Kompleks Kampus STPMD "APMD" Yogyakarta, 23 - 25 Februari 2012
  • 5 ICT for Difable
    Kebanyakan pengguna teknologi informasi makin dimanjakan dengan fasilitas yang kian canggih seiring dengan berkembangnya teknologi informasi. Namun bagi kaum difabel, perkembangan teknologi informasi belum bisa mereka nikmati dengan mudah karena keterbatasan yang mereka alami. Karena itu perlu dukungan serius kepada kaum difabel agar mereka bisa ikut merasakan manfaat teknologi informasi.
  • 5 Konsolidasi Buruh Migran di Dunia Maya
    Di sini peserta akan berdialog dan berbagi pengalaman pemanfaatan TIK untuk memantau migrasi tenaga kerja Indonesia di sejumlah negara. Dari persiapan migrasi, saat migrasi, dan sesudah migrasi. Pusat Sumber Daya Buruh Migran akan berbagi tentang pengalamannya mendampingi para buruh migran untuk saling berkonsolidasi melakukan advokasi kasus, menyelamatkan kawan, dan memengaruhi kebijakan pemerintah di sektor buruh migran.
  • 5 Bikin Bahasa Daerahmu Jadi Bahasa Komputer
    Workshop ini mengajak peserta untuk membuat bahasa antarmuka (GUI) sistem operasi komputer (BlankOn Linux) dalam bahasa daerah. Proyek alihbahasa dan pengembangan Blankon Linux dalam bahasa daerah sudah dilakukan oleh Komunitas BlankOn Banyumas (Bahasa Banyumas) dan Priangan Timur (Bahasa Sunda). Lewat antarmuka bahasa daerah, para pengguna komputer yang tidak memiliki kemampuan bahasa Inggris bisa mengakses teknologi itu secara lebih mudah.
  • 5 Jurnalisme Kebencanaan
    Pewarta maupun awak media meanstream di Indonesia adalah pekerja yang tidak dibentuk atau disiapkan sebagai pewarta di wilayah bencana sehingga yang terjadi adalah atas proses yang tidak direncanakan dan kebanyakan adalah Shock reporting, tidak adanya panduan pewartaan yang telah di konvergensi dengan isu-isu kebencanaan.
  • 5 Mengawal Revisi Undang-Undang Penyiaran
    Sampai kini, masih berlangsung proses perubahan Undang-Undang No 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran. Ada banyak poin yang merugikan penyiaran komunitas. Banyak perubahan yang justur menguntungkan penyiaran swasta atau pengusaha. Poin-poin mana saja yang merugikan penyiaran komunitas? Dan bagaimana langkah selanjutnya yang akan ditempuh oleh media komunitas? Dialog ini akan merancangnya.

24 Feb 2012 15:00 - 17:00 WIB : Ruang Kelas 1

Ketika TIK Merambah Desa-desa

Ini ruang jagongan untuk berbagi cerita kampung-kampung yang sukses mendapat penghargaan tingkat Internasional. Mereka berada di lokasi yang sangat pelosok sehingga sulit diakses dari dunia luar (baca: kota). Tak ada infrastruktur informasi dan komunikasi di daerah mereka. Namun, mereka memilih mengelola website desa untuk menyebarkan informasi di daerahnya pada dunia.

Pada 2011, Desa Mandalamekar (http://mandalmekar.or.id) di Tasikmalaya menyabet penghargaan Seacology Price dari California, USA, sementara Desa Melung (http://melung.or.id) di lereng Gunung Slamet menjadi headline media massa nasional untuk penerapan teknologi informasi. Mengapa mereka memilih jurus "gila" itu, bagaimana mereka mengelola informasi secara terus-menerus padahal akses internet hanya bisa mereka dapatkan setelah menempuh perjalanan 30 Km. Dialog ini hendak berbagi kisah lebih dalam bagaimana mereka bisa capai sukses.

Komentar tentang Desa

Joko Waluyo, Staf Ahli Kemitraan dan Anggota Satgas Nasional REDD+ saat kunjungan ke Mandalamekar (11-12 Februari 2012)

"Saya kagum dengan langkah yang diambil oleh Desa Mandalamekar dalam menerapkan sistem informasi perdesaan melalui perkawinan media, seperti radio komunitas, selebaran, website desa, dan pertemuan-pertemuan rutin. Desa ini memiliki semua prasyarat sebagai desa teladan. Mereka punya perencanaan pembangunan desa yang jelas, tata layanan pemerintah yang bagus."

Sungging Septivianto, Dewan Kehutanan Nasional

"Langkah Desa Melung sangat mengejutkan. Sejauh saya ketahui, desa ini menjadi contoh terbaik dalam penerapan Undang-Undang No 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Publik cukup berkunjung ke portal mereka dan membaca laporan-laporan pembangunan secara lengkap, baik laporan narasi maupun laporan keuangan. Penggunaan teknologi open source menjadikan teknologi bukan praktik konsumsi, tapi kemerdekaan. Mereka itu tak sekadar melangkah, tapi sudah melompat."

Informasi Lebih Lanjut:
Yossy Suparyo 081226992732
Pengisi Acara
Yana Noviadi

Yana Noviadi


Kepala Desa Mandalamekar
A Budi Satrio

A Budi Satrio


Kepala Desa Melung

Tautan terkait:

Pendukung

  • UII Net PT Global Prima Utama
  • Pengelola Domain .ID

Media Partner

Media Partner: Kedaulatan Rakyat
Media Partner: Koran Tempo

Penyelenggara