan. Namun tak sedikit blog yang dikelola dengan serius sehingga tak hanya menhasilkan muatan yang bermanfaat namun juga bisa menjadi pendulang uang bagi pemiliknya. Bagaimana mengelola blog dengan baik? Bagaimana agar blog tak hanya bermanfaat bagi pengunjung, namun juga memberi kontribusi penting dalam membangun reputasi dan financial bagi pemiliknya? Lokakarya ini akan mengupas tuntas dunia blogging.
  • 5 Suara Komunitas: Gerakan Pewartaan untuk Perubahan Sosial
    Di tengah lilitan kepentingan modal dalam ranah media, maka pada akhirnya rakyat sendiri turun tangan untuk memroduksi informasi yang sesuai untuk warganya. Dalam konteks inilah portal Suara Komunitas (www.suarakomunitas.net) lahir sebagai media pertukaran informasi dan pengetahuan antar media komunitas di Indonesia.
Berita,
  Jumat, 24 Februari 2012 | 22:44 WIB


Pekerjaan Mudah Sekaligus Ruwet

Dalam Lokakarya bertajuk "Mengelola Informasi Publik Dengan Twitter" Jumat malam (24/2), Pakdhe Senggol membuka diskusi dengan sedikit bercerita mengenai akun @JogjaUpdate yang dikelolanya. AKun ini dibuatnya tanggal 31 Maret 2010. Hingga saat ini, akun twitter ini telah mendapat follower 100.000 lebih pengguna Twitter. "Awalnya saya cuma iseng aja bikin akun. Saya tidak berfikir atau merencanakan akan menjadi seperti ini. Banyak follower dan dijadikan sumber informasi publik," ujarnya.

Menjadi salah satu sumber informasi publik, menurut Pakdhe menuntutnya untuk dapat mengelola @JogjaUpdate dengan serius. Dalam lokakarya ini, ia memberikan pandangan bahwa mengelola akun seperti yang ia miliki adalah pekerjaan mudah sekaligus ruwet. "Mudah, ya karena saya hanya tinggal memantau dan mencari info dari timeline saya sendiri. Ruwet karena dalam melakukan manajemen akun terlihat sulit. Saya memerlukan banyak software yang bisa mendukung pekerjaan ini," ungkapnya.

Ia juga memberikan trik bagaimana cara mengelola sumber informasi via twitter, "Tipsnya gampang. Jadilah peternak email. Kita bisa membuat banyak akun dengan satu email. Caranya gampang, hanya menambahkan titik di depan atau di belakang huruf email. Dengan mempunyai akun yang banyak akan memudahkan kita dalam melakukan pemantauan. Dan jangan lupa untuk memisahkan pemberian informasi yang bersifat gratis atau berbayar," kata Pakdhe yang ditemui di akhir acara.

Lokakarya ini hanya diikuti oleh dua orang peserta. Meski demikian, Aji, salah satu peserta menyatakan bahwa ia cukup bersyukur bahwa pesertanya sedikit. "Biar ilmu dan informasi yang diberikan Pakdhe tidak banyak orang yang tau," ujarnya. Acara ini dimulai pukul 20.00 Wib dan berakhir pukul 21.30 Wib di lab. Komputer STPMD "APMD". Sebelum berakhir, Pakdhe mengungkapkan alasannya  memilih twitter sebagai media penyebar informasi ketimbang media lainnya. "Twitter lebih cepat, lebih banyak dilihat orang." tutupnya.

 


  • dibaca 1213x

Pendukung

  • UII Net PT Global Prima Utama
  • Pengelola Domain .ID

Media Partner

Media Partner: Kedaulatan Rakyat
Media Partner: Koran Tempo

Penyelenggara