Kompleks Kampus STPMD "APMD" Yogyakarta, 23 - 25 Februari 2012
  • 5 Menjadi Fasilitator Sistem Informasi Desa (SID)
    Sistem Informasi Desa (SID) adalah platform pengelolaan sumber daya komunitas di tingkat desa. SID membuka peluang bagi komunitas desa untuk mampu mengelola sumber daya secara mandiri. Dengan dukungan teknologi informasi, SID dibangun sebagai sebuah sistem multimedia. Jika desa saya ingin memiliki SID, apa saja yang harus dilakukan? Siapa yang harus berperan untuk membangun dan mengelola SID di desa? Apa saja syarat teknis dan non-teknis yang harus disiapkan oleh desa? Dengan siapa kami harus bekerja sama? Bagaimana SID bisa dikelola dan dimanfaatkan untuk kepentingan desa?
  • 5 Mengembangkan Software untuk Sistem Informasi Desa (SID)
    Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) adalah Free and Open Source Software. Bagaimana saya bisa mempelajari arsitektur sistem dan source code aplikasi SID? Bagaimana tahap-tahap pengembangan aplikasi SID selama ini dilakukan? Apakah saya bisa ikut serta mengembangkan software SID? Dan sejauh mana aplikasi SID akan dikembangkan bersama komunitas teknologi informasi?
  • 5 Mengkritisi Kebijakan Telematika di Indonesia
    Pemerintah dan DPR saat ini sedang membahas RUU Konvergensi Telematika. Regulasi ini rencananya akan mengatur bidang penyiaran, telekomunikasi, dan informatika dalam satu undang-undang. Alasan dibalik pemberlakukan UU Konvergensi ini adalah untuk mengintegrasikan regulasi di bidang telematika yang saat ini diatur secara terpisah. Namun jika proses pembahasannya tidak diawasi dengan baik, regulasi ini berpotensi menjadi alat kontrol pemerintah terutama terhadap media penyiaran dan online.
  • 5 Katakan dengan Fotomu
    Foto yang kuat tentu dihasilkan dari kamera yang hebat. Dengan harga jutaan rupiah yang mampu mengambil banyak warna dan objek secara tajam baik dari jarak jauh mupun dekat. Tetapi bagi seorang blogger semacam Pamantyo, anggapan tersebut tidak berlaku.
  • 5 Inovasi Akar Rumput
    "Bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat". Pasal yang termaktub dalam dokumen negara ini menjadi kontradiktif jika melihat kenyataan bahwa kini sektor-sektor strategis seperti air, pangan, energi, dan teknologi informasi-komunikasi telah menjadi komoditas yang hanya dikuasai segelintir orang.

24 Feb 2012 15:00 - 17:00 WIB : Ruang Kelas 1

Ketika TIK Merambah Desa-desa

Ini ruang jagongan untuk berbagi cerita kampung-kampung yang sukses mendapat penghargaan tingkat Internasional. Mereka berada di lokasi yang sangat pelosok sehingga sulit diakses dari dunia luar (baca: kota). Tak ada infrastruktur informasi dan komunikasi di daerah mereka. Namun, mereka memilih mengelola website desa untuk menyebarkan informasi di daerahnya pada dunia.

Pada 2011, Desa Mandalamekar (http://mandalmekar.or.id) di Tasikmalaya menyabet penghargaan Seacology Price dari California, USA, sementara Desa Melung (http://melung.or.id) di lereng Gunung Slamet menjadi headline media massa nasional untuk penerapan teknologi informasi. Mengapa mereka memilih jurus "gila" itu, bagaimana mereka mengelola informasi secara terus-menerus padahal akses internet hanya bisa mereka dapatkan setelah menempuh perjalanan 30 Km. Dialog ini hendak berbagi kisah lebih dalam bagaimana mereka bisa capai sukses.

Komentar tentang Desa

Joko Waluyo, Staf Ahli Kemitraan dan Anggota Satgas Nasional REDD+ saat kunjungan ke Mandalamekar (11-12 Februari 2012)

"Saya kagum dengan langkah yang diambil oleh Desa Mandalamekar dalam menerapkan sistem informasi perdesaan melalui perkawinan media, seperti radio komunitas, selebaran, website desa, dan pertemuan-pertemuan rutin. Desa ini memiliki semua prasyarat sebagai desa teladan. Mereka punya perencanaan pembangunan desa yang jelas, tata layanan pemerintah yang bagus."

Sungging Septivianto, Dewan Kehutanan Nasional

"Langkah Desa Melung sangat mengejutkan. Sejauh saya ketahui, desa ini menjadi contoh terbaik dalam penerapan Undang-Undang No 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Publik cukup berkunjung ke portal mereka dan membaca laporan-laporan pembangunan secara lengkap, baik laporan narasi maupun laporan keuangan. Penggunaan teknologi open source menjadikan teknologi bukan praktik konsumsi, tapi kemerdekaan. Mereka itu tak sekadar melangkah, tapi sudah melompat."

Informasi Lebih Lanjut:
Yossy Suparyo 081226992732
Pengisi Acara
Yana Noviadi

Yana Noviadi


Kepala Desa Mandalamekar
A Budi Satrio

A Budi Satrio


Kepala Desa Melung

Tautan terkait:

Pendukung

  • UII Net PT Global Prima Utama
  • Pengelola Domain .ID

Media Partner

Media Partner: Kedaulatan Rakyat
Media Partner: Koran Tempo

Penyelenggara