Kompleks Kampus STPMD "APMD" Yogyakarta, 23 - 25 Februari 2012
  • 5 Membaca Tanda Alam lewat Burung
    Clive Walker, seorang petualang Inggris yang menghabiskan sebagian hidupnya di Bostwana, Afrika, dan berdekatan dengan hewan-hewan liar, percaya kalau mereka punya rasa yang amat tajam. Ia mengatakan, "Wildlife seem to be able to pick up certain phenomenon, especially birds ... there are many reports of birds detecting impending disasters (Satwa liar tampaknya mampu mengambil fenomena tertentu, terutama burung... ada banyak laporan yang mengatakan kalau burung mampu mendeteksi bencana yang akan datang)."
  • 5 Sekolah Jurnalistik via Online
    Sekolah tidak perlu ruang kelas yang nyaman dengan AC dan meja yang meja-kursi yang bersih. Tidak pula butuh guru atau dosen yang memegang gelar mentereng nan banyak. Sekolah bisa diwujudkan cukup dengan jaringan interne.
  • 5 Mengawal Revisi Undang-Undang Penyiaran
    Sampai kini, masih berlangsung proses perubahan Undang-Undang No 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran. Ada banyak poin yang merugikan penyiaran komunitas. Banyak perubahan yang justur menguntungkan penyiaran swasta atau pengusaha. Poin-poin mana saja yang merugikan penyiaran komunitas? Dan bagaimana langkah selanjutnya yang akan ditempuh oleh media komunitas? Dialog ini akan merancangnya.
  • 5 Media Komunitas 160 Karakter
    Ada sebuah fasilitas di telpon genggam yang belum banyak dimanfaatkan secara optimal. Teknologi pesan layanan pendek (SMS), umumnya hanya digunakan untuk komunikasi individual. Padahal dengan sedikit inovasi, informasi dalam 160 karakter itu bisa dikelola dan dimanfaatkan sebagai platform multifungsi. Dipadukan dengan piranti lunak khusus, teknologi SMS bisa digunakan sebagai media informasi yang sederhana, mudah, cepat dan murah. Karakter teknologi tersebut sangat cocok untuk dikembangkan dan diterapkan oleh media komunitas.
  • 5 Pengantar Jurnalisme Investigasi
    Jurnalisme investigasi itu sulit karena ia harus mengungkap sesuatu yang tersembunyi atau disembunyikan. Oleh karena itu, jurnalisme butuh kerja ekstra yaitu kompilasi antara pemakaian dokumen, informan, dan rekaman. Tidak hanya mengumpulkan, tapi menguak informasi dan data dari segala sumber apakah dapat dipercaya atau sekadar bohong.

24 Feb 2012 15:00 - 17:00 WIB : Ruang Kelas 1

Ketika TIK Merambah Desa-desa

Ini ruang jagongan untuk berbagi cerita kampung-kampung yang sukses mendapat penghargaan tingkat Internasional. Mereka berada di lokasi yang sangat pelosok sehingga sulit diakses dari dunia luar (baca: kota). Tak ada infrastruktur informasi dan komunikasi di daerah mereka. Namun, mereka memilih mengelola website desa untuk menyebarkan informasi di daerahnya pada dunia.

Pada 2011, Desa Mandalamekar (http://mandalmekar.or.id) di Tasikmalaya menyabet penghargaan Seacology Price dari California, USA, sementara Desa Melung (http://melung.or.id) di lereng Gunung Slamet menjadi headline media massa nasional untuk penerapan teknologi informasi. Mengapa mereka memilih jurus "gila" itu, bagaimana mereka mengelola informasi secara terus-menerus padahal akses internet hanya bisa mereka dapatkan setelah menempuh perjalanan 30 Km. Dialog ini hendak berbagi kisah lebih dalam bagaimana mereka bisa capai sukses.

Komentar tentang Desa

Joko Waluyo, Staf Ahli Kemitraan dan Anggota Satgas Nasional REDD+ saat kunjungan ke Mandalamekar (11-12 Februari 2012)

"Saya kagum dengan langkah yang diambil oleh Desa Mandalamekar dalam menerapkan sistem informasi perdesaan melalui perkawinan media, seperti radio komunitas, selebaran, website desa, dan pertemuan-pertemuan rutin. Desa ini memiliki semua prasyarat sebagai desa teladan. Mereka punya perencanaan pembangunan desa yang jelas, tata layanan pemerintah yang bagus."

Sungging Septivianto, Dewan Kehutanan Nasional

"Langkah Desa Melung sangat mengejutkan. Sejauh saya ketahui, desa ini menjadi contoh terbaik dalam penerapan Undang-Undang No 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Publik cukup berkunjung ke portal mereka dan membaca laporan-laporan pembangunan secara lengkap, baik laporan narasi maupun laporan keuangan. Penggunaan teknologi open source menjadikan teknologi bukan praktik konsumsi, tapi kemerdekaan. Mereka itu tak sekadar melangkah, tapi sudah melompat."

Informasi Lebih Lanjut:
Yossy Suparyo 081226992732
Pengisi Acara
Yana Noviadi

Yana Noviadi


Kepala Desa Mandalamekar
A Budi Satrio

A Budi Satrio


Kepala Desa Melung

Tautan terkait:

Pendukung

  • UII Net PT Global Prima Utama
  • Pengelola Domain .ID

Media Partner

Media Partner: Kedaulatan Rakyat
Media Partner: Koran Tempo

Penyelenggara