Kompleks Kampus STPMD "APMD" Yogyakarta, 23 - 25 Februari 2012
  • 5 "Linimas(s)a"
    Film "Linimas(s)a" menggambarkan kekuatan gerakan sosial offline maupun online yang saling beresonansi, bersinergi dan menguatkan secara signifikan. Diceritakan pula bagaimana pemanfaatan Internet dan media sosial oleh orang biasa untuk melakukan hal yang luar biasa!
  • 5 Kriminalisasi Pers Gaya Baru
    Nurhayati Kahar, biasa dipanggil Uni Yet merupakan seorang pewarta warga yang gigih. Dia telah lama mengembangkan pewartaan warga di Sumatra Barat dalam jaringan Suara Komunitas. Ia acapkali menulis dan mendokumentasikan peristiwa-peristiwa ketidakadilan di daeahnya, khususnya Padang Pariaman.
  • 5 Media Komunitas 160 Karakter
    Ada sebuah fasilitas di telpon genggam yang belum banyak dimanfaatkan secara optimal. Teknologi pesan layanan pendek (SMS), umumnya hanya digunakan untuk komunikasi individual. Padahal dengan sedikit inovasi, informasi dalam 160 karakter itu bisa dikelola dan dimanfaatkan sebagai platform multifungsi. Dipadukan dengan piranti lunak khusus, teknologi SMS bisa digunakan sebagai media informasi yang sederhana, mudah, cepat dan murah. Karakter teknologi tersebut sangat cocok untuk dikembangkan dan diterapkan oleh media komunitas.
  • 5 Mengembangkan Aplikasi Android
    Aplikasi Android yang dikelola Google -teknologi berbasis open source- saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dengan jumlah pengguna yang kian besar, aplikasi Android memiliki prospek yang menjanjikan bagi pengembang. Selain itu, dengan makin banyaknya pengembang lokal, maka konten lokal yang berasal dari Indonesia -bahkan daerah- akan makin berkembang dan dikenal di dunia. Lalu bagaimana mengembangkan aplikasi ini? Lokakarya ini akan mengupasnya.
  • 5 Menangkal Dampak Negatif Internet terhadap Anak dan Murid
    Internet adalah gudangnya informasi dan pengetahuan. Namun tanpa arahan yang jelas, anak atau murid kita bisa terjerumus ke hal yang dapat merugikan dirinya lantaran Internet. Untuk itu perlu ada strategi untuk mengenalkan Internet sejak dini di tengah keluarga.
Berita,
  Jumat, 24 Februari 2012 | 21:45 WIB


Ketika TIK Masuk Desa

Yana Noviadi sedang presentasi di depan peserta lokakarya Yana Noviadi, Kepala Desa Mandalamekar, Tasikmalaya dan Budi Prasetyo, Kepala Desa Melung, Banyumas curhat mengenai keberhasilan desanya menerapkan Sisitem Informasi Desa (SID). Mereka secara langsung datang ke Jagongan Media Rakyat 2012, Jumat sore (24/2) untuk memaparkan tentang pengembangan Sistem Informasi Desa (SID) di masing-masing desa mereka.

"Dengan SID kami sekaligus melakukan Undang-Undang No.14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik. Masyarakat desa bisa melihat secara langsung tentang informasi-informasi yang ada di desanya,” ujar Yana Noviadi.

Selain memberikan kemudahan dalam mengakses informasi, SID juga mempunyai manfaat lain, seperti mempermudah pengamanan data juga ajang promosi desa.

“Sebenarnya hanya dibutuhkan empat komponen untuk membangun Sistem Informasi Desa (SID). Ada hardware, software, humanware, dan yang paling penting adalah komitmen dari semua pihak, ”ujar Haryana moderator dari COMBINE Resource Institution (CRI).

Banyak diskusi selama lokakarya berlangsung, salah satunya tentang kaderisasi SID kepada penerus perangkat desa selanjutnya agar apa yag telah dibangun kini tidak sia-sia di kemudian hari.


  • dibaca 1201x

Pendukung

  • UII Net PT Global Prima Utama
  • Pengelola Domain .ID

Media Partner

Media Partner: Kedaulatan Rakyat
Media Partner: Koran Tempo

Penyelenggara