Kompleks Kampus STPMD "APMD" Yogyakarta, 23 - 25 Februari 2012
  • 5 Memanfaatkan Teknologi Interactive Voice Respons (IVR)
    Interactive Voice Respons (IVR) adalah sistem telepon otomatis yang berinteraksi dengan pemanggil. Sistim IVR dapat merespon panggilan dengan menggunakan suara yang telah direkam terlebih dahulu, kepada pemanggil untuk pemrosesan berikutnya. Sistem IVR menerima kombinasi input suara dan pemilihan berdasarkan penekanan keypad telepon dan menghasilkan respons dalam bentuk suara, fax, callback, email atau media yang lain. Di lokakarya ini Anda akan dipandu secara ringkas bagaimana memanfaatkan IVR.
  • 5 Bikin Bahasa Daerahmu Jadi Bahasa Komputer
    Workshop ini mengajak peserta untuk membuat bahasa antarmuka (GUI) sistem operasi komputer (BlankOn Linux) dalam bahasa daerah. Proyek alihbahasa dan pengembangan Blankon Linux dalam bahasa daerah sudah dilakukan oleh Komunitas BlankOn Banyumas (Bahasa Banyumas) dan Priangan Timur (Bahasa Sunda). Lewat antarmuka bahasa daerah, para pengguna komputer yang tidak memiliki kemampuan bahasa Inggris bisa mengakses teknologi itu secara lebih mudah.
  • 5 Bangun Desa dengan Data
    Sebenarnya, berbagai indikator dasar dan penentu definisi kemiskinan dengan mudah dapat diketahui tanpa survei sosial dan tabel-tabel statistik. Seorang disebut miskin jika ia tidak mampu makan dua kali sehari (2100 kalori/hari), tidak memiliki akses terhadap sandang dan papan, serta tidak mampu mengupayakan layanan kesehatan bagi keluarga mereka.
  • 5 Media Komunitas 160 Karakter
    Ada sebuah fasilitas di telpon genggam yang belum banyak dimanfaatkan secara optimal. Teknologi pesan layanan pendek (SMS), umumnya hanya digunakan untuk komunikasi individual. Padahal dengan sedikit inovasi, informasi dalam 160 karakter itu bisa dikelola dan dimanfaatkan sebagai platform multifungsi. Dipadukan dengan piranti lunak khusus, teknologi SMS bisa digunakan sebagai media informasi yang sederhana, mudah, cepat dan murah. Karakter teknologi tersebut sangat cocok untuk dikembangkan dan diterapkan oleh media komunitas.
  • 5 Ngeblog dari A-Z
    Weblog (biasa disingkat blog) tumbuh bak jamur di musim hujan. Banyak blogger yang mengelola dengan asal-asalan. Namun tak sedikit blog yang dikelola dengan serius sehingga tak hanya menhasilkan muatan yang bermanfaat namun juga bisa menjadi pendulang uang bagi pemiliknya. Bagaimana mengelola blog dengan baik? Bagaimana agar blog tak hanya bermanfaat bagi pengunjung, namun juga memberi kontribusi penting dalam membangun reputasi dan financial bagi pemiliknya? Lokakarya ini akan mengupas tuntas dunia blogging.
Berita,
  Kamis, 23 Februari 2012 | 16:37 WIB


Orca untuk Tunanetra

Kamis 23/2 pukul 13.30 bertempat di ruang A8 gedung STPMD “APMD” digelar acara ICT untuk difable. Nanang Syaifudin dari Yayasan Air Putih mengungkapkan bahwa acara ini dirancang untuk mengenalkan aplikasi navigasi agar tunanetra mengenal teknologi informasi. “Tunanetra butuh bantuan navigasi, mereka butuh suara sehingga tidak ada batasan lagi semua bisa bekerja menggunakan komputer, “ ungkapnya.


Yayasan Air Putih dalam kesempatan itu juga memperkenalkan software Orca, semacam program aplikasi yang dirancang khusus untuk tunanetra. Yayasan Air Putih sendiri resmi berdiri tahun 2005, merupakan yayasan yang mempunyai dua fokus kegiatan, pertama sebagai ICT disaster. Kedua, sebagai gerakan Open Source, sebuah gerakan terbuka dalam kebebasan informasi, kebebasan pengembangan aplikasi, maupun kebebasan memodifikasi tanpa terikat dengan aturan lisensi ataupun aturan bayar.


ICT untuk difable diikuti oleh 5 orang peserta tunanetra yang tergabung dalam Pusat Studi Layanan dan Difable (PSLD UIN). Salah satu pendamping tunanetra, Munawaroh mengatakan bahwa program aplikasi Orca untuk teman-teman tunanetra kali ini berbeda dengan aplikasi yang biasanya dipakai. “Sayangnya aplikasi Orca belum ada program aplikasi untuk menulis huruf arab, padahal banyak tugas di UIN sering menggunakan huruf arab, “ ujarnya.


Fidi Andri Rukmana, salah satu peserta ICT untuk difable mengungkapkan bahwa acara tersebut lumayan menarik untuk menambah pengalaman kenal dengan software baru. “Orca mempunyai kelebihan dan kekurangan, kelebihannya membacakan menu dengan gaya atau logat bahasa Indonesia lebih baik dibanding dengan software yang biasanya dipakai. Kekurangan software ini ialah suara petunjuknya yang lebih mirip dengan suara robot, “ katanya.


  • dibaca 1370x

Pendukung

  • UII Net PT Global Prima Utama
  • Pengelola Domain .ID

Media Partner

Media Partner: Kedaulatan Rakyat
Media Partner: Koran Tempo

Penyelenggara