Kompleks Kampus STPMD "APMD" Yogyakarta, 23 - 25 Februari 2012
Liputan,
  Jumat, 24 Februari 2012 | 17:10 WIB
oleh: Prima SW


Mengapa Ibu Perlu Kenal Internet?

“Mengapa ibu-ibu perlu mengenal komputer dan internet?”

Pertanyaan tersebut dilontarkan oleh Dewi W. Ningrum, peneliti ICT Watch yang juga didaulat sebagai pembicara di lokakarya “ICT for Woman: Memberdayakan atau Memperdaya?” (24/2).

Menurut Dewi, pertanyaan tersebut ia dapatkan dari ibu-ibu di pelosok, ketika ICT Watch melakukan pelatihan di daerah. Ibu perlu mengenal internet untuk menjelaskan internet serta cara menggunakannya kepada anak-anak mereka. “Anak zaman sekarang beda dengan zaman dulu. Sekarang, dengan HP, mereka bisa share macam-macam,” katanya.

Berbekal pengetahuan soal komputer dan internet, ibu bisa menjelaskan kepada anak tentang berbahayanya bila mengunggah hal privat. “Anak-anak tidak tahu dampak negatif dengan bagi-bagi foto atau informasi(pribadi) di FB,” ujar Dewi.

Selain itu, mengenal internet akan membantu ibu mendapat informasi-informasi penting yang berguna. Internet juga bisa dimanfaatkan untuk mencari uang sembari mengemong anak di rumah, pungkas Dewi.

Di lain pihak, pendapat menarik dilontarkan oleh moderator, Indriyanto Banyumurti, yang juga ketua Relawan TIK Nasional. “yang diblow-up dari internet adalah hal-hal yang negatif saja.”


  • dibaca 1517x

Pendukung

  • UII Net PT Global Prima Utama
  • Pengelola Domain .ID

Media Partner

Media Partner: Kedaulatan Rakyat
Media Partner: Koran Tempo

Penyelenggara