Kompleks Kampus STPMD "APMD" Yogyakarta, 23 - 25 Februari 2012
  • 5 E-Becak & Blontea: Meraup Rejeki Nyata Lewat Dunia Maya
    Harry adalah tukang becak. Tapi Harry juga pengguna sosial media aktif macam Facebook dan Twitter. Oleh karena kegemarannya dengan online, ia berhasil menjaring pelanggan tetap terutama Belanda, bila mereka sedang berkunjung ke Jogja.
  • 5 Ngeblog dari A-Z
    Weblog (biasa disingkat blog) tumbuh bak jamur di musim hujan. Banyak blogger yang mengelola dengan asal-asalan. Namun tak sedikit blog yang dikelola dengan serius sehingga tak hanya menhasilkan muatan yang bermanfaat namun juga bisa menjadi pendulang uang bagi pemiliknya. Bagaimana mengelola blog dengan baik? Bagaimana agar blog tak hanya bermanfaat bagi pengunjung, namun juga memberi kontribusi penting dalam membangun reputasi dan financial bagi pemiliknya? Lokakarya ini akan mengupas tuntas dunia blogging.
  • 5 Pengantar Jurnalisme Investigasi
    Jurnalisme investigasi itu sulit karena ia harus mengungkap sesuatu yang tersembunyi atau disembunyikan. Oleh karena itu, jurnalisme butuh kerja ekstra yaitu kompilasi antara pemakaian dokumen, informan, dan rekaman. Tidak hanya mengumpulkan, tapi menguak informasi dan data dari segala sumber apakah dapat dipercaya atau sekadar bohong.
  • 5 Pewarta warga
    Pewarta warga (citizen journalism) menjadi sangat populer seiring makin banyaknya media yang dikelola oleh suatu komunitas maupun individu. Keberadaan pewarta warga diyakini mampu menjadi penyeimbang atas kecenderungan media arus utama yang bersifat terpusat dan hegemonik. Sayangnya, belum banyak referensi yang bersifat panduan (how to) bagi pewarta warga untuk menjalankan aktivitasnya.
  • 5 Menjadi Fasilitator Sistem Informasi Desa (SID)
    Sistem Informasi Desa (SID) adalah platform pengelolaan sumber daya komunitas di tingkat desa. SID membuka peluang bagi komunitas desa untuk mampu mengelola sumber daya secara mandiri. Dengan dukungan teknologi informasi, SID dibangun sebagai sebuah sistem multimedia. Jika desa saya ingin memiliki SID, apa saja yang harus dilakukan? Siapa yang harus berperan untuk membangun dan mengelola SID di desa? Apa saja syarat teknis dan non-teknis yang harus disiapkan oleh desa? Dengan siapa kami harus bekerja sama? Bagaimana SID bisa dikelola dan dimanfaatkan untuk kepentingan desa?

24 Feb 2012 09:00 - 15:00 WIB : Laboratorium Komputer

Ngoprek Ushahidi dan Frontline SMS

Ushahidi, dalam bahasa Swahili berarti "kesaksian" adalah website yang awalnya dikembangkan untuk memetakan laporan kekerasan di Kenya usai pemilu pada awal 2008. Ushahidi dibuat untuk melaporkan peristiwa kekerasan yang sedang berlangsung dengan menggunakan ponsel, sehingga mampu menciptakan peta konflik seketika. Kini Ushahidi telah berkembang menjadi sebuah platform yang digunakan di banyak tempat.

Sedangkan FrontlineSMS adalah piranti lunak sumber terbuka dan gratisan (free and open source) yang fokus pada pemanfaatan laptop dan telepon seluler sebagai pusat komunikasi. Pengguna cukup klik berkas instalasi maka dia langsung bisa mengirim dan menerima pesan teks pada sekelompok orang melalui telepon seluler.

Ushahidi dan Frontline SMS jika dipadukan akan menjadi sebuah teknologi tepat guna yang bisa digunakan untuk banyak fungsi, misalnya untuk mengelola informasi tanggap darurat, pemantauan korupsi, hingga pewartaan warga.
Pengisi Acara
Yayasan Air Putih

Yayasan Air Putih


Yayasan Air Putih

Pendukung

  • UII Net PT Global Prima Utama
  • Pengelola Domain .ID

Media Partner

Media Partner: Kedaulatan Rakyat
Media Partner: Koran Tempo

Penyelenggara