Kompleks Kampus STPMD "APMD" Yogyakarta, 23 - 25 Februari 2012
  • 5 Suara Komunitas: Gerakan Pewartaan untuk Perubahan Sosial
    Di tengah lilitan kepentingan modal dalam ranah media, maka pada akhirnya rakyat sendiri turun tangan untuk memroduksi informasi yang sesuai untuk warganya. Dalam konteks inilah portal Suara Komunitas (www.suarakomunitas.net) lahir sebagai media pertukaran informasi dan pengetahuan antar media komunitas di Indonesia.
  • 5 Cipta Media Bersama
    Pada 7 November lalu, 20 ide besar dari dua puluh kelompok diumumkan sebagai penerima hibah Cipta Media Bersama. Program hibah terbuka ini menyokong dana sebesar 1 juta dollar AS bagi mereka untuk melaksanakan proyek yang merangsang gerakan publik dalam empat bidang: meretas batas-kebhiknekaan bermedia, keadilan dan kesetaraan akses terhadap media, kebebasan dan etika bermedia, dan pemantauan media.
  • 5 Membaca Tanda Alam lewat Burung
    Clive Walker, seorang petualang Inggris yang menghabiskan sebagian hidupnya di Bostwana, Afrika, dan berdekatan dengan hewan-hewan liar, percaya kalau mereka punya rasa yang amat tajam. Ia mengatakan, "Wildlife seem to be able to pick up certain phenomenon, especially birds ... there are many reports of birds detecting impending disasters (Satwa liar tampaknya mampu mengambil fenomena tertentu, terutama burung... ada banyak laporan yang mengatakan kalau burung mampu mendeteksi bencana yang akan datang)."
  • 5 Media Komunitas 160 Karakter
    Ada sebuah fasilitas di telpon genggam yang belum banyak dimanfaatkan secara optimal. Teknologi pesan layanan pendek (SMS), umumnya hanya digunakan untuk komunikasi individual. Padahal dengan sedikit inovasi, informasi dalam 160 karakter itu bisa dikelola dan dimanfaatkan sebagai platform multifungsi. Dipadukan dengan piranti lunak khusus, teknologi SMS bisa digunakan sebagai media informasi yang sederhana, mudah, cepat dan murah. Karakter teknologi tersebut sangat cocok untuk dikembangkan dan diterapkan oleh media komunitas.
  • 5 Jurnalisme Kebencanaan II
    Lanjutan dari lokakarya "Jurnalisme Kebencanaan". Pada hari kedua ini lokakarya akan memusatkan perhatian pada bagaimana sebuah peliputan bencana memakai perspektif kemanusiaan. Materi akan dilanjutkan dengan diskusi kelompok.

24 Feb 2012 09:00 - 15:00 WIB : Laboratorium Komputer

Ngoprek Ushahidi dan Frontline SMS

Ushahidi, dalam bahasa Swahili berarti "kesaksian" adalah website yang awalnya dikembangkan untuk memetakan laporan kekerasan di Kenya usai pemilu pada awal 2008. Ushahidi dibuat untuk melaporkan peristiwa kekerasan yang sedang berlangsung dengan menggunakan ponsel, sehingga mampu menciptakan peta konflik seketika. Kini Ushahidi telah berkembang menjadi sebuah platform yang digunakan di banyak tempat.

Sedangkan FrontlineSMS adalah piranti lunak sumber terbuka dan gratisan (free and open source) yang fokus pada pemanfaatan laptop dan telepon seluler sebagai pusat komunikasi. Pengguna cukup klik berkas instalasi maka dia langsung bisa mengirim dan menerima pesan teks pada sekelompok orang melalui telepon seluler.

Ushahidi dan Frontline SMS jika dipadukan akan menjadi sebuah teknologi tepat guna yang bisa digunakan untuk banyak fungsi, misalnya untuk mengelola informasi tanggap darurat, pemantauan korupsi, hingga pewartaan warga.
Pengisi Acara
Yayasan Air Putih

Yayasan Air Putih


Yayasan Air Putih

Pendukung

  • UII Net PT Global Prima Utama
  • Pengelola Domain .ID

Media Partner

Media Partner: Kedaulatan Rakyat
Media Partner: Koran Tempo

Penyelenggara