Kompleks Kampus STPMD "APMD" Yogyakarta, 23 - 25 Februari 2012
  • 5 E-Becak & Blontea: Meraup Rejeki Nyata Lewat Dunia Maya
    Harry adalah tukang becak. Tapi Harry juga pengguna sosial media aktif macam Facebook dan Twitter. Oleh karena kegemarannya dengan online, ia berhasil menjaring pelanggan tetap terutama Belanda, bila mereka sedang berkunjung ke Jogja.
  • 5 Jurnalisme Kebencanaan
    Pewarta maupun awak media meanstream di Indonesia adalah pekerja yang tidak dibentuk atau disiapkan sebagai pewarta di wilayah bencana sehingga yang terjadi adalah atas proses yang tidak direncanakan dan kebanyakan adalah Shock reporting, tidak adanya panduan pewartaan yang telah di konvergensi dengan isu-isu kebencanaan.
  • 5 Mengembangkan Aplikasi Android
    Aplikasi Android yang dikelola Google -teknologi berbasis open source- saat ini mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dengan jumlah pengguna yang kian besar, aplikasi Android memiliki prospek yang menjanjikan bagi pengembang. Selain itu, dengan makin banyaknya pengembang lokal, maka konten lokal yang berasal dari Indonesia -bahkan daerah- akan makin berkembang dan dikenal di dunia. Lalu bagaimana mengembangkan aplikasi ini? Lokakarya ini akan mengupasnya.
  • 5 Inovasi Akar Rumput
    "Bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat". Pasal yang termaktub dalam dokumen negara ini menjadi kontradiktif jika melihat kenyataan bahwa kini sektor-sektor strategis seperti air, pangan, energi, dan teknologi informasi-komunikasi telah menjadi komoditas yang hanya dikuasai segelintir orang.
  • 5 Wikisaster Management: Pengalaman JALIN Merapi Mengelola Informasi Bencana
    Apa jadinya kalau bencana dikelola? Tentu saja akan memperkecil kerugian. Dengan mengelola bencana (alam atau buatan manusia), kerusakan fisik bisa ditekan. Kehilangan nyawa mampu diperkecil jumlahnya. Dan proses pemulihan bisa dilakukan lebih cepat dan tepat.

24 Feb 2012 15:00 - 17:00 WIB : Ruang Kelas 1

Ketika TIK Merambah Desa-desa

Ini ruang jagongan untuk berbagi cerita kampung-kampung yang sukses mendapat penghargaan tingkat Internasional. Mereka berada di lokasi yang sangat pelosok sehingga sulit diakses dari dunia luar (baca: kota). Tak ada infrastruktur informasi dan komunikasi di daerah mereka. Namun, mereka memilih mengelola website desa untuk menyebarkan informasi di daerahnya pada dunia.

Pada 2011, Desa Mandalamekar (http://mandalmekar.or.id) di Tasikmalaya menyabet penghargaan Seacology Price dari California, USA, sementara Desa Melung (http://melung.or.id) di lereng Gunung Slamet menjadi headline media massa nasional untuk penerapan teknologi informasi. Mengapa mereka memilih jurus "gila" itu, bagaimana mereka mengelola informasi secara terus-menerus padahal akses internet hanya bisa mereka dapatkan setelah menempuh perjalanan 30 Km. Dialog ini hendak berbagi kisah lebih dalam bagaimana mereka bisa capai sukses.

Komentar tentang Desa

Joko Waluyo, Staf Ahli Kemitraan dan Anggota Satgas Nasional REDD+ saat kunjungan ke Mandalamekar (11-12 Februari 2012)

"Saya kagum dengan langkah yang diambil oleh Desa Mandalamekar dalam menerapkan sistem informasi perdesaan melalui perkawinan media, seperti radio komunitas, selebaran, website desa, dan pertemuan-pertemuan rutin. Desa ini memiliki semua prasyarat sebagai desa teladan. Mereka punya perencanaan pembangunan desa yang jelas, tata layanan pemerintah yang bagus."

Sungging Septivianto, Dewan Kehutanan Nasional

"Langkah Desa Melung sangat mengejutkan. Sejauh saya ketahui, desa ini menjadi contoh terbaik dalam penerapan Undang-Undang No 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Publik cukup berkunjung ke portal mereka dan membaca laporan-laporan pembangunan secara lengkap, baik laporan narasi maupun laporan keuangan. Penggunaan teknologi open source menjadikan teknologi bukan praktik konsumsi, tapi kemerdekaan. Mereka itu tak sekadar melangkah, tapi sudah melompat."

Informasi Lebih Lanjut:
Yossy Suparyo 081226992732
Pengisi Acara
Yana Noviadi

Yana Noviadi


Kepala Desa Mandalamekar
A Budi Satrio

A Budi Satrio


Kepala Desa Melung

Tautan terkait:

Pendukung

  • UII Net PT Global Prima Utama
  • Pengelola Domain .ID

Media Partner

Media Partner: Kedaulatan Rakyat
Media Partner: Koran Tempo

Penyelenggara