Kompleks Kampus STPMD "APMD" Yogyakarta, 23 - 25 Februari 2012
Berita,
  Jumat, 24 Februari 2012 | 21:45 WIB


Ketika TIK Masuk Desa

Yana Noviadi sedang presentasi di depan peserta lokakarya Yana Noviadi, Kepala Desa Mandalamekar, Tasikmalaya dan Budi Prasetyo, Kepala Desa Melung, Banyumas curhat mengenai keberhasilan desanya menerapkan Sisitem Informasi Desa (SID). Mereka secara langsung datang ke Jagongan Media Rakyat 2012, Jumat sore (24/2) untuk memaparkan tentang pengembangan Sistem Informasi Desa (SID) di masing-masing desa mereka.

"Dengan SID kami sekaligus melakukan Undang-Undang No.14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik. Masyarakat desa bisa melihat secara langsung tentang informasi-informasi yang ada di desanya,” ujar Yana Noviadi.

Selain memberikan kemudahan dalam mengakses informasi, SID juga mempunyai manfaat lain, seperti mempermudah pengamanan data juga ajang promosi desa.

“Sebenarnya hanya dibutuhkan empat komponen untuk membangun Sistem Informasi Desa (SID). Ada hardware, software, humanware, dan yang paling penting adalah komitmen dari semua pihak, ”ujar Haryana moderator dari COMBINE Resource Institution (CRI).

Banyak diskusi selama lokakarya berlangsung, salah satunya tentang kaderisasi SID kepada penerus perangkat desa selanjutnya agar apa yag telah dibangun kini tidak sia-sia di kemudian hari.


  • dibaca 1272x

Pendukung

  • UII Net PT Global Prima Utama
  • Pengelola Domain .ID

Media Partner

Media Partner: Kedaulatan Rakyat
Media Partner: Koran Tempo

Penyelenggara