Kompleks Kampus STPMD "APMD" Yogyakarta, 23 - 25 Februari 2012
Berita,
  Kamis, 23 Februari 2012 | 16:37 WIB


Orca untuk Tunanetra

Kamis 23/2 pukul 13.30 bertempat di ruang A8 gedung STPMD “APMD” digelar acara ICT untuk difable. Nanang Syaifudin dari Yayasan Air Putih mengungkapkan bahwa acara ini dirancang untuk mengenalkan aplikasi navigasi agar tunanetra mengenal teknologi informasi. “Tunanetra butuh bantuan navigasi, mereka butuh suara sehingga tidak ada batasan lagi semua bisa bekerja menggunakan komputer, “ ungkapnya.


Yayasan Air Putih dalam kesempatan itu juga memperkenalkan software Orca, semacam program aplikasi yang dirancang khusus untuk tunanetra. Yayasan Air Putih sendiri resmi berdiri tahun 2005, merupakan yayasan yang mempunyai dua fokus kegiatan, pertama sebagai ICT disaster. Kedua, sebagai gerakan Open Source, sebuah gerakan terbuka dalam kebebasan informasi, kebebasan pengembangan aplikasi, maupun kebebasan memodifikasi tanpa terikat dengan aturan lisensi ataupun aturan bayar.


ICT untuk difable diikuti oleh 5 orang peserta tunanetra yang tergabung dalam Pusat Studi Layanan dan Difable (PSLD UIN). Salah satu pendamping tunanetra, Munawaroh mengatakan bahwa program aplikasi Orca untuk teman-teman tunanetra kali ini berbeda dengan aplikasi yang biasanya dipakai. “Sayangnya aplikasi Orca belum ada program aplikasi untuk menulis huruf arab, padahal banyak tugas di UIN sering menggunakan huruf arab, “ ujarnya.


Fidi Andri Rukmana, salah satu peserta ICT untuk difable mengungkapkan bahwa acara tersebut lumayan menarik untuk menambah pengalaman kenal dengan software baru. “Orca mempunyai kelebihan dan kekurangan, kelebihannya membacakan menu dengan gaya atau logat bahasa Indonesia lebih baik dibanding dengan software yang biasanya dipakai. Kekurangan software ini ialah suara petunjuknya yang lebih mirip dengan suara robot, “ katanya.


  • dibaca 1488x

Pendukung

  • UII Net PT Global Prima Utama
  • Pengelola Domain .ID

Media Partner

Media Partner: Kedaulatan Rakyat
Media Partner: Koran Tempo

Penyelenggara