Kompleks Kampus STPMD "APMD" Yogyakarta, 23 - 25 Februari 2012
  • 5 Mengembangkan Aplikasi Android
    Aplikasi Android yang dikelola Google -teknologi berbasis open source- saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dengan jumlah pengguna yang kian besar, aplikasi Android memiliki prospek yang menjanjikan bagi pengembang. Selain itu, dengan makin banyaknya pengembang lokal, maka konten lokal yang berasal dari Indonesia -bahkan daerah- akan makin berkembang dan dikenal di dunia. Lalu bagaimana mengembangkan aplikasi ini? Lokakarya ini akan mengupasnya.
  • 5 Online Media Research: Konten Laris Manis, Bagaimana?
    Membuat konten di media online ataupun media sosial tidaklah sulit. Tetapi tidak semua konten akan dapat menarik minat pembaca/pengakses. Perlu ada pemahaman tentang apa yang dibutuhkan dan/atau diminati pembaca dan bagaimana memenuhinya.
  • 5 "Komunikasi Bencana"
    Indonesia merupakan negara yang menghadapi ancaman bencana cukup besar. Dalam penanggulangan bencana, komunikasi menjadi salah satu faktor penting yang akan mempengaruhi kemampuan mengantisipasi dan merespon ancaman bencana. Bagaimana ilmu komunikasi memberi sumbangan terhadap penanggulangan bencana, merupakan salah satu pertanyaan yang akan dijawab dalam bedah buku "Komunikasi Bencana" ini.
  • 5 ICT for Difable
    Kebanyakan pengguna teknologi informasi makin dimanjakan dengan fasilitas yang kian canggih seiring dengan berkembangnya teknologi informasi. Namun bagi kaum difabel, perkembangan teknologi informasi belum bisa mereka nikmati dengan mudah karena keterbatasan yang mereka alami. Karena itu perlu dukungan serius kepada kaum difabel agar mereka bisa ikut merasakan manfaat teknologi informasi.
  • 5 Bangun Desa dengan Data
    Sebenarnya, berbagai indikator dasar dan penentu definisi kemiskinan dengan mudah dapat diketahui tanpa survei sosial dan tabel-tabel statistik. Seorang disebut miskin jika ia tidak mampu makan dua kali sehari (2100 kalori/hari), tidak memiliki akses terhadap sandang dan papan, serta tidak mampu mengupayakan layanan kesehatan bagi keluarga mereka.
Liputan,
  Jumat, 24 Februari 2012 | 17:07 WIB
oleh: Prima SW


Perempuan Juga Jago ICT, Asal...

Di hari kedua (24/5) Jagongan Media Rakyat 2012, turut terlaksana Lokakarya “ICT for Woman: Memberdayakan atau Memperdaya?” Acara yang berlangsung di hall STPMD “APMD” ini, sesuai dengan sasaran pesertanya, dipadati peserta yang sebagian besar perempuan.

Ada lima pembicara yang berbagi cerita di temu kali ini. Mereka yaitu, Koordinator Wkimedia Indonesia Siska Doviana, Peneliti ICT Watch Dewi W. Ningrum, anggota AIMI-ASI Yogyakarta Francisca Maria, narablog asal Palembang Nike Rasyid, dan pendiri MK-160 Ambar Sari Dewi.

Siska yang bicara pertama kali berkisah tentang wikimedia yang mengadakan kompetisi tiga bulan bagi mahasiswa. Yang keluar sebagai juara pertamanya adalah perempuan. “Kalau waktunya rata, intelegensi antara laki-laki dan perempuan juga sama,” koarnya. Menurut Siska, stereotip tentang perempuan tidak lebih jago di bidang information, communication, and telecommunication (ICT) tidak benar.

Namun sayangnya, menurut pegamatan dan pengalaman Siska, perempuan hanya tertarik “bersusah payah” untuk sesuatu yang hasilnya jelas. Juga hanya tertarik pada acara-acara yang dikemas dengan bagus. “Kalau tidak ada kemasannya, mereka tdak tertarik,” imbuhnya.

Nike Rasyid, narablog muda dari Palembang, menekankan tentang manfaat blog. Sebelumnya ia menanyakan apakah peserta telah mengenal blog. Ternyata rata-rata tidak kenal. Dengan blog, kata Nike, para ibu pun bisa mengekspresikan diri, mengembangkan hobi, hingga menghasilkan uang.

Tetapi, tambah Nike, paradigmanya mula-mula bukan untuk mencari penghasilan, namun keinginan untuk berbagi.
 


  • dibaca 1041x

Pendukung

  • UII Net PT Global Prima Utama
  • Pengelola Domain .ID

Media Partner

Media Partner: Kedaulatan Rakyat
Media Partner: Koran Tempo

Penyelenggara