Kompleks Kampus STPMD "APMD" Yogyakarta, 23 - 25 Februari 2012
  • 5 Bangun Desa dengan Data
    Sebenarnya, berbagai indikator dasar dan penentu definisi kemiskinan dengan mudah dapat diketahui tanpa survei sosial dan tabel-tabel statistik. Seorang disebut miskin jika ia tidak mampu makan dua kali sehari (2100 kalori/hari), tidak memiliki akses terhadap sandang dan papan, serta tidak mampu mengupayakan layanan kesehatan bagi keluarga mereka.
  • 5 Konsolidasi Buruh Migran di Dunia Maya
    Di sini peserta akan berdialog dan berbagi pengalaman pemanfaatan TIK untuk memantau migrasi tenaga kerja Indonesia di sejumlah negara. Dari persiapan migrasi, saat migrasi, dan sesudah migrasi. Pusat Sumber Daya Buruh Migran akan berbagi tentang pengalamannya mendampingi para buruh migran untuk saling berkonsolidasi melakukan advokasi kasus, menyelamatkan kawan, dan memengaruhi kebijakan pemerintah di sektor buruh migran.
  • 5 Inovasi Akar Rumput
    "Bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat". Pasal yang termaktub dalam dokumen negara ini menjadi kontradiktif jika melihat kenyataan bahwa kini sektor-sektor strategis seperti air, pangan, energi, dan teknologi informasi-komunikasi telah menjadi komoditas yang hanya dikuasai segelintir orang.
  • 5 Online Media Research: Konten Laris Manis, Bagaimana?
    Membuat konten di media online ataupun media sosial tidaklah sulit. Tetapi tidak semua konten akan dapat menarik minat pembaca/pengakses. Perlu ada pemahaman tentang apa yang dibutuhkan dan/atau diminati pembaca dan bagaimana memenuhinya.
  • 5 Wikisaster Management: Pengalaman JALIN Merapi Mengelola Informasi Bencana
    Apa jadinya kalau bencana dikelola? Tentu saja akan memperkecil kerugian. Dengan mengelola bencana (alam atau buatan manusia), kerusakan fisik bisa ditekan. Kehilangan nyawa mampu diperkecil jumlahnya. Dan proses pemulihan bisa dilakukan lebih cepat dan tepat.
Berita,
  Jumat, 24 Februari 2012 | 21:45 WIB


Ketika TIK Masuk Desa

Yana Noviadi sedang presentasi di depan peserta lokakarya Yana Noviadi, Kepala Desa Mandalamekar, Tasikmalaya dan Budi Prasetyo, Kepala Desa Melung, Banyumas curhat mengenai keberhasilan desanya menerapkan Sisitem Informasi Desa (SID). Mereka secara langsung datang ke Jagongan Media Rakyat 2012, Jumat sore (24/2) untuk memaparkan tentang pengembangan Sistem Informasi Desa (SID) di masing-masing desa mereka.

"Dengan SID kami sekaligus melakukan Undang-Undang No.14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik. Masyarakat desa bisa melihat secara langsung tentang informasi-informasi yang ada di desanya,” ujar Yana Noviadi.

Selain memberikan kemudahan dalam mengakses informasi, SID juga mempunyai manfaat lain, seperti mempermudah pengamanan data juga ajang promosi desa.

“Sebenarnya hanya dibutuhkan empat komponen untuk membangun Sistem Informasi Desa (SID). Ada hardware, software, humanware, dan yang paling penting adalah komitmen dari semua pihak, ”ujar Haryana moderator dari COMBINE Resource Institution (CRI).

Banyak diskusi selama lokakarya berlangsung, salah satunya tentang kaderisasi SID kepada penerus perangkat desa selanjutnya agar apa yag telah dibangun kini tidak sia-sia di kemudian hari.


  • dibaca 1423x

Pendukung

  • UII Net PT Global Prima Utama
  • Pengelola Domain .ID

Media Partner

Media Partner: Kedaulatan Rakyat
Media Partner: Koran Tempo

Penyelenggara