Kompleks Kampus STPMD "APMD" Yogyakarta, 23 - 25 Februari 2012
  • 5 "Ekspedisi Zamrud Khatulistiwa"
    Dua wartawan, satu senior, satu junior, berkeliling ke seantero Indonesia untuk mendokumentasikan kehidupan di 100 pulau dalam 40 gugus kepulauan hanya dengan dua motor Honda Win yang dimodifikasi jadi trail. Butuh waktu selama 8 bulan untuk menuntaskan perjalanan panjang itu (Mei-Desember 2009).
  • 5 Mengembangkan Software untuk Sistem Informasi Desa (SID)
    Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) adalah Free and Open Source Software. Bagaimana saya bisa mempelajari arsitektur sistem dan source code aplikasi SID? Bagaimana tahap-tahap pengembangan aplikasi SID selama ini dilakukan? Apakah saya bisa ikut serta mengembangkan software SID? Dan sejauh mana aplikasi SID akan dikembangkan bersama komunitas teknologi informasi?
  • 5 Ngeblog dari A-Z
    Weblog (biasa disingkat blog) tumbuh bak jamur di musim hujan. Banyak blogger yang mengelola dengan asal-asalan. Namun tak sedikit blog yang dikelola dengan serius sehingga tak hanya menhasilkan muatan yang bermanfaat namun juga bisa menjadi pendulang uang bagi pemiliknya. Bagaimana mengelola blog dengan baik? Bagaimana agar blog tak hanya bermanfaat bagi pengunjung, namun juga memberi kontribusi penting dalam membangun reputasi dan financial bagi pemiliknya? Lokakarya ini akan mengupas tuntas dunia blogging.
  • 5 Bikin Bahasa Daerahmu Jadi Bahasa Komputer
    Workshop ini mengajak peserta untuk membuat bahasa antarmuka (GUI) sistem operasi komputer (BlankOn Linux) dalam bahasa daerah. Proyek alihbahasa dan pengembangan Blankon Linux dalam bahasa daerah sudah dilakukan oleh Komunitas BlankOn Banyumas (Bahasa Banyumas) dan Priangan Timur (Bahasa Sunda). Lewat antarmuka bahasa daerah, para pengguna komputer yang tidak memiliki kemampuan bahasa Inggris bisa mengakses teknologi itu secara lebih mudah.
  • 5 E-Becak & Blontea: Meraup Rejeki Nyata Lewat Dunia Maya
    Harry adalah tukang becak. Tapi Harry juga pengguna sosial media aktif macam Facebook dan Twitter. Oleh karena kegemarannya dengan online, ia berhasil menjaring pelanggan tetap terutama Belanda, bila mereka sedang berkunjung ke Jogja.
Berita,
  Jumat, 24 Februari 2012 | 17:29 WIB


Ruangan Kecil, Peserta Tetap Antusias

Lokakarya bertajuk "Online Media Research: Konten Laris Manis Bagaimana?" hari Jumat (24/2) dihadiri banyak peserta. Banyaknya peserta yang memenuhi ruang A5 STPMD "APMD" ini sedikit membuat panitia kewalahan.

"Banyaknya peserta gak sebanding ma ruangan yang terlalu kecil. Kita tadi jadi sering ngangkatin kursi. Apalagi narasumbernya banyak. Padahal, topik dan narasumbernya menarik," ungkap Yosep, salah satu panitia.

Alvani, salah satu peserta lokakarya juga berpendapat hal yang sama dengan Yosep.

"Memang sih ruangnya kecil, panas juga. Tapi materi ma pembicaranya bagus kok," kata mahasiswi UNY yang ditemui sehabis acara.

Lokakarya ini menghadirkan empat narasumber yang sudah sering bergelut dengan dunia online. Masing-masing narasumber tersebut adalah Pengelola @Jogjaupdate Pakdhe Senggol, Associate Dean Stikom LSPR Jakarta Fiona Suwana, Pewarta Portal SuaraKomunitas.net Yana Novandi, dan konsultan vikim.com Budi Putra.

Lokakarya dimulai sejak pukul 09.00 sampai 12.00 WIB. Selama acara, 50 peserta yang hadir sangat antusias. Ini terlihat dari banyaknya peserta yang hendak bertanya pada narasumber. Akan tetapi, karena keterbatasan waktu, hanya tiga penanya yang bisa berdialog dengan narasumber.

Dalam lokakarya, masing-masing narasumber berbicara mengenai konten online yang biasa mereka geluti. Budi Putra, memberikan trik bagaimana konten online agar dapat disukai masyarakat. Begitu pula dengan Pakdhe Senggol dan Yana Noviadi. Sedangkan Fiona banyak memberikan data mengenai perbedaan bentuk penulisan online dan berita cetak.

Acara ini merupakan rangkaian Jagongan Media Rakyat (JMR) 2012. Sejak hari pertama hingga sampai berita ini diturunkan telah digelar 18 Lokakarya dari 40 Lokakarya yang direncanakan.


  • dibaca 661x

Pendukung

  • UII Net PT Global Prima Utama
  • Pengelola Domain .ID

Media Partner

Media Partner: Kedaulatan Rakyat
Media Partner: Koran Tempo

Penyelenggara