Kompleks Kampus STPMD "APMD" Yogyakarta, 23 - 25 Februari 2012
  • 5 Jogja Go Open Source
    Berbagi pengalaman Pemkot Jogjakarta dan Komunitas Open Source memanfaatkan open source di dunia pemerintahan. Pemkot Jogjakarta telah memanfaatkan open source di Puskesmas untuk pelayanan publik.
  • 5 Menjadi Fasilitator Sistem Informasi Desa (SID)
    Sistem Informasi Desa (SID) adalah platform pengelolaan sumber daya komunitas di tingkat desa. SID membuka peluang bagi komunitas desa untuk mampu mengelola sumber daya secara mandiri. Dengan dukungan teknologi informasi, SID dibangun sebagai sebuah sistem multimedia. Jika desa saya ingin memiliki SID, apa saja yang harus dilakukan? Siapa yang harus berperan untuk membangun dan mengelola SID di desa? Apa saja syarat teknis dan non-teknis yang harus disiapkan oleh desa? Dengan siapa kami harus bekerja sama? Bagaimana SID bisa dikelola dan dimanfaatkan untuk kepentingan desa?
  • 5 Ngeblog dari A-Z
    Weblog (biasa disingkat blog) tumbuh bak jamur di musim hujan. Banyak blogger yang mengelola dengan asal-asalan. Namun tak sedikit blog yang dikelola dengan serius sehingga tak hanya menhasilkan muatan yang bermanfaat namun juga bisa menjadi pendulang uang bagi pemiliknya. Bagaimana mengelola blog dengan baik? Bagaimana agar blog tak hanya bermanfaat bagi pengunjung, namun juga memberi kontribusi penting dalam membangun reputasi dan financial bagi pemiliknya? Lokakarya ini akan mengupas tuntas dunia blogging.
  • 5 Ngintip Proses Pengarsipan Indonesian Visual Art Archive (IVAA)
    Sejak 1995, IVAA (mulanya bernama Yayasan Seni Cemeti-YSC) fokus pada usaha pemberdayaan infrastruktur seni rupa. Mereka bekerja untuk menjadi pusat data, riset, dan dokumentasi seni rupa Indonesia, dan juga sebagai lembaga manajemen dan pengembangan infrastruktur seni rupa.
  • 5 OpenBTS: Seperti Apa Benih Telekomunikasi Swadaya?
    OpenBTS adalah sebuah teknologi yang memungkinkan komunitas untuk mengembangkan penelitian hingga penyediaan sarana telekomunikasi GSM secara mandiri. OpenBTS dapat dirakit sendiri dan dioperasikan menggunakan teknologi open source. Apakah mau selamanya dijajah vendor? Tapi bagaimana mengoperasikannya? Ikutilah lokakarya ini.

25 Feb 2012 13:00 - 15:00 WIB : Ruang Film (Screening)

Pemutaran dan Diskusi Film "Rusdin dan 60 Juta Yang Sendirian [ongoing project]" oleh Kampung Halaman

Rusdin dan 60 Juta Yang Sendirian [ongoing project]
Dir : Dian H, Rusdin R | Dokumenter | 100 Menit | Kampung Halaman Indonesia | 2012

Sinopsis:
Rusdin a.k.a Guntur asal kep Wakatobi adalah 1 dari 60 juta anak muda Indonesia yang sebagian besar tinggal di komunitas-komunitas terpencil dan mulai menghadapi berbagai kesulitan karena memasuki usia produktif. Kemandirian adalah hal yang sulit untuk dicapai karena sedikitnya lapangan pekerjaan yang tersedia, terbatasnya kualitas pendidikan serta kuatnya budaya nepotisme di komunitasnya.

Film ini bercerita mengenai kondisi anak muda di Indonesia saat ini melalui Rusdin yang terabaikan keberadaan sekaligus kekuatannya sehingga seringkali harus berjuang sendirian.


Tentang Program Film Kolaborasi
Program Film Kolaborasi adalah metode yang mempertemukan cara pandang “orang luar dan dalam” dari komunitas dalam sebuah proses produksi media komunitas yang dialogis. Metode ini dikembangkan oleh Kampung Halaman dalam memfasilitasi suara dan cara pandang remaja dan anak muda di berbagai komunitas transisi di Indonesia sejak 2006.

Berkolaborasi dengan komunitas anak muda di Bangka Belitung, Natuna, Jakarta dan Wakatobi, Proyek Film “Rusdin, 60 Juta yang Sendirian” adalah salah satu dari film dokumenter kolaborasi yang sedang di selesaikan oleh Kampung Halaman dan akan di luncurkan pada Maret 2012 ini.


Film komunitas lain yang akan di putarkan dalam sesi film kolaborasi :

Hanya Kenangan | 05:00 mins | SANGKAN PARAN, Cilacap
Dulu kampungku subur, penuh pepohonan dan sawah hijau. Kini semua sudah berubah. Gedung-gedung tinggi dan asap industri mewarnani kampungku.

Maen Toel | 04:45 mins | SOCA, Tasikmalaya
Seorang santri yang kerjaan nya tidur saat belajar. Hingga pelajarannya ketinggalan, demi nilai bagus dia "noel" kawannya untuk mengerjakan catatan nya, supaya dilihat bagus oleh gurunya. Tapi saat di tes lisan, gara gara maen toel dia jadi "tulalit".

Jangan Lupakan Jasa Pahlawan |Risky Shafira & Noviana | 06:13 mins
Kiky dan Novi curiga anak anak Aceh sekarang lebih mengenal superman dan Spiderman dari pada pahlawan nasional mereka sendiri. Dengan Berbekal sebuah kamera video, mereka mencari jawaban atas kecurigaan mereka.

Yayasan Kampung Halaman
Dusun Krapyak No 18, RT 05/RW 55
Desa Wedomartani
Kecamatan Ngemplak
Sleman, Yogyakarta 55584
Tel 62 274 7478602
mail@kampunghalaman.org
Pengisi Acara
Yayasan Kampung Halaman

Yayasan Kampung Halaman


Yayasan Kampung Halaman

Pendukung

  • UII Net PT Global Prima Utama
  • Pengelola Domain .ID

Media Partner

Media Partner: Kedaulatan Rakyat
Media Partner: Koran Tempo

Penyelenggara