Kompleks Kampus STPMD "APMD" Yogyakarta, 23 - 25 Februari 2012
  • 5 ICT for Woman: Memberdayakan atau Memperdaya?
    Sudah mulai banyak program sosialisasi untuk mengenalkan perempuan kepada information & communication technology (ICT). Tetapi sedikit yang ternyata memberikan manfaat apapun kepada perempuan. Kebutuhan perempuan bisa jadi memang unik.
  • 5 Mengawal Revisi Undang-Undang Penyiaran
    Sampai kini, masih berlangsung proses perubahan Undang-Undang No 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran. Ada banyak poin yang merugikan penyiaran komunitas. Banyak perubahan yang justur menguntungkan penyiaran swasta atau pengusaha. Poin-poin mana saja yang merugikan penyiaran komunitas? Dan bagaimana langkah selanjutnya yang akan ditempuh oleh media komunitas? Dialog ini akan merancangnya.
  • 5 "Komunikasi Bencana"
    Indonesia merupakan negara yang menghadapi ancaman bencana cukup besar. Dalam penanggulangan bencana, komunikasi menjadi salah satu faktor penting yang akan mempengaruhi kemampuan mengantisipasi dan merespon ancaman bencana. Bagaimana ilmu komunikasi memberi sumbangan terhadap penanggulangan bencana, merupakan salah satu pertanyaan yang akan dijawab dalam bedah buku "Komunikasi Bencana" ini.
  • 5 Memanfaatkan Teknologi Interactive Voice Respons (IVR)
    Interactive Voice Respons (IVR) adalah sistem telepon otomatis yang berinteraksi dengan pemanggil. Sistim IVR dapat merespon panggilan dengan menggunakan suara yang telah direkam terlebih dahulu, kepada pemanggil untuk pemrosesan berikutnya. Sistem IVR menerima kombinasi input suara dan pemilihan berdasarkan penekanan keypad telepon dan menghasilkan respons dalam bentuk suara, fax, callback, email atau media yang lain. Di lokakarya ini Anda akan dipandu secara ringkas bagaimana memanfaatkan IVR.
  • 5 Ngintip Proses Pengarsipan Indonesian Visual Art Archive (IVAA)
    Sejak 1995, IVAA (mulanya bernama Yayasan Seni Cemeti-YSC) fokus pada usaha pemberdayaan infrastruktur seni rupa. Mereka bekerja untuk menjadi pusat data, riset, dan dokumentasi seni rupa Indonesia, dan juga sebagai lembaga manajemen dan pengembangan infrastruktur seni rupa.
Berita,
  Jumat, 24 Februari 2012 | 17:29 WIB


Ruangan Kecil, Peserta Tetap Antusias

Lokakarya bertajuk "Online Media Research: Konten Laris Manis Bagaimana?" hari Jumat (24/2) dihadiri banyak peserta. Banyaknya peserta yang memenuhi ruang A5 STPMD "APMD" ini sedikit membuat panitia kewalahan.

"Banyaknya peserta gak sebanding ma ruangan yang terlalu kecil. Kita tadi jadi sering ngangkatin kursi. Apalagi narasumbernya banyak. Padahal, topik dan narasumbernya menarik," ungkap Yosep, salah satu panitia.

Alvani, salah satu peserta lokakarya juga berpendapat hal yang sama dengan Yosep.

"Memang sih ruangnya kecil, panas juga. Tapi materi ma pembicaranya bagus kok," kata mahasiswi UNY yang ditemui sehabis acara.

Lokakarya ini menghadirkan empat narasumber yang sudah sering bergelut dengan dunia online. Masing-masing narasumber tersebut adalah Pengelola @Jogjaupdate Pakdhe Senggol, Associate Dean Stikom LSPR Jakarta Fiona Suwana, Pewarta Portal SuaraKomunitas.net Yana Novandi, dan konsultan vikim.com Budi Putra.

Lokakarya dimulai sejak pukul 09.00 sampai 12.00 WIB. Selama acara, 50 peserta yang hadir sangat antusias. Ini terlihat dari banyaknya peserta yang hendak bertanya pada narasumber. Akan tetapi, karena keterbatasan waktu, hanya tiga penanya yang bisa berdialog dengan narasumber.

Dalam lokakarya, masing-masing narasumber berbicara mengenai konten online yang biasa mereka geluti. Budi Putra, memberikan trik bagaimana konten online agar dapat disukai masyarakat. Begitu pula dengan Pakdhe Senggol dan Yana Noviadi. Sedangkan Fiona banyak memberikan data mengenai perbedaan bentuk penulisan online dan berita cetak.

Acara ini merupakan rangkaian Jagongan Media Rakyat (JMR) 2012. Sejak hari pertama hingga sampai berita ini diturunkan telah digelar 18 Lokakarya dari 40 Lokakarya yang direncanakan.


  • dibaca 954x

Pendukung

  • UII Net PT Global Prima Utama
  • Pengelola Domain .ID

Media Partner

Media Partner: Kedaulatan Rakyat
Media Partner: Koran Tempo

Penyelenggara