Kompleks Kampus STPMD "APMD" Yogyakarta, 23 - 25 Februari 2012

Tema Acara

Dokumentasi Jagongan Media Rakyat 2012

Jumat, 24 Februari 2012 | 15:00 WIB

TIK untuk Masyarakat atau Masyarakat untuk TIK?

Saat ini Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) digembar gemborkan sebagai solusi untuk peningkatan taraf hidup masayarakat. Dengan TIK, kehidupan akan menjadi lebih baik dan ekonomi dapat meningkat. Benarkah begitu? Atau ini hanya akal-akalan para pihak yg ingin mengambil keuntungan ekonomis atau politis semata?

Jumat, 24 Februari 2012 | 13:00 WIB

Memanfaatkan Teknologi Interactive Voice Respons (IVR)

Memanfaatkan Teknologi Interactive Voice Respons (IVR)Interactive Voice Respons (IVR) adalah sistem telepon otomatis yang berinteraksi dengan pemanggil. Sistim IVR dapat merespon panggilan dengan menggunakan suara yang telah direkam terlebih dahulu, kepada pemanggil untuk pemrosesan berikutnya. Sistem IVR menerima kombinasi input suara dan pemilihan berdasarkan penekanan keypad telepon dan menghasilkan respons dalam bentuk suara, fax, callback, email atau media yang lain. Di lokakarya ini Anda akan dipandu secara ringkas bagaimana memanfaatkan IVR.

Jumat, 24 Februari 2012 | 13:00 WIB

ICT for Woman: Memberdayakan atau Memperdaya?

ICT for Woman: Memberdayakan atau Memperdaya?Sudah mulai banyak program sosialisasi untuk mengenalkan perempuan kepada information & communication technology (ICT). Tetapi sedikit yang ternyata memberikan manfaat apapun kepada perempuan. Kebutuhan perempuan bisa jadi memang unik.

Jumat, 24 Februari 2012 | 13:00 WIB

Sekolah Jurnalistik via Online

Sekolah Jurnalistik via OnlineSekolah tidak perlu ruang kelas yang nyaman dengan AC dan meja yang meja-kursi yang bersih. Tidak pula butuh guru atau dosen yang memegang gelar mentereng nan banyak. Sekolah bisa diwujudkan cukup dengan jaringan interne.

Jumat, 24 Februari 2012 | 13:00 WIB

Kriminalisasi Pers Gaya Baru

Kriminalisasi Pers Gaya BaruNurhayati Kahar, biasa dipanggil Uni Yet merupakan seorang pewarta warga yang gigih. Dia telah lama mengembangkan pewartaan warga di Sumatra Barat dalam jaringan Suara Komunitas. Ia acapkali menulis dan mendokumentasikan peristiwa-peristiwa ketidakadilan di daeahnya, khususnya Padang Pariaman.

Jumat, 24 Februari 2012 | 09:00 WIB

OpenBTS: Seperti Apa Benih Telekomunikasi Swadaya?

OpenBTS: Seperti Apa Benih Telekomunikasi Swadaya?OpenBTS adalah sebuah teknologi yang memungkinkan komunitas untuk mengembangkan penelitian hingga penyediaan sarana telekomunikasi GSM secara mandiri. OpenBTS dapat dirakit sendiri dan dioperasikan menggunakan teknologi open source. Apakah mau selamanya dijajah vendor? Tapi bagaimana mengoperasikannya? Ikutilah lokakarya ini.

Jumat, 24 Februari 2012 | 09:00 WIB

Online Media Research: Konten Laris Manis, Bagaimana?

Online Media Research: Konten Laris Manis, Bagaimana?Membuat konten di media online ataupun media sosial tidaklah sulit. Tetapi tidak semua konten akan dapat menarik minat pembaca/pengakses. Perlu ada pemahaman tentang apa yang dibutuhkan dan/atau diminati pembaca dan bagaimana memenuhinya.

Jumat, 24 Februari 2012 | 09:00 WIB

Katakan dengan Fotomu

Katakan dengan FotomuFoto yang kuat tentu dihasilkan dari kamera yang hebat. Dengan harga jutaan rupiah yang mampu mengambil banyak warna dan objek secara tajam baik dari jarak jauh mupun dekat. Tetapi bagi seorang blogger semacam Pamantyo, anggapan tersebut tidak berlaku.

Jumat, 24 Februari 2012 | 09:00 WIB

Jurnalisme Kebencanaan

Jurnalisme KebencanaanPewarta maupun awak media meanstream di Indonesia adalah pekerja yang tidak dibentuk atau disiapkan sebagai pewarta di wilayah bencana sehingga yang terjadi adalah atas proses yang tidak direncanakan dan kebanyakan adalah Shock reporting, tidak adanya panduan pewartaan yang telah di konvergensi dengan isu-isu kebencanaan.

Jumat, 24 Februari 2012 | 09:00 WIB

Mengkritisi Kebijakan Telematika di Indonesia

Mengkritisi Kebijakan Telematika di IndonesiaPemerintah dan DPR saat ini sedang membahas RUU Konvergensi Telematika. Regulasi ini rencananya akan mengatur bidang penyiaran, telekomunikasi, dan informatika dalam satu undang-undang. Alasan dibalik pemberlakukan UU Konvergensi ini adalah untuk mengintegrasikan regulasi di bidang telematika yang saat ini diatur secara terpisah. Namun jika proses pembahasannya tidak diawasi dengan baik, regulasi ini berpotensi menjadi alat kontrol pemerintah terutama terhadap media penyiaran dan online.

Agenda per hari
Februari 2012

Masuk Situs

Pendukung

  • UII Net PT Global Prima Utama
  • Pengelola Domain .ID

Media Partner

Media Partner: Kedaulatan Rakyat
Media Partner: Koran Tempo

Penyelenggara