Kompleks Kampus STPMD "APMD" Yogyakarta, 23 - 25 Februari 2012
  • 5 Wikisaster Management: Pengalaman JALIN Merapi Mengelola Informasi Bencana
    Apa jadinya kalau bencana dikelola? Tentu saja akan memperkecil kerugian. Dengan mengelola bencana (alam atau buatan manusia), kerusakan fisik bisa ditekan. Kehilangan nyawa mampu diperkecil jumlahnya. Dan proses pemulihan bisa dilakukan lebih cepat dan tepat.
  • 5 ICT for Difable
    Kebanyakan pengguna teknologi informasi makin dimanjakan dengan fasilitas yang kian canggih seiring dengan berkembangnya teknologi informasi. Namun bagi kaum difabel, perkembangan teknologi informasi belum bisa mereka nikmati dengan mudah karena keterbatasan yang mereka alami. Karena itu perlu dukungan serius kepada kaum difabel agar mereka bisa ikut merasakan manfaat teknologi informasi.
  • 5 Bikin Bahasa Daerahmu Jadi Bahasa Komputer
    Workshop ini mengajak peserta untuk membuat bahasa antarmuka (GUI) sistem operasi komputer (BlankOn Linux) dalam bahasa daerah. Proyek alihbahasa dan pengembangan Blankon Linux dalam bahasa daerah sudah dilakukan oleh Komunitas BlankOn Banyumas (Bahasa Banyumas) dan Priangan Timur (Bahasa Sunda). Lewat antarmuka bahasa daerah, para pengguna komputer yang tidak memiliki kemampuan bahasa Inggris bisa mengakses teknologi itu secara lebih mudah.
  • 5 Budaya Bebas
    Buku "Budaya Bebas" yang ditulis oleh Lawrence Lessig ini untuk pertama kalinya diluncurkan ke publik Indonesia. Lawrence menguraikan bahwa di luar kenyataan tentang teknologi baru yang selalu mendorong lahirnya produk hukum baru, kini para pelaku monopoli media justru memanfaatkan ketakutan terhadap teknologi baru ini, terutama internet, untuk membatasi gerak gagasan di ranah publik.
  • 5 Media Komunitas 160 Karakter
    Ada sebuah fasilitas di telpon genggam yang belum banyak dimanfaatkan secara optimal. Teknologi pesan layanan pendek (SMS), umumnya hanya digunakan untuk komunikasi individual. Padahal dengan sedikit inovasi, informasi dalam 160 karakter itu bisa dikelola dan dimanfaatkan sebagai platform multifungsi. Dipadukan dengan piranti lunak khusus, teknologi SMS bisa digunakan sebagai media informasi yang sederhana, mudah, cepat dan murah. Karakter teknologi tersebut sangat cocok untuk dikembangkan dan diterapkan oleh media komunitas.

25 Feb 2012 09:00 - 12:00 WIB : Ruang Kelas 2

Mengelola Taman Bacaan Masyarakat secara Mandiri

FTBM atau Forum Taman Bacaan Masyarakat adalah sebuah organisasi yang berusaha membangun jalinan kerjasama antar TBM (Taman Bacaan Masyarakat) seluruh Indonesia dalam rangka mewujudkan semangat mengembangkan kegiatan membaca.

Slogan: "Gerakkan Literasi Lokal untuk Indonesia Membaca"

Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang hingga saat ini jumlahnya mencapai 5.000-an dan tersebar di seluruh Indonesia punya peranan yang sangat penting. Keberadaan TBM yang semuanya di akar rumput itu mesti digelorakan. Agar potensi yang dimilikinya sanggup mengikis ketertinggalan literasi masyarakat.

Forum Taman Bacaan Masyarak (FTBM) yang berdiri 11 Juli 2005 di Solo, Jawa Tengah menjadi sangat dibutuhkan. FTBM ingin mewujudkan TBM sebagai pusat pembelajaran dan pembudayaan kebiasaan membaca masyarakat, sehingga terbentuk masyarakat gemar belajar yang bebas dari keterbelakangan. FTBM juga mendukung semangat kegiatan lain yang terkait literasi seperti pelatihan, pertunjukan, dan aneka lomba serta pengumpulan buku dari masyarakat.

Melalui workshop ini, FTBM akan berbagi informasi dan praktik cerdas dalam hal pengelolaan sehingga taman baca dapat kita kelola lebih kreatif lagi sesuai dengan potensi didaerahnya masing-masing.

Pendukung

  • UII Net PT Global Prima Utama
  • Pengelola Domain .ID

Media Partner

Media Partner: Kedaulatan Rakyat
Media Partner: Koran Tempo

Penyelenggara