Kompleks Kampus STPMD "APMD" Yogyakarta, 23 - 25 Februari 2012
  • 5 Ketika TIK Merambah Desa-desa
    Ini ruang jagongan untuk berbagi cerita kampung-kampung yang sukses mendapat penghargaan tingkat Internasional. Mereka berada di lokasi yang sangat pelosok sehingga sulit diakses dari dunia luar (baca: kota). Tak ada infrastruktur informasi dan komunikasi di daerah mereka. Namun, mereka memilih mengelola website desa untuk menyebarkan informasi di daerahnya pada dunia.
  • 5 Jurnalisme Kebencanaan
    Pewarta maupun awak media meanstream di Indonesia adalah pekerja yang tidak dibentuk atau disiapkan sebagai pewarta di wilayah bencana sehingga yang terjadi adalah atas proses yang tidak direncanakan dan kebanyakan adalah Shock reporting, tidak adanya panduan pewartaan yang telah di konvergensi dengan isu-isu kebencanaan.
  • 5 Mengkritisi Kebijakan Telematika di Indonesia
    Pemerintah dan DPR saat ini sedang membahas RUU Konvergensi Telematika. Regulasi ini rencananya akan mengatur bidang penyiaran, telekomunikasi, dan informatika dalam satu undang-undang. Alasan dibalik pemberlakukan UU Konvergensi ini adalah untuk mengintegrasikan regulasi di bidang telematika yang saat ini diatur secara terpisah. Namun jika proses pembahasannya tidak diawasi dengan baik, regulasi ini berpotensi menjadi alat kontrol pemerintah terutama terhadap media penyiaran dan online.
  • 5 "Ekspedisi Zamrud Khatulistiwa"
    Dua wartawan, satu senior, satu junior, berkeliling ke seantero Indonesia untuk mendokumentasikan kehidupan di 100 pulau dalam 40 gugus kepulauan hanya dengan dua motor Honda Win yang dimodifikasi jadi trail. Butuh waktu selama 8 bulan untuk menuntaskan perjalanan panjang itu (Mei-Desember 2009).
  • 5 Bangun Desa dengan Data
    Sebenarnya, berbagai indikator dasar dan penentu definisi kemiskinan dengan mudah dapat diketahui tanpa survei sosial dan tabel-tabel statistik. Seorang disebut miskin jika ia tidak mampu makan dua kali sehari (2100 kalori/hari), tidak memiliki akses terhadap sandang dan papan, serta tidak mampu mengupayakan layanan kesehatan bagi keluarga mereka.

24 Feb 2012 15:00 - 17:00 WIB : Ruang Kelas 1

Ketika TIK Merambah Desa-desa

Ini ruang jagongan untuk berbagi cerita kampung-kampung yang sukses mendapat penghargaan tingkat Internasional. Mereka berada di lokasi yang sangat pelosok sehingga sulit diakses dari dunia luar (baca: kota). Tak ada infrastruktur informasi dan komunikasi di daerah mereka. Namun, mereka memilih mengelola website desa untuk menyebarkan informasi di daerahnya pada dunia.

Pada 2011, Desa Mandalamekar (http://mandalmekar.or.id) di Tasikmalaya menyabet penghargaan Seacology Price dari California, USA, sementara Desa Melung (http://melung.or.id) di lereng Gunung Slamet menjadi headline media massa nasional untuk penerapan teknologi informasi. Mengapa mereka memilih jurus "gila" itu, bagaimana mereka mengelola informasi secara terus-menerus padahal akses internet hanya bisa mereka dapatkan setelah menempuh perjalanan 30 Km. Dialog ini hendak berbagi kisah lebih dalam bagaimana mereka bisa capai sukses.

Komentar tentang Desa

Joko Waluyo, Staf Ahli Kemitraan dan Anggota Satgas Nasional REDD+ saat kunjungan ke Mandalamekar (11-12 Februari 2012)

"Saya kagum dengan langkah yang diambil oleh Desa Mandalamekar dalam menerapkan sistem informasi perdesaan melalui perkawinan media, seperti radio komunitas, selebaran, website desa, dan pertemuan-pertemuan rutin. Desa ini memiliki semua prasyarat sebagai desa teladan. Mereka punya perencanaan pembangunan desa yang jelas, tata layanan pemerintah yang bagus."

Sungging Septivianto, Dewan Kehutanan Nasional

"Langkah Desa Melung sangat mengejutkan. Sejauh saya ketahui, desa ini menjadi contoh terbaik dalam penerapan Undang-Undang No 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Publik cukup berkunjung ke portal mereka dan membaca laporan-laporan pembangunan secara lengkap, baik laporan narasi maupun laporan keuangan. Penggunaan teknologi open source menjadikan teknologi bukan praktik konsumsi, tapi kemerdekaan. Mereka itu tak sekadar melangkah, tapi sudah melompat."

Informasi Lebih Lanjut:
Yossy Suparyo 081226992732
Pengisi Acara
Yana Noviadi

Yana Noviadi


Kepala Desa Mandalamekar
A Budi Satrio

A Budi Satrio


Kepala Desa Melung

Tautan terkait:

Pendukung

  • UII Net PT Global Prima Utama
  • Pengelola Domain .ID

Media Partner

Media Partner: Kedaulatan Rakyat
Media Partner: Koran Tempo

Penyelenggara