Kompleks Kampus STPMD "APMD" Yogyakarta, 23 - 25 Februari 2012
  • 5 ICT for Difable
    Kebanyakan pengguna teknologi informasi makin dimanjakan dengan fasilitas yang kian canggih seiring dengan berkembangnya teknologi informasi. Namun bagi kaum difabel, perkembangan teknologi informasi belum bisa mereka nikmati dengan mudah karena keterbatasan yang mereka alami. Karena itu perlu dukungan serius kepada kaum difabel agar mereka bisa ikut merasakan manfaat teknologi informasi.
  • 5 "Komunikasi Bencana"
    Indonesia merupakan negara yang menghadapi ancaman bencana cukup besar. Dalam penanggulangan bencana, komunikasi menjadi salah satu faktor penting yang akan mempengaruhi kemampuan mengantisipasi dan merespon ancaman bencana. Bagaimana ilmu komunikasi memberi sumbangan terhadap penanggulangan bencana, merupakan salah satu pertanyaan yang akan dijawab dalam bedah buku "Komunikasi Bencana" ini.
  • 5 Ngeblog dari A-Z
    Weblog (biasa disingkat blog) tumbuh bak jamur di musim hujan. Banyak blogger yang mengelola dengan asal-asalan. Namun tak sedikit blog yang dikelola dengan serius sehingga tak hanya menhasilkan muatan yang bermanfaat namun juga bisa menjadi pendulang uang bagi pemiliknya. Bagaimana mengelola blog dengan baik? Bagaimana agar blog tak hanya bermanfaat bagi pengunjung, namun juga memberi kontribusi penting dalam membangun reputasi dan financial bagi pemiliknya? Lokakarya ini akan mengupas tuntas dunia blogging.
  • 5 Pengarusutamaan Jender pada Media Komunitas
    Workshop ini membedah stategi pengarusutamaan gender di media komunitas, baik dalam struktur kelembagaan, isi siaran, maupun pengemasan materi siaran. Kegiatan ini penting diikuti bagi para pegiat media komunitas yang memiliki perhatian pada keadilan, termasuk keadilan jender.
  • 5 Pewarta warga
    Pewarta warga (citizen journalism) menjadi sangat populer seiring makin banyaknya media yang dikelola oleh suatu komunitas maupun individu. Keberadaan pewarta warga diyakini mampu menjadi penyeimbang atas kecenderungan media arus utama yang bersifat terpusat dan hegemonik. Sayangnya, belum banyak referensi yang bersifat panduan (how to) bagi pewarta warga untuk menjalankan aktivitasnya.
Berita,
  Rabu, 22 Februari 2012 | 21:38 WIB


24 Jam Menyongsong Jagongan Media Rakyat 2012

Mendebarkan campur gembira ! Itulah suasana yang dirasakan dalam persiapan Jagongan Media Rakyat 2012 di Kampus STPMD “APMD” Yogyakarta. Sedari pagi stan-stan sudah siap dimasuki oleh para pengisi stan. Tim IT sibuk mempersiapkan lab komputer yang akan menjadi ajang workshop teknologi informasi tepat guna untuk masyarakat.

 

Sekretariat COMBINE pun telah pindah ke ruang di APMD. Rani, sekretaris JMR 2012 sibuk mempersiapkan penginapan untuk 50 pewarta warga dari Padang, Lampung, Cirebon, Blitar, Cilacap, Banyumas, dan lain-lain. Belum lagi 22 paguyuban petani dari SPPQT akan ikut memeriahkan Jagongan Media Rakyat. Komunitas open source dari Ambarawa dan Ungaran pun akan datang.

 

Setelah pukul 12.00 siang, para pengisi stan mulai datang mempersiapkan materi yang akan dipamerkan. Jelang sore, para pengisi acara dari mahasiswa Papua sibuk berlatih tari di hall APMD.

 

Beberapa panitia yang wawancara di TVRI pun sempat melewati Galeria Mal, dan billboard Jagongan Media Rakyat di perempatan strategis Galeria telah terpasang megah dan mencolok.

 

Setelah magrib, Uni Yet Kahar dari pewarta warga Sumatera Barat yang baru keluar dari penjara karena keberaniannya mengangkat isu sosial, telah tiba di sekretariat. Suasana luar biasa yang membuat Jagongan Media Rakyat benar-benar sebuah jagongan untuk berkumpul, berbagi, dan bergerak.


  • dibaca 2103x

Pendukung

  • UII Net PT Global Prima Utama
  • Pengelola Domain .ID

Media Partner

Media Partner: Kedaulatan Rakyat
Media Partner: Koran Tempo

Penyelenggara